Menparekraf: 200 UMKM Binaan #BeliKreatifSumatraSelatan Sukses Naikkan Omzet Hingga 89,5 Persen
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan melalui program #BeliKreatifSumatraSelatan (BKSS) sebanyak 200 UMKM berhasil menaikkan omzet usaha hingga sebesar 89,5% dan melibatkan 459 tenaga kerja.
“Di dalam program ini 200 UMKM kreatif terkurasi dari fesyen, kriya, dan kuliner, bukan hanya berjualan, tapi diberikan pelatihan, pendampingan, dan perluasan pasar selama tiga bulan. Dan mereka meraup peningkatan omzet rata-rata mencapai 89,5% dan melibatkan sebanyak 459 tenaga kerja. Ini adalah program yang sukses, sudah terlaksana, dan sudah terbukti. Tahun depan akan kita buat lebih sukses lagi,” kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Minggu (20/11/2022).
Baca Juga: Pergerakan Wisatawan Domestik Capai Target, Luhut Beri Tantangan Baru untuk Sandiaga Uno
Program BKSS merupakan program turunan dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) yang telah berlangsung selama tiga bulan mulai dari September hingga November 2022.
BKSS menghadirkan sejumlah rangkaian kegiatan. Diantaranya peluncuran BKSS, BKSS Fair, pendampingan scale up bisnis dan digital marketing kepada peserta BKSS, sales activity (pop up booth), dan harvesting BKSS.
Sejak diluncurkannya pada 14 September 2022, program BKSS mendapatkan sambutan yang baik dari masyarakat, khususnya pelaku UMKM. Antusiasme tersebut dapat dilihat dari jumlah pendaftar yang mencapai 600 peserta. Dari jumlah tersebut, kemudian dikurasi dan terpilih 200 UMKM yang berasal dari 17 kabupaten/kota di Sumatra Selatan.
Hingga saat ini, Menparekraf Sandiaga mengatakan sudah ada 20 juta UMKM yang on boarding melalui Gernas BBI. Presiden Jokowi menargetkan ada 30 juta pelaku UMKM yang on boarding hingga 2024. “This is the toughest ten million yang berikutnya yang harus kita upayakan by the end of 2024 mereka sudah masuk ke dalam ekosistem ekonomi digital,” kata Menparekraf.
Oleh karena itu, Menparekraf berhadap dukungan dari semua unsur pentahelix. Baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, media, komunitas, institusi pendidikan, dan dunia usaha agar dapat menyukseskan Gernas BBI dengan membeli produk-produk kreatif anak bangsa.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Ayu Rachmaningtyas Tuti Dewanto
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait: