Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Sebagai Agen Perubahan Masa Depan, Gen Z Wajib Paham Perencanaan Keuangan

Sebagai Agen Perubahan Masa Depan, Gen Z Wajib Paham Perencanaan Keuangan Kredit Foto: Tokio Marine Life
Warta Ekonomi, Jakarta -

Tokio Marine Life bekerja sama dengan Orbit Future Academy mengadakan sosialisasi dan pelatihan kepada para pelajar/mahasiswa dari Kampus Merdeka mengenai pemahaman perencanaan keuangan sejak dini yang kemudian dilanjutkan dengan acara buka puasa bersama di kantor Tokio Marine Life, International Financial Center, Sudirman, Jakarta.

Acara ini turut dihadiri oleh Ravi Menon selaku Chief Programs Officer, Windy Anindya Putri selaku Director of Marketing & Orbit Jobs, dan Martha Manurung selaku Head of Human Resources dari Orbit Future Academy, serta jajaran direksi Tokio Marine Life, yaitu Shunzo Nagahama selaku Vice President Director, Sudyawi Sahlan selaku Agency Director, dan Florence Army selaku Compliance Director. 

Baca Juga: Belajar Hak dan Tanggung Jawab di Ruang Digital, Literasi Digital dari Kemenkominfo untuk Siswa di Bogor

Berdasarkan survei Katadata Insight Center (KIC) bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada 2021, 60% Generasi Z (Gen Z) termasuk pada penilaian kelompok responden dengan literasi digital tinggi.

Sedangkan, menurut studi dari Deloitte tahun 2022 menemukan hampir setengah dari Gen Z (46%) di dunia membiayai kebutuhan hidup dari uang gaji dan khawatir mereka tidak akan mampu menutupi pengeluaran mereka.

Studi yang sama menemukan lebih dari seperempat Gen Z (26%) di dunia tidak yakin dapat pensiun dengan nyaman. Artinya, perilaku keuangan Gen Z masih lebih fokus pada kebutuhan saat ini saja tanpa memperhitungkan kebutuhannya nanti di masa depan.

"Padahal para Gen Z ini nantinya diharapkan bisa menjadi titik tumpu kemajuan sebuah bangsa, untuk itu sangatlah penting membekali para Gen Z ini dengan berbagai keahlian, termasuk literasi keuangan," kata Nagahama-san.

"Teknologi digital berpengaruh signifikan terhadap perilaku sehari-hari Gen Z. Realitas ini membuat mereka memiliki gaya hidup dinamis dan terus mengikuti tren, dengan tingkat literasi digital yang baik. Di sisi lain, terkadang realitas ini membuat mereka sulit mengatur dan mengelola keuangan dengan bijak. Padahal, titik tumpu kemajuan sebuah bangsa, terutama di bidang perekonomian, sangat diharapkan dari keahlian, pengetahuan, dan pengalaman generasi mudanya yang saat ini diperankan oleh Gen Z," pungkas Ravi Menon mengakhiri sambutannya.

Baca Juga: Cara Membuat Perencanaan Keuangan untuk Naik Haji, Percaya Gak Modalnya Hanya Ratusan Ribu Lho!

"Orbit Future Academy antusias menyambut kerja sama dengan Tokio Marine Life. Saat ini, fokus kami adalah untuk meningkatkan nilai guna para mahasiswa bagi dunia industri melalui berbagai kegiatan pendidikan, pelatihan keterampilan, dan praktik kerja dalam konteks Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MBKM); sehingga Gen Z kelak benar-benar siap kerja setelah lulus.

Di sisi lain, kami juga melihat betapa pentingnya Gen Z sejak dini memahami ilmu dan perencanaan keuangan, karena ini tidak diajarkan di mayoritas kegiatan akademik mereka di kampusnya masing-masing. Kami berpengharapan besar, melalui program bersama Tokio Marine Life ini, kami dapat berperan nyata bagi pengurangan kesenjangan literasi keuangan generasi muda bangsa Indonesia, khususnya Gen Z," ujar Martha Manurung menutup pemaparannya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Laras Devi Rachmawati
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: