Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Apa Itu New Product Launching?

Apa Itu New Product Launching? Kredit Foto: Unsplash
Warta Ekonomi, Jakarta -

New Product Launching adalah momen yang diikuti ketika perusahaan memutuskan untuk meluncurkan produk baru di pasar yang sudah ada atau baru. Peluncuran produk dapat berupa produk yang sudah ada di pasar atau dapat berupa produk inovatif yang sama sekali baru yang dibuat oleh perusahaan.

Peluncuran produk melibatkan berbagai langkah yang melibatkan pemahaman kebutuhan pelanggan, desain produk, pengujian produk, pemasaran & periklanan dan memastikan bahwa produk menjangkau semua audiensnya. Peluncuran produk yang sukses memberikan momentum penjualan bagi perusahaan.

Ketika produk atau layanan baru diperkenalkan di pasar, itu disebut Peluncuran Produk. Produk yang sudah ada juga dapat diluncurkan setelah inovasi lebih lanjut atau peningkatan produk. Peluncuran produk melewati beberapa tahapan yang dikenal sebagai proses peluncuran produk, mulai dari fase ideasi hingga fase pengembangan, fase pengujian, fase analisis hingga akhirnya peluncuran produk atau layanan.

Baca Juga: Apa Itu Sales Representative?

Peluncuran merek didefinisikan sebagai penciptaan merek baru di pasar dan memposisikannya di tempat yang tidak ada merek lain. Peluncuran produk yang baik membantu dalam hal berikut:

1. Menciptakan Kesadaran

Meluncurkan produk atau merek melalui artikel, acara, dan acara promosi memastikan bahwa kampanye diperhatikan dan orang menjadi sadar akan produk atau merek tersebut. Ini, pada gilirannya, dapat meningkatkan basis pelanggan dan penjualan.

2. Perencanaan dan Kepegawaian

Sebelum diluncurkan, pengadaan soft launching dapat memberikan gambaran tentang strategi yang akan diterapkan, kebutuhan sumber daya dan staf serta pelatihan dan persiapan yang diperlukan untuk menjaga setelah produk dirilis ke seluruh pasar.

Selain itu, berikut 2 pendekatan untuk meluncurkan produk atau layanan baru:

1. Soft Launching

Peluncuran lunak adalah ketika pendekatan terhadap rilis terbatas pada sekelompok kecil audiens target atau demografi atau area geografis terbatas dan periksa apakah ada perubahan yang diperlukan sebelum meluncurkan produk ke seluruh pasar.

2. Hard Launching

Sedangkan hard launch adalah ketika produk dirilis dengan upaya pemasaran penuh sejak hari pertama untuk menyebarkan kesadaran dan kegembiraan kepada pelanggan dan membujuk mereka.

Peluncuran produk adalah cara yang bagus untuk menarik perhatian pada produk baru dengan menggunakan teknik pemasaran yang tepat. Anda dapat memberi tahu orang-orang tentang fitur-fiturnya, membuat mereka mempertimbangkan produk Anda, dan meyakinkan mereka untuk membelinya.

Selain itu, peluncuran produk merupakan sumber publisitas yang bagus bagi perusahaan. Ini menghasilkan lebih banyak penjualan untuk produk baru dan produk perusahaan Anda lainnya.

Beberapa bulan pertama adalah waktu ketika suatu produk memiliki permintaan tertinggi. Ini adalah waktu yang tepat untuk meningkatkan pendapatan dan menarik pelanggan sebanyak mungkin. Dengan kampanye pemasaran, orang lebih cepat mengetahui fitur produk, dan mereka dapat membelinya segera setelah peluncurannya di pasar.

Jadi, ketika Anda berhasil merilis produk, Anda dapat menutupi biaya pengembangan dan mendapatkan keuntungan yang lebih tinggi. Peluncuran produk menghadirkan ide-ide segar, menunjukkan kepada karyawan bahwa perusahaan Anda sedang berkembang, dan mendorong mereka untuk tumbuh bersamanya juga.

Jika peluncuran produk berhasil, itu dapat menghasilkan kemitraan baru, menarik penawaran bisnis, dan investasi dari pemain yang lebih besar di pasar.

New Product Launching memberikan kampanye pemasaran yang dapat membantu Anda menarik lebih banyak pelanggan, meningkatkan pangsa pasar Anda. Selain itu, Anda dapat menjelajahi aliran pendapatan baru, yang berarti akan ada lebih banyak uang, pesanan melalui internet, penjualan eceran, penjualan bebas, dll.

Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa setiap orang di dalam perusahaan, mitra Anda, dan target pelanggan mengetahui tentang produk baru Anda.

Jika Anda tidak melakukan peluncuran produk secara efektif, pelanggan tidak akan mengetahui solusi Anda, atau berpotensi memiliki kesan buruk terhadap produk Anda, dan Anda mungkin tidak mencapai target pendapatan dan profitabilitas Anda.

Peluncuran produk dapat dibagi menjadi tiga tahap:

1. Perencanaan

Ini adalah tahap di mana tim produk menetapkan tujuan, meneliti audiens dan persaingan mereka, menyelaraskan ekspektasi, dan menetapkan strategi pemasaran. Tim peluncuran juga bekerja sama dengan pengembang produk untuk menetapkan garis waktu tanggal peluncuran dan mengidentifikasi komponen utama produk yang dapat dipasarkan.

2. Eksekusi

Ini adalah jendela waktu di mana produk dirilis secara resmi. Ini termasuk hari rilis yang sebenarnya dan upaya pemasaran selanjutnya untuk mempertahankan buzz selama minggu-minggu berikutnya. Selama waktu ini, data produk dan pemasaran dikumpulkan yang pada akhirnya akan membantu menentukan keberhasilan peluncuran.

3. Analisis

Pada akhirnya, upaya pemasaran akan berkurang saat produk bertransisi dari tahap "peluncuran" ke tahap "pertumbuhan" dari siklus hidup produk. Tim produk membandingkan data yang dikumpulkan selama jendela rilis dan menentukan apakah KPI dan sasaran lainnya tercapai sebagai hasil peluncuran.

Sebagian besar tim sukses melakukan penemuan produk sebelum melakukan brainstorming produk baru. Proses ini memaksa perusahaan untuk bertanya mengapa produk baru mereka harus ada sejak awal dan mengidentifikasi masalah mana yang dipecahkannya untuk pelanggan potensial.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: