Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Peluang di Media Sosial; Salah Satunya Media Digital untuk Sarana Branding dan Bisnis

Peluang di Media Sosial; Salah Satunya Media Digital untuk Sarana Branding dan Bisnis Kredit Foto: Unsplash/Yura Fresh
Warta Ekonomi, Jakarta -

Saat ini internet telah menghubungkan banyak orang dalam interaksi dan kolaborasi secara lebih mudah, salah satunya menggunakan media sosial. Jejaringan pertemanan, relasi positif dan pemanfaatan lebih lanjut untuk kebutuhan branding produk menjadi kelebihan media sosial. 

"Pada saat bikin unggahan atau konten sosial media harus tahu dulu alesannya apa. Kalau bisa bermanfaat untuk orang lain juga, minimal untuk diri kita sendiri," ujar Key Opinion Leader (KOL), seorang Public Figure Fanny Fabriana saat webinar Makin Cakap Digital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur, Jumat (21/10/2022). 

Baca Juga: Jadilah Panutan Anak-anak dalam Bermedia Digital

Tak hanya tahu tujuan dan manfaatnya, setiap orang bisa memberikan inspirasi bagi orang lain di media sosial. Seperti misalnya hal-hal yang memotivasi, berupa kata maupun video. Namun ada kalanya bingung saat hendak membuat konten, maka bisa dimulai dari membuat konten yang memang dikuasai. Selain itu dapat pula membuat konten dari hobi, menceritakan awal mula hingga prosesnya. Fanny mengingatkan agar saat membuat konten harus mudah dimengerti.

Selain media sosial, ada berbagai macam peluang di era digital yang bisa dimanfaatkan seperti membuat usaha online yang disaranai platform marketplace dan e-commerce. Kenali peluang apa yang bisa dibuat, inspirasinya dapat dipelajari melalui apa yang sudah dibuat orang lain namun dimodifikasi lagi. 

Kemudian pelajari juga audience yang dituju sepeti apa karakternya, lalu buat akun khusus dan unggahan sesuai target market. Fanny juga memberi tips agar memilih waktu-waktu tertentu untuk mengunggah konten. Setelah menjalaninya, ia tetap mengingatkan bahwa penting untuk terus belajar hal baru dan melakukan inovasi dan adaptasi teknologi.

Baca Juga: Jadikan Media Digital Tempat Belajar dan Berkarya untuk Anak

Webinar #MakinCakapDigital 2022 untuk kelompok komunitas dan masyarakat di wilayah Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur merupakan bagian dari sosialisasi Gerakan Nasional Literasi Digital yang diselenggarakan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika bekerja sama dengan Siberkreasi

Kali ini hadir pembicara-pembicara yang ahli di bidangnya antara lain Enterpreneur dan Founder of Coffee Meets Stock Billy Tanhadi, VP Head of Marketing East Java Bali Nusra PT Indosat Tbk, Heny Tri, serta mengundang Key Opinion Leader (KOL), seorang Public Figure Fanny Fabriana. Untuk informasi lebih lanjut mengenai program Makin Cakap Digital hubungi info.literasidigital.id dan cari tahu lewat akun media sosial Siberkreasi atau instagram @literasidigitalkominfo.

Baca Juga: Perkuat Sektor Keuangan, Bos OJK Lantik 16 Pimpinan Satuan Kerja Baru

Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: