Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Buntut Perubahan Nama Mendadak, PKB Sebut Koalisinya Semakin Tak Jelas

Buntut Perubahan Nama Mendadak, PKB Sebut Koalisinya Semakin Tak Jelas Kredit Foto: Andi Hidayat
Warta Ekonomi, Jakarta -

Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Daniel Johan, menilai koalisi yang dibangunnya bersama Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), dan Partai Bulan Bintang (PBB) semakin tidak jelas.

Ketidakjelasan itu bermuara pada perubahan nama koalisi yang sebelumnya disepakati bersama Partai Gerindra, yakni Kebangkitan Indonesia Raya menjadi Koalisi Indonesia Maju.

Baca Juga: Ingin Indonesia Maju, Ekonom Minta Presiden Pengganti Jokowi Lanjutkan Hilirisasi

"Koalisi semakin tidak jelas, perubahan nama dilakukan secara mendadak tanpa dilakukan rembuk bersama PKB," kata Daniel dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/8/2023).

Dia mengaku terkejut dengan adanya perubahan nama koalisi yang mendadak. Padahal, kata Daniel, kesepakatan PKB bersama Partai Gerindra tertuang dalam piagam deklarasi Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Dia bahkan menegaskan piagam koalisi yang disepakatinya dengan Partai Gerindra sama sekali belum ada perubahan. Di sisi lain, kata Daniel, Koalisi Indonesia Maju muncul tanpa dokumen kesepakatan dan piagam deklarasi sampai saat ini.

"Tidak apa perubahan nama, asalkan kunci kesepakatan ada di kedua ketua partai yakni Gerindra dan PKB," tegasnya.

Prabowo Ganti Nama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto mengaku telah memberikan nama pada koalisinya bersama PKB, Partai Golkar, PAN, Partai Golkar, dan PBB. Prabowo menyebutnya dengan Koalisi Indonesia Maju. 

Adapun, nama Koalisi Indonesia Maju dipilih atas kesepakatan Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dan Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra.

"Kita sepakat koalisi kita kita beri nama Koalisi Indonesia Maju," kata Prabowo dalam sambutannya di acara Pembukaan Bimbingan Teknis dan Perayaan HUT PAN ke 25 di Hotel Sultan, Jakarta, pada Senin (28/8/2023) malam.

Di sisi lain, Ketua Umum PKB, Cak Imin, mengaku baru mengetahui perubahan nama koalisi tersebut. Dia juga menyebut tidak ada pembahasan ihwal perubahan nama Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya.

Baca Juga: Parpol Pengusung Prabowo Pakai Nama Koalisi Indonesia Maju, Begini Kata PDIP

"Saya juga baru tahu," singkat Cak Imin seusai menghadiri acara Pembukaan Bimbingan Teknis dan Perayaan HUT PAN ke-25 di Hotel Sultan, Jakarta, pada Senin (28/8/2023) malam.

Dia menyebut nama Indonesia Maju dipilih berdasarkan susun partai politik yang juga berasal dari kabinet kerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Kendati begitu, dia menegaskan perubahan nama tersebut baru diketahuinya.

"Makanya saya juga baru tahu," tandasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Andi Hidayat
Editor: Ayu Almas

Advertisement

Bagikan Artikel: