Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Di Depan EU-ABC, Sri Mulyani Ungkap Total Ekspor RI ke Eropa Tembus USD21,5 Miliar

Di Depan EU-ABC, Sri Mulyani Ungkap Total Ekspor RI ke Eropa Tembus USD21,5 Miliar Kredit Foto: Instagram/Sri Mulyani Indrawati
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan total nilai ekspor Indonesia menuju Uni Eropa mencapai USD21,5 miliar pada tahun 2022.

Ia menilai Uni Eropa merupakan salah satu mitra dagang Indonesia yang sangat penting. Hal tersebut disampaikannya saat menerima kunjungan dari Europe Union-ASEAN Business Council (EU-ABC).

Baca Juga: Temui Sri Mulyani, Delegasi EU-ABC Ramal Ekonomi ASEAN Meroket 5 Tahun ke Depan

"Hubungan ini pun terus menguat dari tahun ke tahun, terlebih sejak disepakatinya Free Trade Agreement (FTA) antara Indonesia dan Uni Eropa di Juli 2016," ujar Sri Mulyani, Rabu (2/8/2023).

Lebih lanjut, Sri Mulyani mengatakan, dalam pertemuan EU-ABC yang dipimpin oleh Board Member EU-ABC Sharon Toh itu, kedua pihak bertukar pikiran mengenai berbagai hal, utamanya terkait hubungan dagang Uni Eropa dengan Indonesia.

"Sharon menyampaikan, EU-ABC optimis bahwa ASEAN merupakan wilayah yang akan tumbuh sangat pesat dalam lima tahun kedepan. Optimisme ini pun saya amini, terlebih di Indonesia yang masih mampu tumbuh 5% pada enam kwartal terakhir," ungkapnya.

Selain itu, kata Sri Mulyani, dirinya juga berbincang dengan perwakilan pelaku bisnis yang hadir dari berbagai sektor, mulai dari FMCG, logistik, konsultan bisnis, hingga perbankan.

"Kami berbagi beragam insight mengenai lansekap kebijakan di Kementerian Keuangan (Kemenkeu) utamanya terkait perpajakan, kepabeanan dan cukai, serta perubahan iklim," tuturnya.

Baca Juga: Anak Buah Sri Mulyani Ungkap Kabar Soal Inflasi dan Manufaktur, RI Aman?

Sri Mulyani berujar, pihaknya mendengar dengan baik tiap-tiap masukan yang dilontarkan para pelaku usaha.

"Saya juga ucapkan terima kasih kepada Sharon dan para perwakilan pelaku bisnis yang hadir. Dialog seperti ini membuka ruang kerja sama yang lebih baik, positif, serta produktif bagi kedua belah pihak," tutupnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Alfida Rizky Febrianna
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: