Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pebisnis! Ini 7 Cara Jitu Bangun Hubungan Baik dengan Pelanggan

Pebisnis! Ini 7 Cara Jitu Bangun Hubungan Baik dengan Pelanggan Kredit Foto: Unsplash/Thomas Lefebvre
Warta Ekonomi, Jakarta -

Pemasaran dan penjualan adalah dua hal penting yang perlu diperhatikan dalam berbisnis. Namun, selain kedua hal tersebut, Anda juga perlu memperhatikan hubungan baik dengan pelanggan Anda.

Sebab, hubungan pelanggan yang baik dapat memberikan banyak manfaat yang menguntungkan bagi bisnis. Misalnya, seperti peningkatan kepuasan pelanggan dan terciptanya loyalitas pelanggan.

Baca Juga: Kemenkominfo dan Kemendagri Luncurkan MOOC Modul Literasi Digital dalam LMS Sikuat Milik Kemendagri

Lalu, bagaimana cara membangun hubungan baik dengan pelanggan? 

1. Lakukan komunikasi secara konsisten

Setiap hubungan yang baik dibangun seiring dengan berjalannya waktu dan usaha untuk menjaganya. Bisnis harus melakukan komunikasi dengan pelanggannya secara reguler pada platform yang relevan. Misalnya seperti media sosial, live chat, e-mail, dan lainnya.

Dalam hal ini, Anda juga dapat menggunakan aplikasi Omnichannel untuk mengintegrasikan seluruh saluran komunikasi bisnis Anda. Dengan demikian, bisnis Anda dapat memiliki konsistensi  program dan keselarasan layanan di setiap saluran yang dikunjungi pelanggan Anda.

2. Memahami customer value

Untuk memahami nilai pelanggan, Anda perlu mendengarkan apa yang menjadi keinginan mereka. Selanjutnya, lakukan pendekatan untuk memenuhi ekspektasi tersebut.

Beberapa orang mungkin menginginkan interaksi yang lebih personal, tetapi ada juga yang tidak suka terlalu berbasa-basi. Bisnis harus belajar untuk peka terhadap hal-hal tersebut sehingga dapat memberikan pelayanan terbaik yang dapat memuaskan pelanggan.

Penggunaan software sales seperti sales CRM dapat membantu Anda untuk mengetahui kebutuhan pelanggan berdasarkan laporan dan riwayat belanja mereka. Ini karena aplikasi sales dapat membantu bisnis untuk memantau customer journey secara tepat. 

3. Ciptakan komunikasi yang lebih personal

Tahukah Anda kalau ternyata sekitar 72% pelanggan ternyata hanya terlibat dengan bisnis yang melakukan personalisasi?

Artinya, komunikasi yang dipersonalisasi terhadap setiap pelanggan sangatlah penting bagi bisnis. Untuk itu, Anda perlu menyampaikan pesan yang disesuaikan untuk setiap pelanggan untuk meningkatkan hubungan pelanggan yang lebih kuat.

4. Menangani feedback dengan baik

Menerima masukkan dari pelanggan sangat penting untuk memuaskan kebutuhan mereka. Dengan mengakui kesalahan dan menangani keluhan mereka dengan baik, pelanggan akan merasa lebih dihargai.

Dalam hal ini, Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi ticketing untuk membantu menerima dan mengelola feedback dari pelanggan Anda sehingga tidak akan ada lagi pelanggan yang merasa kecewa.

Baca Juga: PertaLife Insurance Cetak Laba Bersih Rp 50,16 Miliar di Kuartal III 2022

Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: