Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Market Potential?

Apa Itu Market Potential? Marketing workflow strategy | Kredit Foto: Unsplash/ Campaign Creators
Warta Ekonomi, Jakarta -

Market potential atau potensi pasar adalah populasi yang tertarik dengan produk/jasa yang dibuat atau ditawarkan oleh suatu organisasi.

Dengan kata lain, market potential adalah potensi kemampuan menghasilkan uang dari suatu perusahaan jika memanfaatkan semua keuntungan dan semuanya berjalan sesuai keinginannya. Biasanya diukur dalam satuan penjualan/volume penjualan atau potensi pendapatan.

Market potential juga menjadi keseluruhan ukuran pasar untuk suatu produk pada waktu tertentu. Market potential biasanya diukur dengan nilai penjualan atau volume penjualan. Misalnya, kenaikan dan penurunan suku bunga akan mempengaruhi permintaan produk yang biasanya dibiayai, seperti mobil dan rumah.

Baca Juga: Apa Itu Scarcity?

Menentukan market potential dari suatu produk merupakan bagian dari proses pemasaran yang sukses dan memerlukan riset pemasaran. Anda harus memeriksa setidaknya tiga faktor yang akan menentukan apakah potensi pasar produk Anda layak untuk diinvestasikan. Anda perlu menganalisis basis pelanggan potensial Anda, menganalisis pesaing Anda, dan menganalisis kondisi lingkungan saat ini yang dapat memengaruhi potensi pasar.

Saat mengidentifikasi pasar potensial, pengusaha dapat memperkirakan investasi yang dibutuhkan bisnis. Sebuah merek dapat mengetahui ukuran pasar potensial dan memutuskan apakah perlu mengalokasikan anggaran untuk itu. Misalnya, jika segmen konsumen yang tertarik kecil, lebih baik tidak berusaha terlalu keras karena tidak akan memberikan hasil yang diinginkan. Namun, jika pasarnya besar, pemilik bisnis mempertimbangkan untuk berinvestasi dan mengembangkan strategi.

Anda dapat mengembangkan produk baru, menyempurnakan produk yang sudah ada, atau memodifikasinya untuk memenuhi kebutuhan audiens target yang lebih besar. Pertimbangkan untuk menghitung keuntungan potensial untuk memastikan bahwa mereka akan menutupi pengeluaran Anda dan memiliki ROI (return of investment) yang tinggi.

Sangat penting bagi sebuah bisnis baru untuk mengetahui dan menentukan potensi pasar dari produk jasa yang ditawarkan. Jika potensi pasar sangat rendah maka tidak ada gunanya menghabiskan banyak uang untuk produk tersebut. Salah satu aspek terpenting dari potensi pasar adalah jumlah bisnis yang dapat dihasilkan suatu produk di masa depan dibandingkan dengan hari ini. Perusahaan juga dapat mengevaluasi pangsa pasar perusahaan di pasar.

Pertanyaan yang paling relevan adalah target pasar yang berkembang untuk penawaran tersebut. Potensi pasar membantu bisnis merencanakan dengan lebih baik dan meluncurkan produk dan layanan mereka dengan persiapan yang lebih baik. Dengan bergantung pada potensi pasar secara keseluruhan, perusahaan dapat mengidentifikasi potensi penjualan, atau jumlah penjualan yang akan mereka lakukan di pasar yang teridentifikasi tersebut.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: