Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Tokopedia Rilis Enam Tren E-Commerce dan Perilaku Konsumen untuk Ramadan, Simak!

Tokopedia Rilis Enam Tren E-Commerce dan Perilaku Konsumen untuk Ramadan, Simak! Kredit Foto: Imamatul Silfia
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tokopedia merilis tren e-commerce dan perilaku konsumen pada periode Ramadan yang dikumpulkan dari data-data pada tahun sebelumnya.

Setidaknya, terdapat enam tren utama yang bisa menjadi pertimbangan UMKM atau penjual lainnya guna mengoptimalkan penjualan pada Ramadan tahun ini.

1. E-commerce Makin Jadi Pilihan Konsumen untuk Belanja

Tokopedia melihat kepercayaan konsumen terhadap e-commerce makin meningkat. Hal ini tercermin pada peningkatan jumlah product page view selama Ramadan 2022 yang melebihi 50%.

Baca Juga: Kintakun Kejar Peningkatan Dua Kali Lipat dari Penjualan Hampers Ramadan di Tokopedia

"Untuk penjualan, peningkatan jumlah pesanan selama Ramadan 2022 mencapai lebih dari 77%," kata Edwin Chayadi, Vice President of Marketing Solutions Tokopedia, saat media briefing di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (23/2/2023).

2. Pencarian Tertinggi terjadi pada Minggu Pertama hingga Ketiga

Dari data internal Tokopedia, terlihat pencarian tertinggi terjadi pada minggu pertama hingga ketiga Ramadan.

Produk yang paling banyak dicari saat Ramadan berada di lima kategori, yakni Fesyen, Otomotif & Aksesoris, Makanan dan Minuman, Rumah Tangga, serta Smartphone dan Tablet.

3. Kegiatan Belanja Ramadan Dimulai Sejak Sebulan Sebelum Ramadan dan Puncaknya Ketika THR

Edwin menjelaskan jumlah pesanan di Tokopedia mulai melonjak sejak sebulan sebelum Ramadan. Adapun puncaknya berlangsung ketika pembagian THR.

"Pada April 2023, hari gajian diperkirakan jatuh pada dua hari setelah Idulfitri. Pelaku bisnis perlu memanfaatkan momentum ini dengan hadir di seluruh consumer touch points untuk memaksimalkan penjualan," ujar Edwin.

Jumlah transaksi tertinggi terjadi pada kategori Fesyen, Makanan dan Minuman, Kesehatan, Otomotif dan Aksesoris, serta Rumah Tangga. Namun, sejumlah kategori lain juga mengalami lonjakan permintaan, di antaranya Hampers dan Dekorasi, Bumbu dan Peralatan Masak, Gaming, Perlengkapan Travel, serta Kecantikan.

4. Kenyamanan Pembayaran dan Pengiriman Penting bagi Konsumen

Tokopedia menemukan konsumen mengutamakan kenyamanan pembayaran dan pengiriman ketika berbelanja online. Adapun cashless menjadi metode pembayaran yang paling populer untuk berbelanja kebutuhan Ramadan.

Selain itu, fitur Bebas Ongkir juga menjadi kesukaan pengguna. Lebih dari setengah pesanan selama Ramadan dikirimkan menggunakan fitur ini.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Imamatul Silfia
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: