Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Social Commerce?

Apa Itu Social Commerce? Kredit Foto: Reuters/Dado Ruvic
Warta Ekonomi, Jakarta -

Social commerce adalah penggunaan situs jejaring sosial untuk menjual produk dan layanan langsung ke konsumen. Ini menggabungkan seluruh pengalaman berbelanja ke dalam fitur interaktif yang tersedia di berbagai platform media sosial.

Social commerce mencakup semua proses dalam transaksi penjualan, mulai dari promosi produk hingga layanan purna jual. Bisnis menggunakan posting kreatif untuk mempromosikan produk mereka dan memberi konsumen lebih banyak informasi tentang mereka. Mereka menawarkan saran dan dukungan ahli untuk melibatkan pelanggan potensial. Mereka juga mendorong komentar dan diskusi di forum dan komunitas untuk meningkatkan kesadaran merek dan mendapatkan wawasan konsumen.

Fitur perdagangan sosial muncul di sejumlah platform, menciptakan peluang baru untuk merek besar dan kecil. Pandemi COVID-19 semakin membebani bisnis batu bata dan mortir. Sekarang semua eksekutif terlibat dalam transformasi digital.

Baca Juga: Apa Itu Impulsive Buying?

Social commerce menggerakkan media sosial melampaui peran tradisionalnya dalam proses penemuan dengan mendorong pengguna menyelesaikan seluruh proses pembelian tanpa meninggalkan aplikasi pilihan mereka.

Perdagangan sosial berbeda dari strategi pemasaran media sosial tradisional di mana pembeli melihat konten merek dan mengunjungi situs web mereka untuk mulai berbelanja. Sebaliknya, platform sosial seperti Toko Facebook dan Toko Instagram bertindak sebagai etalase virtual.

Perdagangan sosial berkembang pesat karena penggunaan media sosial. Penelitian menunjukkan pengguna media sosial biasa sekarang menghabiskan sekitar 15% dari kehidupan mereka di platform sosial, dengan 10% orang dewasa AS memiliki kecanduan setidaknya satu aplikasi.

Saat ini, di AS, Gen Z dan milenial adalah pengguna jejaring sosial yang paling mungkin melakukan setidaknya satu pembelian melalui saluran sosial.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Bagikan Artikel: