Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Melunasi Utang Pinjol, Tak Perlu Pusing Lagi, Solusinya Cuma Ini!

Cara Melunasi Utang Pinjol, Tak Perlu Pusing Lagi, Solusinya Cuma Ini! Kredit Foto: Unsplash/Towfiqu barbhuiya
Warta Ekonomi, Jakarta -

Banyak orang yang selalu tergiur dengan pinjaman hingga gelap mata dan meminjam pinjaman online (pinjol) untuk hal yang sebenarnya tidak perlu. Alhasil, mulailah terlilit utang pinjol hingga diteror, bahkan ancaman blacklist. Lantas, bagaimana caranya menlunasi utang-utang tersebut?

Roy Shakti, konsultan keuangan dan pakar kartu kredit membagikan cara untuk melunasi utang pinjol. Roy mengatakan jangan mencicil bayarannya, tetapi lakukan negosiasi dengan debt collector untuk mendapat keringanan pelunasan.

Lantas, cara melunasinya bagaimana? Roy dengan tegas mengatakan bahwa caranya hanya dengan tingkatkan penghasilan.

Baca Juga: Apa Itu Pinjol?

"Coba tanya diri sendiri 'Bagaimana ya caranya untuk melunasi utang ini?' jangan malah ngutang untuk bayar utang!" tandas Roy dalam video YouTube "BUAT KORBAN PINJOL YANG CURHAT VIA DM, SELESAIKAN UTANG PINJOLMU PAKAI CARA INI".

Kemudian, Roy menambahkan tak perlu pusing memikirkan bunga dan denda. Cukup negosiasi untuk membayar utang pokoknya. Ketakutan dengan bunga dan denda, malah membuat Anda mencari pinjaman untuk membayar pinjaman. Carilah pekerjaan tambahan yang hanya membuat Anda kehilangan waktu, tapi menghasilkan uang, seperti makelar, reseller, agen asuransi, agen properti, dan agen lainnya.

Intinya, Anda hanya harus melakukan pemasaran yang ketika barangnya laku, baru mengambil barang dan Anda mendapatkan uangnya.

"Selama tanganmu masih bebas bergerak, kakimu masih bebas melangkah, pikiranmu masih bebas, kesempatan untuk mencari uang itu banyak, teman-teman," ujar Roy.

Roy mengaku miris banyaknya 'pengemis' online yang meminta uang kepadanya lewat Diret Message Instagram. Pasalnya, masih banyak pekerjaan yang bisa dilakukan, seperti ojek online, food delivery, dan lain sebagainya. Tinggal niat saja untuk kerja keras.

Video lengkapnya:

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Bagikan Artikel: