Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Bank Jago dan ADVANCE.AI Lakukan Transformasi Pendaftaran Nasabah melalui eKYC

Bank Jago dan ADVANCE.AI Lakukan Transformasi Pendaftaran Nasabah melalui eKYC Kredit Foto: Nadia Khadijah Putri
Warta Ekonomi, Jakarta -

Bank berbasis teknologi yang tertanam dalam ekosistem, Bank Jago dan penyedia solusi verifikasi identitas digital, know your customer dan anti-pencucian uang (anti-money laundering) (KYC/AML), kepatuhan dan manajemen risiko terkemuka di Asia Tenggara, ADVANCE.AI, memperkuat kemitraan strategisnya untuk meningkatkan pengalaman dalam pembukaan rekening nasabah melalui electronic know your customer (eKYC) berbasis kecerdasan buatan (AI). Seperti apa wujudnya? 

Head of Consumer Business Customer Value Management Bank Jago, Irene Santoso mengatakan, eKYC melalui bantuan ADVANCE.AI dapat menyederhanakan proses pendaftaran nasabah Bank Jago dan menjaga identitasnya dari aktivitas penipuan yang berasal dari eksploitasi teknologi. 

“Kami ingin menjadi bank berbasis teknologi yang kuat dan terintegrasi dalam ekosistem digital Indonesia guna memenuhi kebutuhan segmen pasar ritel, mass market, dan usaha kecil dan menengah (UKM). [Kerja sama] dengan ADVANCE.AI, [kami] senantiasa meningkatkan solusi keuangan yang berfokus pada kehidupan nasabah kami,” ujar Irene acara The Growing Importance of eKYC in Safeguarding Customer Identities di Kuningan, Jakarta pada Rabu (30/8/2023). 

Baca Juga: ADVANCE.AI Permudah eKYC Bank Jago: Digital Onboarding Kini Jadi Syarat, Bukan Good to Have Lagi

Wujud eKYC Bank Jago yang melibatkan ADVANCE.AI ini berupa integrasi fitur optical character recognition (OCR), deteksi keaktifan, dan perbandingan wajah ke dalam proses pembukaan rekening Bank Jago.

“Dari sisi pelanggan, proses eKYC ini sangat seamless,” imbuh Irene singkat.

Sementara itu, Country Manager Indonesia ADVANCE.AI, Ronald Molenaar mengatakan bahwa ADVANCE.AI menawarkan solusi komprehensif dengan memanfaatkan AI untuk menganalisis data, memantau transaksi secara real-time, memverifikasi identitas, mengotentifikasi dokumen identitas, memeriksa keberadaan individu, menandai individu yang terkena sanksi, fraud, atau tindak pencucian uang, mengidentifikasi individu dengan risiko kredit tinggi, dan sebagainya.

“Kemitraan kami dengan Bank Jago mencerminkan misi kami untuk memprioritaskan proses pendaftaran nasabah yang aman, terjamin dan lancar, sehingga memungkinkan lembaga keuangan untuk tetap kompetitif dan patuh dalam lanskap yang dinamis saat ini,” ujar Molenaar.

Dengan memanfaatkan solusi dan teknologi eKYC bersama ADVANCE.AI, Bank Jago membuka akses lebih luas terhadap layanan perbankan di seluruh Indonesia, sehingga dapat menjembatani kesenjangan inklusi keuangan dan memberdayakan masyarakat secara ekonomi.

Sampai dengan kuartal kedua tahun 2023, Bank Jago telah melayani total lebih dari 8,3 juta nasabah, teramsuk 6,7 juta nasabah funding melalui Aplikasi Jago.

Baca Juga: Bank Jago Hadapi Tantangan Industri Bank Digital: Belum Semua Pengguna Smartphone Butuh Bank Digital

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Nadia Khadijah Putri
Editor: Rosmayanti

Advertisement

Bagikan Artikel: