Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Health - Women In Tech Community Launching Sukses Digelar

Health - Women In Tech Community Launching Sukses Digelar Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Indonesia Digital Medic Summit (IDMS) 2022 terlaksana bersamaan dengan ajang pameran perumahsakitan Hospital Expo ke-34, pada 19-22 Oktober 2022 di Jakarta Convention Centre. IDMS 2022 berada dalam perhelatan ekosistem perumahsakitan terbesar di Asia Pasifik, Pavilion Prefunction Hall B, Booth 1-3. IDMS merupakan ajang tahunan yang diselenggarakan untuk kedua kalinya.

Komunitas Digital Medis dan Rumah Sakit Indonesia (Kitras) mendukung IDMS sebagai forum bagi insan dunia kesehatan serta komunitas digital dari dalam dan luar negeri untuk saling belajar dan berbagi ilmu terkait implementasi digitalisasi di dunia kesehatan.

Mereka terdiri atas dokter, dokter gigi, perawat, bidan, tenaga IT, vendor IT kesehatan, healthtech company, asosiasi dan perhimpunan, serta seluruh profesional tenaga kesehatan yang saat ini mulai terpapar dengan digitalisasi dunia kesehatan. 

Tema IDMS 2022 adalah Reimagine Health Together through Improving Digitalization Knowledge and Execution. Rangkaian Kegiatan akan berlangsung hibrid melalui platform Kitras.id. 

Subtopik yang akan dibahas di antaranya Healthcare/Hospital Digitalization Roadmap, Healthcare Interoperability, Big Data dan AI Kesehatan, Interoperability antar Aplikasi Kesehatan, serta Telemedisin.

Ada 12 talkshow dan pameran digitalisasi kesehatan Chairman IDMS 2022 dr. Rosita Rivai memaparkan, IDMS perdana yang sepenuhnya diselenggarakan daring pada masa pandemi dilaksanakan pada 15-31 Maret 2021 lalu, sukses dihadiri lebih dari 500 - 890 orang setiap harinya sehingga total mencapai 7.284 peserta.

Terdapat 12 organisasi bidang kesehatan, perusahaan IT dan startup digitalisasi kesehatan, 12 workshop dan 5 talkshow. Selanjutnya, IDMS akan diselenggarakan setiap tahun dan terus menawarkan banyak pembelajaran baru terkait digitalisasi kesehatan terkini. 

“IDMS 2022 diikuti kalangan kesehatan dan perumahsakitan karena disini akan didapatkan ilmu baru yang dapat diimplementasikan dalam upaya transformasi digital. Sektor kesehatan Indonesia saat ini tengah mengarah pada transformasi digital, sesuai cetak biru Cetak Biru Strategi Transformasi Digital Kesehatan 2024 yang disusun Kementerian Kesehatan,” kata Rosita, dalam keterangan media, Rabu (26/10/2022). 

Digitalisasi kesehatan, lanjut Rosita, akan berdampak pada kualitas layanan yang kian merata di seluruh pelosok, sekaligus mendukung fasilitas kesehatan Indonesia mampu bersaing dengan global. Layanan kesehatan akan lebih baik, efektif, efisien serta mengedepankan prinsip keselamatan pasien atau patient safety. 

“Pada rangkaian talkshow IDMS 2022 kami mengajak teman-teman start up di bidang healthtech memperkenalkan inovasi-inovasi mereka. Talkshow dan pameran ini gratis dan dapat diikuti pengunjung pameran Hospital Expo,” kata Rosita.

Komunitas Health-Women In Tech Rosita juga menekankan, IDMS 2022 juga istimewa karena akan meluncurkan Komunitas Health-Women In Tech, yang akan menyatukan para perempuan pendiri dan pemimpin perusahaan healthtech. Komunitas ini akan menjadi forum pembelajaran praktik terbaik terkait pengambilan keputusan sekaligus meningkatkan kontribusi perempuan di bidang digitalisasi kesehatan. 

“Pada industri non kesehatan, perempuan yang menguasai teknologi dan menggunakannya dalam pekerjaan sehari-hari mungkin sudah banyak. Hal ini sedikit berbeda di dunia kesehatan, yang mungkin pengambilan keputusannya lebih menantang karena berhubungan dengan pasien. Dengan terbentuknya Komunitas Health - Women In Tech ini, diharapkan dapat menjadi jembatan dan ekosistem bagi para perempuan di industri kesehatan saling belajar dan berbagi pengalaman,” kata Rosita.

Baca Juga: Berpotensi Didukung Jokowi untuk Pilpres 2024, Kubu Gerindra Ungkap Jasa Besar Anies Bagi Presiden

Editor: Ferry Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: