Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kendalikan Harga Minyakita, Apical Gelar Edukasi dan Bazar Selama Ramadan

Kendalikan Harga Minyakita, Apical Gelar Edukasi dan Bazar Selama Ramadan Kredit Foto: Sufri Yuliardi
Warta Ekonomi, Jakarta -

Apical Group, salah satu pengolah minyak nabati terkemuka dan produsen minyak goreng sehat dan berkelanjutan, menggelar kegiatan edukasi mengenai Harga Eceran Tertinggi (HET) Rp14 ribu dan bazar minyak goreng Minyakita kepada masyarakat selama bulan Ramadan.

Kegiatan yang telah dikemas melalui bazaar di berbagai lokasi di seluruh Indonesia membantu mendukung ketersediaan Minyakita selama Ramadhan untuk masyarakat melalui kemasan baru yang diproduksi oleh Apical, melalui PT Asianagro Agungjaya (PT AAJ). 

Untuk diketahui, Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan meluncurkan program Minyak Goreng Kemasan Rakyat (MGKR) dengan merek Minyakita yang melibatkan para pelaku usaha, termasuk di antaranya Apical. Kebijakan tersebut diatur melalui Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 41 Tahun 2022 tentang Tata Kelola Minyak Goreng Kemasan Rakyat MGKR yang berlaku mulai 8 Juli 2022 lalu. Baca Juga: Kemendag Buka Data, Begini Strategi Pemerintah Jaga HET Minyakita

Kegiatan bazar dan edukasi HET yang digelar oleh Apical ini juga dilakukan untuk menyikapi melonjaknya harga Minyakita yang melampaui HET, yang telah terjadi di sejumlah daerah, terutama selama bulan Ramadhan dan menjelang Hari Raya Idul Fitri.

Manumpak Manurung, Head of Industry & Government Relations Apical Group, mengatakan bahwa melalui kegiatan ini khususnya selama bulan Ramadhan, Apical berupaya mendukung Pemerintah dengan menyediakan minyak goreng dengan harga sesuai HET untuk masyarakat.

"Di sini kami juga ingin kembali menginformasikan bahwa masyarakat yang menemukan Minyakita yang diproduksi oleh Apical yang harganya di atas HET dapat melapor melalui Apical melalui [email protected], dengan menyertakan lokasi penjualan Minyakita yang tidak sesuai HET sehingga dapat kami laporkan dan dapat ditindaklanjuti oleh pihak regulator," ujarnya dalam pernyataan tertulisnya di Jakarta, Selasa (2/5/2023).

Adapun dalam penyelenggaran bazaar selama bulan ramdahan dan edukasi HET ini Apical berkolaborasi dengan PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) sebagai holding BUMN pangan dalam mendistribusikan Minyakita di pasar-pasar tradisional seluruh Indonesia sesuai arahan Pemerintah.

Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan selama Ramadhan juga telah meninjau pelaksanan Bazaar Ramadhan yang ditujukan untuk masyarakat sekitar agar bisa mendapatkan barang kebutuhan pokok (bapok) selama puasa dan menjelang Lebaran.

"Alhamdulillah, melalui bazaar ramadhan yang digelar selama bulan ramadhan, ibu-ibu bisa memperoleh kebutuhan bapok untuk lebaran seperti tepung, gula, beras, minyak goreng dengan harga sesuai yang ditetapkan Pemerintah. Kalau mau Lebaran biasanya harganya naik, dengan bazaar ramadhan yang dilakukan,  mudah mudahan kenaikan bisa ditahan tidak terlalu tinggi,” kata Mendag Zulkifli Hasan dalam kunjungannya di Kantor Kecamatan Kebayoran Baru dan Kalibata City, Jakarta Selatan, pada 4 April 2023 lalu.

Ardiahty Bachtiar, Head of Commercial B2C Apical, mengungkapkan, hadirnya Minyakita kemasan baru ini bertujuan agar masyarakat dapat langsung mengenali produk Minyakita yang diproduksi oleh Apical. Baca Juga: Kebutuhan Minyakita Melesat Saat Ramadhan, Wamendag: Kami Pantau Pasokan di Distributor dan Agen

“Kemasan baru Minyakita sangat berbeda dari yang lama. Minyakita kemasan baru ini lebih memperlihatkan identitas Apical yakni warna kemasan yang sama dengan warna logo perusahaan kami. Kami berharap dengan kemasan baru ini juga dapat lebih dikenal masyarakat karena menawarkan nilai yang berbeda sehingga dapat menjadi pilihan utama masyarakat dalam memilih produk Minyakita yang kami produksi,” kata Ardiahty yang akrab disapa Diah.

Lebih lanjut, Diah menuturkan, Minyakita kemasan baru ini juga dalam rangka menyeragamkan keseluruhan kemasan Minyakita, baik yang diproduksi oleh Apical maupun repacker. "Kemasan baru tersebut akan hadir dalam setiap kemasan produk Minyakita baik kemasan botol 1 liter, botol 2 liter, kemasan bantal (pillow), semua jenis kemasan isi ulang atau pouch, maupun kemasan jerigen," tambahnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajar Sulaiman
Editor: Fajar Sulaiman

Advertisement

Bagikan Artikel: