Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kini, Pengguna IoT di Indonesia Lebih Banyak dari Smartphone

Kini, Pengguna IoT di Indonesia Lebih Banyak dari Smartphone Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Bandung -

Pada tahun 2015 lalu, tepatnya di halaman 62-122, terbit sebuah paper ilmiah berkualitas berjudul The internet of things: An overview. Penulisnya tiga ilmuwan ternama dari The Internet Society, yakni Karen Rose, Scott Eldridge, dan Lyman Chapin.

Mereka waktu itu membuat sebuah premis yang semula dianggap tak mungkin, tetapi kini kian meluas: Internet of Things (IoT) adalah, "Teknologi yang memungkinkan konektivitas jaringan dan kemampuan komputasi meluas ke objek, sensor, dan barang sehari-hari. Konektivitas ini memungkinkan perangkat menghasilkan, bertukar, dan mengonsumsi data."

Baca Juga: Peran IoT dalam Menyukseskan Program Insentif Motor Listrik Pemerintah Indonesia

Tidak sampai 10 tahun, koneksi yang mereka sebut sebagai smart objects ini sudah dan sedang makin memasyarakat secara global. Tak ketinggalan, masyarakat Indonesia pun masuk dalam tren tersebut. Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) pernah menyatakan, sepanjang tahun 2021, jumlah pengguna IoT di Tanah Air lebih banyak dibandingkan pengguna smartphone yang terkoneksi.

Hal ini logis terjadi karena koneksi IoT secara teori dan praktik tak harus selalu dioperasikan manusia seperti ponsel cerdas. Simak saja bagaimana perangkat-perangkat di pabrik, yang tanpa dioperasikan manusia, alat komputasi tersebut sudah saling "mengobrol" mencetak berbagai produktivitas.

Sementara itu, laporan World Economic Forum bertajuk "The Future of Jobs Report 2020" menyebutkan, sebanyak 9% perusahaan di seluruh dunia pada 2025 sudah pasti memanfaatkan teknologi IoT.

Bahkan, Kemenkominfo tahun lalu menyatakan, jumlah perangkat IoT pada tahun 2022 diperkirakan 400 juta serta akan meningkat ke 678 juta perangkat pada 2025 nanti pascahadirnya layanan 5G.

Selain itu, nilai pangsa pasar perangkat IoT di Indonesia juga diprediksi meningkat hingga Rp355 triliun pada 2022 lalu serta akan naik pangsanya mencapai Rp557 triliun pada 2025 nanti. Angka ini sejalan dengan penetrasi internet yang terus meningkat di Indonesia, dengan angka terbaru Januari 2023 sudah mendekati 80% dari total populasi Tanah Air.

Vice President Startup Bandung, Nur Islami Javad, mengatakan, layanan berbasis IoT adalah layanan relatif teknologi baru yang saat ini masih didominasi segmen pasar B2B (business to business) dibandingkan B2C (business to consumer).

"Adopsi yang tinggi pada IoT itu masih di segmen B2B, belum meluas ke masyarakat umum. Sepengamatan saya dalam industri startup, yang bisnisnya berkelanjutan memang di B2B IoT karena tidak terjabak dalam perang bakar-bakar duit," katanya dalam keterangan resminya di Bandung, Selasa (11/4/2023).

Menurutnya, target pasar korporat menciptakan banyak keseimbangan bagi pelaku startup. Sebab, yang disasar tak sebanyak pasar ritel, tetapi punya kemampuan daya beli jauh lebih besar sehingga sangat realistis untuk sebuah bisnis riil.

"Era bisnis valuasi sudah lewat, sekarang harus logis dan bisa bertahan lama. Rasionalitas bisnis menjadi nomor satu. Jadi, harus kuat sisi bisnis secara umum, tetapi di-enhance dengan berbagai mindset dunia startup, atau dalam bahasa lain bisnis regular, tapi mengadaptasi cara-cara berpikir dan operasi ala startup," jelasnya.

Jeff sapaannya, mencontohkan, layanan Antares sebagai layanan IoT dari PT Telkom yang sudah baik dari sisi teknis. Dan hal ini, akan tambah baik bahkan mantap kalau disertai dengan arahan laju usaha (advisory) yang disertai ekosistem yang besar.

Untuk melesat naik kelasnya tetap butuh wahana seperti Telkom Dilo, Indigo, atau bahkan Telkom Grup itu sendiri guna menciptakan interaksi dalam ranah pasar B2B tadi. Cara ini pun harus dilakukan secara konsisten walaupun tidak ngebut agar ekspektasi pasar bisa ditemukan akurat.

Baca Juga: Gelora IoT Dobrak Ekonomi Indonesia, Potensinya Bisa Mencapai Rp572 Triliun!

Antares yang berada di bawah payung Leap-Telkom Digital, masuk ke dunia IoT di Tanah Air sebagai upaya mempercepat implementasi IoT di Indonesia dengan cara mendukung ekosistem IoT. Antara lain disediakan solusi dan konektivitas IoT berbasis Long Range Wide Area Network (LoRaWAN).

Sejauh ini dari segi konektivitas, LoRaWAN milik Antares telah berada di lebih dari 700 titik yang tersebar di seluruh Indonesia. Misalnya, sistem Smart Water Meter yang membuat perusahaan pengelola air minum/PDAM pengguna Antares dimudahkan memantau kualitas air dengan media portal sistem informasi yang terpusat sehingga standar K3 air lebih terjaga.

Di sektor logistik, IoT Antares telah dimanfaatkan untuk memantau kontainer secara real-time, melalui visibilitas data pergerakan setiap kontainer saat masuk ataupun keluar depo dan saat di perjalanan. 

"Sementara pada sektor manufaktur, Antares memberikan manfaat melalui dengan mengidentifikasi dan mengkalkulasi biaya produksi dari aspek daya konsumsi energi perusahaan yang menggunakan," pungkasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Puri Mei Setyaningrum

Advertisement

Bagikan Artikel: