Social Media Manager adalah seseorang yang dipercaya untuk memantau, mengeksekusi, menyaring, dan mengukur keberadaan media sosial dari suatu produk, merek, perusahaan atau bahkan individu.
Social media manager membuat dan memelihara promosi merek, informasi perusahaan, dan kampanye pemasaran untuk perusahaan mereka di beberapa jaringan media sosial. Mereka juga menggunakan daftar campaign pemasaran digital untuk memastikan konten yang diterbitkan berada di jalur yang benar sesuai rencana yang sudah dibuat.
Baca Juga: Apa Itu Cyberwarfare?
Social media manager juga tahu metrik media sosial terbaik untuk fokus dan menggunakan tools gratis atau berbayar serta menanggapi pertanyaan dan komentar sesuai dengan suara (tone) dan pedoman perusahaan. Social media manager bekerja setiap hari untuk menghasilkan konten baru, dan berinovasi untuk mendorong ide serta format baru dalam mengukur seberapa baik kinerja ide tersebut.
Social media manager bekerja dengan grup kreatif lainnya seperti pemasaran dan hubungan masyarakat, serta departemen penjualan, untuk mendorong kampanye generasi prospek yang dapat dikonversi oleh tim penjualan menjadi pendapatan. Mereka juga diharapkan dapat mengikuti tren baru bersama dengan berita perusahaan dan industri.
Sifat dunia media sosial yang serba cepat berarti strategi dibuat dengan bersifat jangka pendek. Sebagian besar perusahaan melakukan tinjauan setiap 90 hari. Sementara rencana mereka bervariasi, mereka juga sering mulai dengan mengidentifikasi target pelanggan dan menetapkan jadwal konten. Social media manager harus melakukan:
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: