Cara Membuat Brand Bisnis Kuliner Cepat Dikenal, Ini yang Harus Dilakukan!
Memiliki bisnis kuliner atau brand yang sangat dikenal pastinya berbanding lurus dengan omzet yang didapatkan. Oleh karena itu, ini adalah harapan besar bagi semua pebisnis. Baik pebisnis besar ataupun pebisnis kecil. Nah, meski tidak mudah, bukan berarti tidak bisa ya.
Mengutip YouTube Foodizz Channel berikut cara membuat brand bisnis kuliner cepat dikenal!
1. Punya keunikan
Jika bisnis kita tidak memiliki keunikan, sudah pasti semakin lama brand awareness terbentuk. Oleh karena itu, brand kita harus unik agar cepat dikenal karena ramai dibicarakan orang.
Baca Juga: Cara Membangun Kanal Jualan Big Order atau Catering dalam Bisnis Kuliner, Terapkan 10 Langkah Ini!
2. Membangun exposure
Exposure adalah jumlah orang yang mengetahui brand kamu. Semakin tinggi exposure, semakin banyak yang mengetahui brand kamu. Cara tercepat dalam membangun exposure adalah bekerja sama dengan KOL (Key Opinion Leader) atau influencer.
Mereka lah yang memiliki banyak followers, yang dapat mengenalkan brand kamu ke banyak orang dan memiliki kemampuan untuk memengaruhi orang lain. Jadi, dengan bekerja sama dengan KOL akan menciptakan exposure yang lebih banyak.
KOL bukan hanya mereka yang terkenal di Instagram atau TikTok, tetapi juga bisa bos perusahaan, pemilik event organizer atau bahkan ibu-ibu arisan.
3. Menjalankan WOW effect secara konsisten
Dalam waktu satu tahun, sebisa mungkin dalam 1-2 bulan sekali membuat wow effect atau wow factor. Kuncinya adalah jangan hanya melakukannya satu kali, tapi buatlah waktu terjadwal untuk melakukan wow effect. Bisa dengan menyampaikan ke KOL saat mengendorse serta mengupload ke sosial media.
4. Rajin melakukan sampling
Jangan lupa di awal berbisnis kuliner kita memang harus rajin melakukan sampling. Ini karena value yang paling cepat agar konsumen bisa menikmati produk bisnis kita adalah dengan melakukan sampling.
Sampling juga bisa dilakukan dengan mengundang orang-orang berpengaruh, paling tidak dalam waktu 1-6 bulan ke depan.
5. Menggunakan visual yang menarik
Pastikan untuk menggunakan visual yang menarik. Ini karena visual sangat penting untuk mendapatkan perhatian. Terlebih saat ini adalah eranya sosial media. Semua bergantung pada apa yang terlihat. Jadi, jika brand kamu memiliki visual yang menarik, ini sudah menjadi keunggulan besar sehingga brand awareness cepat terbangun.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami
Tag Terkait:
Advertisement