Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Membuat Strategi Peluncuran Produk Baru, Simak 7 Hal Ini!

Cara Membuat Strategi Peluncuran Produk Baru, Simak 7 Hal Ini! Kredit Foto: Ferry Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

New product launching (NPL) adalah meluncurkan produk baru yang penting dilakukan oleh bisnis kuliner. Karena ini adalah praktik atau bagian dari strategi yang sudah dilakukan secara global.

Terkadang, NPL dilakukan agar bisnis tetap relevan dengan target market. Jadi, produk yang baru diluncurkan tak melulu harus bertahan lama. Bisa menjadi menu musiman atau bulanan.

Mengutip YouTube Foodizz Channel bersama Rex Marindo, berikut 7 strategi New Product Launching!

Baca Juga: Apa Itu New Product Launching?

1. Strategi anak teladan

NPL biasanya dikerjakan berdasarkan business plan atau rencana bisnis yang sudah dibuat sebelumnya. Misalnya, setiap liburan sekolah membuat menu baru atau setiap idul fitri atau natal dan tahun baru ada produk seasonal.

Mengapa disebut strategi anak teladan? Karena rutin dan rajin dibuat sesuai rencana dan musimnya.

2. Strategi FOMO (Fear of Missing Out)

Fear of Missing Out atau takut ketinggalan dapat menjadi strategi yang bisa kamu lakukan. Misalnya, lagi ramai es kopi susu, jangan sampai ketinggalan hingga kehilangan pelanggan. Jadi langsung saja buat menu es kopi susu di outlet kamu.

FOMO bukanlah hal yang buruk, melainkan bisa memperkuat insting bisnis kamu guna mengikuti perkembangan tren generasi sekarang.

3. Strategi kepenginan boss

Meski kurang tepat, tetapi terkadang ada bos yang ingin meluncurkan produk secara tiba-tiba. Tetapi mungkin saja bos bisnis ini sudah melakukan riset dan segala macamnya, sehingga tak salah untuk diikuti.

4. Strategi kepepet

Strategi ini dapat dilakukan ketika penjualan kita sedang menurun. Jadi bisa dengan mengeluarkan produk baru untuk memancing traffic penjualan yang lebih tinggi lagi. Tetapi alangkah baiknya strategi ini digabungkan bersama strategi yang pertama.

5. Strategi menjalin kasih

Strategi ini dilakukan dengan kolaborasi bersama KOL atau brand lainnya. Keuntungannya banyak sekali, bisa meningkatkan traffic penjualan, meningkatkan brand awareness dan lain sebagainya.

6. Strategi cuci gudang

NPL juga bisa digunakan sebagai strategi cuci gudang. Misalnya setiap kali membeli produk baru, dapat produk yang lama. Karena terkadang berbisnis juga mengalami over supply atau over production yang akan mubadzir jika terbuang begitu saja.

7. Strategi konsultan dunia

Strategi konsultan dunia adalah saat di mana pebisnis melakukan banyak riset data, menghitung margin hingga menggabungkan berbagai strategi NPL untuk meluncurkan produk baru. Jadi, kemungkinan untuk gagalnya akan kecil saat meluncurkan produk baru tersebut.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: