Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Terdiri 188 Kamar, Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya Diresmikan Presiden Jokowi

Terdiri 188 Kamar, Asrama Mahasiswa Nusantara di Surabaya Diresmikan Presiden Jokowi Kredit Foto: PUPR
Warta Ekonomi, Jakarta -

Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), meresmikan Asrama Mahasiswa Nusantara (AMN) pada Selasa (29/11/2022). Pembangunan asrama ini didasari oleh Peraturan Presiden (Perpres) No. 106 Tahun 2021.

"Memang usulan pertama mengenai AMN berasal dari 61 tokoh-tokoh Papua yang saat itu datang ke Istana Negara karena banyaknya peristiwa gesekan antarmahasiswa, terutama di kota-kota besar pendidikan. Oleh sebab itu, saat ada usulan tersebut saya langsung setujui, kita bangun AMN di kota-kota pendidikan," jelas Presiden Jokowi dalam sambutannya saat meresmikan AMN Surabaya, Selasa (29/11/2022).

Baca Juga: Dorong Pembangunan Infrastruktur Tahan Gempa, Kementerian PUPR Luncurkan Buku Panduannya!

Presiden Jokowi mengatakan, dikutip dari siaran pers yang diterima di Jakarta, AMN dibangun di 6 kota/kabupaten, yaitu Kota Jakarta Selatan Provinsi DKI Jakarta, Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, Kota Surabaya dan Kota Malang Provinsi Jawa Timur, Kota Makassar Provinsi Sulawesi Selatan, serta Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara. 

Tujuannya supaya mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia dapat saling mengenal dan menghargai budaya masing-masing dan menjaga kerukunan serta kekompakan.

"Kita ini negara besar dan bangsa yang besar, keberagaman Indonesia ini akan menjadi kekuatan dan bukan kelemahan kalau kita bisa kompak rukun dan bersatu, yang paling penting saling mengenal," kata Presiden Jokowi.

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti yang hadir mewakili Menteri Basuki mendampingi Presiden Jokowi dalam Peresmian AMN Surabaya berharap dengan melaksanakan pembangunan AMN, amanat kebhinnekaan Presiden Jokowi dapat tercapai.

"Mudah-mudahan keakraban dan kedekatan mahasiswa dapat terjalin dan keberadaan AMN dapat memberikan kemudahan bagi mahasiswa dari luar provinsi untuk dapat menempuh pendidikan tinggi yang berkualitas," jelas Dirjen Diana.

Baca Juga: Perkuat Sektor Keuangan, Bos OJK Lantik 16 Pimpinan Satuan Kerja Baru

Penulis: Rena Laila Wuri
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: