Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Activity-Based Management: Pengertian, Contoh, dan Cara Penerapannya

Activity-Based Management: Pengertian, Contoh, dan Cara Penerapannya Ilustrasi: Wafiyyah Amalyris K
Warta Ekonomi, Jakarta -

Activity-Based Management (ABM) atau manajemen berbasis aktivitas adalah sistem untuk menentukan profitabilitas setiap aspek bisnis sehingga kekuatannya dapat ditingkatkan dan kelemahannya dapat diperbaiki atau dihilangkan sama sekali.

ABM pertama kali dikembangkan pada tahun 1980-an untuk menyoroti area di mana bisnis kehilangan uang sehingga aktivitas tersebut dapat dihilangkan atau ditingkatkan untuk meningkatkan profitabilitas. ABM menganalisis biaya karyawan, peralatan, fasilitas, distribusi, overhead, dan faktor lain dalam bisnis untuk menentukan dan mengalokasikan biaya aktivitas.

Baca Juga: Keiretsu: Pengertian, Sejarah, Jenis, dan Cara Kerjanya

Manajemen berbasis aktivitas dapat diterapkan pada berbagai jenis perusahaan, termasuk produsen, penyedia layanan, nirlaba, sekolah, dan lembaga pemerintah. ABM dapat memberikan informasi biaya tentang area operasi apa pun dalam bisnis.

Selain meningkatkan profitabilitas dan kekuatan keuangan perusahaan secara keseluruhan, hasil analisis ABM dapat membantu perusahaan menghasilkan anggaran yang lebih akurat dan prakiraan keuangan jangka panjang.

ABM dapat digunakan untuk menganalisis profitabilitas produk baru yang ditawarkan perusahaan, dengan melihat biaya pemasaran dan produksi, penjualan, klaim garansi, dan biaya atau waktu perbaikan yang diperlukan untuk produk yang dikembalikan atau ditukar.

Jika sebuah perusahaan bergantung pada departemen penelitian dan pengembangan, ABM dapat digunakan untuk melihat biaya pengoperasian departemen, biaya pengujian produk baru, dan apakah produk yang dikembangkan ternyata menguntungkan.

Contoh lainnya seperti perusahaan hendak membuka cabang. ABM dapat membantu manajemen menilai biaya menjalankan lokasi tersebut, termasuk staf, fasilitas, dan biaya overhead, lalu menentukan apakah laba berikutnya cukup untuk menutup atau membenarkan biaya tersebut.

Banyak informasi yang dikumpulkan dalam manajemen berbasis aktivitas berasal dari informasi yang dikumpulkan dari alat manajemen lain, penetapan biaya berbasis aktivitas atau Activity Based Costing (ABC). Sementara manajemen berbasis aktivitas berfokus pada proses bisnis dan aktivitas manajerial yang mendorong tujuan bisnis organisasi, penetapan biaya berbasis aktivitas berupaya mengidentifikasi dan mengurangi pemicu biaya dengan mengoptimalkan sumber daya.

ABC dan ABM adalah alat manajemen yang membantu mengelola kegiatan operasional untuk meningkatkan kinerja entitas bisnis atau seluruh organisasi.

Biaya berbasis aktivitas dapat dianggap sebagai cabang dari manajemen berbasis aktivitas. Dengan memetakan biaya bisnis seperti persediaan, gaji, dan aktivitas leasing ke proses bisnis, produk, pelanggan, dan aktivitas distribusi, penetapan biaya berbasis aktivitas membantu meningkatkan efektivitas dan transparansi manajerial secara keseluruhan.

Namun, ada juga risiko dengan ABM yakni beberapa aktivitas memiliki nilai implisit, belum tentu tercermin dalam nilai finansial yang ditambahkan ke produk apa pun. Misalnya, tempat kerja yang sangat menyenangkan dapat membantu menarik dan mempertahankan staf terbaik, tetapi mungkin tidak dapat diidentifikasi sebagai nilai tambah dalam ABM operasional.

Pelanggan yang mengalami kerugian berdasarkan aktivitas yang dilakukan, tetapi membuka prospek di pasar baru, dapat diidentifikasi sebagai pelanggan bernilai rendah melalui proses ABM strategis.

ABM dapat memberi manajer menengah pemahaman tentang biaya kepada tim lain untuk membantu mereka membuat keputusan yang bermanfaat bagi seluruh organisasi, bukan hanya keuntungan aktivitas mereka.

Tetapi, mungkin juga sulit untuk menerapkan ABM pada pemikiran strategis. Arah strategis baru mungkin cukup mahal dalam jangka pendek, tetapi memiliki prospek untuk hasil jangka panjang yang sulit diukur di bawah analisis ABM.

Beirkut cara menerapkan manajemen berbasis aktivitas (ABM):

1. Identifikasi aktivitas bisnis utama

Cantumkan semua aktivitas operasional utama yang signifikan bagi bisnis dan memiliki pengaruh paling besar terhadap keuangan perusahaan. Pertimbangkan bagaimana biaya setiap aktivitas memengaruhi pengeluaran bisnis secara keseluruhan.

Proses ini melibatkan pengidentifikasian faktor-faktor yang menyebabkan variasi dalam biaya suatu aktivitas, atau pemicu biaya aktivitas tersebut. Misalnya, tagihan listrik adalah suatu aktivitas, tetapi berapa banyak listrik yang Anda butuhkan adalah pemicu biayanya.

2. Melakukan penetapan biaya berdasarkan aktivitas

Gunakan penetapan biaya berdasarkan aktivitas untuk mengevaluasi semua biaya. Misalnya, jika pemilik laundry mengoperasikan mesin cuci dan pengeringnya secara konstan sepanjang tahun, biaya berbasis aktivitas memperhitungkan harga air dan listrik yang digunakan mesin. Dengan evaluasi ini, Anda dapat menentukan apakah keuntungan suatu kegiatan lebih besar daripada pengeluaran bisnis.

3. Analisis rantai nilai lengkap

Analisis rantai nilai adalah cara untuk menilai nilai setiap kegiatan. Cara ini menghitung keseluruhan biaya produksi dan apakah nilai menambah keuntungan tambahan.

Contohnya, nilai pengoperasian mesin dari bisnis laundry tergantung pada berapa kali pelanggan menggunakannya dalam sehari. Semakin banyak pelanggan menggunakan mesin per hari, semakin banyak nilai yang mereka tambahkan ke bisnis. Oleh karena itu, jika pelanggan menggunakan mesin dengan tarif tinggi, nilai mesin mungkin melebihi biaya air dan listrik yang dibutuhkan untuk mengoperasikannya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Fajria Anindya Utami
Editor: Fajria Anindya Utami

Advertisement

Bagikan Artikel: