Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kenali Karakter Anak ketika Bermedia Sosial

Kenali Karakter Anak ketika Bermedia Sosial Kredit Foto: Unsplash/zhenzhong liu
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dunia nyata dan digital tidaklah berbeda. Orang tua harus selalu menanamkan pemahaman ini kepada anak-anak sehingga perilaku mereka tidak berbeda.

Managing Director D&D Consulting & Founder Assessme.id, Ni Made Sudaryani SSi. MM, mengatakan bahwa orang tua harus mengenali karakter anak-anaknya sehingga bisa mengetahui kebiasaan mereka ketika berinteraksi di ruang digital. Salah satu caranya adalah dengan berteman di semua media sosial.

Baca Juga: Phising hingga Pembobolan Akun, Ketahui Cara Mencegahnya dengan Keamanan Digital

"Kita harus secara berkala berkomunikasi dengan anak-anak untuk mencari tahu apa sih interaksi mereka, tujuan mereka posting, membagikan, atau membuat sesuatu di media sosial atau ruang digital," kata Sudaryani saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, pada Senin (10/10/2022), dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta.

Pengguna internet di Indonesia pada tahun 2021 mengalami peningkatan. We Are Social mencatat kini pengguna internet di Indonesia mencapai 202,6 juta pengguna dengan sebanyak 170 juta penggunanya menggunakan media sosial.

Orang tua, lanjut dia, harus selalu melatih anak-anak menerapkan empat landasan etika bermedia digital, yakni kesadaran, integritas, tanggung jawab, dan kebajikan. Dengan begitu, mereka akan tahu setiap perilaku di ruang digital memiliki dampak panjang.

"Anak-anak kita cerdas. Tahu konsekuensi yang akan didapatkan, tapi harus diingatkan terus menerus oleh orang tua," kata Sudaryani.

Bagaimanapun, menurut dia, anak merupakan cerminan orang tua sehingga apapun yang dilakukan anak-anak, orang tua harus bertanggung jawab. Ketika mereka mulai melenceng harus diingatkan lagi. Jangan pernah abaikan perilaku anak di dunia digital.

Sebagai respons untuk menanggapi perkembangan TIK ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi melakukan kolaborasi dan mencanangkan program Indonesia Makin Cakap Digital. Program ini didasarkan pada empat pilar utama literasi digital, yakni Kemampuan Digital, Etika Digital, Budaya Digital, dan Keamanan Digital. Melalui program ini, 50 juta masyarakat ditargetkan akan mendapat literasi digital pada tahun 2024.

Baca Juga: Penguasaan Keterampilan Umum Industri Masa Depan di Era Digital

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok masyarakat di wilayah Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siber Kreasi. Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya untuk berbagi terkait budaya digital antara lain Managing Director D&D Consulting & Founder Assessme.id, Ni Made Sudaryani SSi. MM; Ketua STIKOSA AWS, Dr. Meithiana Indrasari, ST., MM; serta mengundang Praktisi Media, Ahmad Fatin Ilfi S.Psi.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital 2022 hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi, bisa klik ke Instagram @siberkreasi dan @literasidigitalkominfo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Bagikan Artikel: