Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu Scarcity?

Apa Itu Scarcity? Kredit Foto: ICDX
Warta Ekonomi, Jakarta -

Scarcity atau kelangkaan adalah stilah mendasar dalam ekonomi dan menjelaskan bagaimana ketersediaan pasokan, bahan baku, atau karyawan sangat penting untuk memproduksi barang dan jasa serta menetapkan harganya. Bencana alam, kebiasaan konsumen, hubungan internasional dan faktor lainnya dapat memengaruhi scarcity ini.

Scarcity dalam ekonomi adalah istilah yang menggambarkan sumber daya yang terbatas, atau persepsi sumber daya yang terbatas, ketika tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan manusia. Itu juga dapat merujuk pada bagaimana perusahaan memutuskan apa dan bagaimana memproduksi dengan menggunakan sumber daya yang terbatas dan bagaimana mereka menentukan harga eceran untuk barang tersebut berdasarkan permintaan pembelian.

Baca Juga: Apa Itu Repeat Order?

Kelangkaan terjadi ketika permintaan akan sumber daya alam, produk, atau layanan melebihi pasokan. Ini sering menyiratkan bahwa tingkat penggunaan sumber daya alam saat ini tidak berkelanjutan dalam jangka panjang, paling sering untuk dua jenis ini:

  • Sumber daya tak terbarukan: Unsur-unsur alami seperti minyak dan logam mulia yang tidak dapat diisi ulang setelah hilang.
  • Sumber daya terbarukan: Elemen alami yang dikonsumsi lebih cepat daripada kemampuan untuk diisi ulang, seperti air tawar, ikan, dan pepohonan.

Kelangkaan bekerja di pasar bebas oleh penawaran dan permintaan, yang dapat berfluktuasi harga barang atau jasa dari waktu ke waktu, ketika tersedia lebih banyak atau lebih sedikit.

Sumber daya yang terbatas membuat harganya berubah secara konsisten. Misalnya, minyak, ketika cadangan minyak digunakan, pasokan turun. Kalau sudah langka, harganya sering naik drastis. Penetapan harga yang sangat tinggi dapat menimbulkan lebih sedikit permintaan sebagai tanggapan dan beberapa perusahaan mungkin mencari alternatif lain, termasuk:

  • Sumber minyak lainnya, seperti di Antartika
  • Sumber tenaga lain, seperti panel surya, tenaga baterai atau listrik
  • Mengurangi penggunaan barang dan jasa, seperti peralatan, mobil, dan pesawat terbang

Konsumen mungkin tidak punya pilihan lain selain membeli barang dengan harga lebih tinggi, seperti bahan bakar dalam contoh ini, atau mereka dapat mencari alternatif lain, seperti membeli mobil hibrida atau listrik, sepeda, atau mesin pemotong rumput yang dioperasikan dengan baterai.

Idealnya, kelangkaan menyebabkan nilai komoditas terapresiasi. Mengapa? Nah, komoditas yang pasokannya sedikit cenderung menarik. Ini adalah skenario umum dalam kehidupan nyata karena orang terkadang menginginkan apa yang tidak bisa mereka dapatkan.

Dengan demikian, pemasar mengambil keuntungan dari fakta bahwa orang cenderung menganggap hal-hal yang kekurangan pasokan sebagai hal yang berharga untuk meningkatkan penjualan.

Baca Juga: Imigrasi Depak WN Turki dari Bali gegara Sembunyikan Buronan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: