Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sederet Peran Besar Kelapa Sawit dalam Perekonomian Nasional

Sederet Peran Besar Kelapa Sawit dalam Perekonomian Nasional Kredit Foto: Antara/Wahdi Septiawan
Warta Ekonomi, Jakarta -

Indonesia merupakan produsen kelapa sawit terbesar di dunia dengan kontribusi sekitar 54 persen terhadap pangsa pasar global. Hal ini selaras dengan luas lahan kelapa sawit di Indonesia yang mencapai 16,8 juta hektare dengan produksi mencapai 48,23 juta ton pada tahun 2022.

Diungkap Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Komarudin, hasil olahan kelapa sawit sangat bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari warga Purwakarta, seperti untuk minyak goreng, margarin, lilin, sabun, kosmetik, farmasi, bahkan bahan bakar biodiesel.

Baca Juga: Potensi Dahsyat Minyak Sawit Penuhi Kebutuhan Seluruh Bahan Bakar di Indonesia

"Apalagi, sektor sawit ini menjadi tumpuan bagi 2,4 juta petani sawit dan 16 juta tenaga kerja," terang Puteri Komarudin dalam kegiatan Sosialisasi Sawit Baik 2023 bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) Kabupaten Purwakarta, dilansir dari laman resmi DPR RI, pada Rabu (25/1).

Lebih lanjut, Puteri mengungkapkan bahwa komoditas kelapa sawit berkontribusi sekitar 3,5 persen terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Nasional. Selain itu, industri sawit selama ini juga menjadi andalan kinerja neraca perdagangan nasional. Ini tercermin dari data BPS yang menyebut nilai ekspor minyak sawit mencapai US$28,68 miliar dengan volume ekspor mencapai 27,04 juta ton pada tahun 2021.

"Banyak sekali media yang membuat seolah-olah minyak sawit tidak baik dikonsumsi. Padahal, hasil riset membuktikan kalau minyak sawit juga memiliki banyak keunggulan dan kandungan gizi yang baik. Nah harapan saya, kita bisa bersama-sama memanfaatkan komoditas kelapa sawit ini untuk diolah menjadi produk turunan yang bisa bermanfaat untuk kebutuhan ibu-ibu sekalian," tegas Puteri.

Baca Juga: Lampau Kinerja Pra Pandemi, Penyaluran KPR BCA Capai Rp 108,3 Triliun pada 2022

Penulis: Ellisa Agri Elfadina
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel:

WE Academy

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Aspek Hukum Perkreditan & Administrasi Kredit

Lihat Semua