Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Lima Tips Bisnis F&B yang Bikin Bisnismu Makin Sukses Ala Sour Sally

Lima Tips Bisnis F&B yang Bikin Bisnismu Makin Sukses Ala Sour Sally Ilustrasi: Wafiyyah Amalyris K
Warta Ekonomi, Jakarta -

Persaingan yang semakin ketat di industri Food & Bakery (F&B) membuat para pengusaha di Indonesia harus mengerahkan berbagai kemampuan untuk berinovasi, berkreasi, dan memberikan nilai tambah kepada konsumen.

Di dunia F&B di Indonesia, ada lima tips menarik yang dibeberkan oleh salah satu pengusaha F&B, Donny Pramono, Founder Sour Sally Group, tentang bagaimana agar usaha F&B sukses dan bertahan lama.

“Berdasarkan riset bahwa bisnis F&B tidak sukses di enam bulan pertama hingga satu tahun, maka berakibat pada tutupnya usaha. Bisnis tersebut jika dijalankan tanpa strategi marketing yang berkelanjutan, tanpa keunikan, tanpa inovasi, ya lama-lama orang pun akan bosan,” ucap Donny dilansir dari kanal Youtube Dr Indrawan Nugroho pada Selasa (10/10/2023).

Baca Juga: Usaha F&B Semakin Menjanjikan, Sour Sally: Tiga Fase Bisnis Ini Jadi Kuncinya

Adapun lima tips menarik yang diungkapkan Donny antara lain:

1. Berpikir berbeda hanya saja lebih baik

Di zaman sekarang ini dalam bisnis F&B haruslah fokus dengan melakukan sesuatu yang sedikit berbeda dengan baik, maka kompetitor pun akan menyingkir pada akhirnya. Berbeda di sini berarti memiliki daya tarik dengan inovasi baru yang sukses menciptakan menu yang unik dengan sentuhan berbeda yang membuat produk tersebut menonjol dan konsumen pun tertarik.

2. Amati, Tiru, dan Modifikasi (ATM)

ATM sering digunakan dalam proses inovasi dan pengembangan produk atau bisnis F&B. Menggunakan metode ini memungkinkan pengusaha untuk memahami apa yang berhasil di pasar, mengadopsi praktik terbaik, dan kemudian mengubah atau meningkatkannya agar sesuai dengan apa yang dibutuhan. 

3. The way comes before

Kesuksesan dalam bisnis seringkali tidak terjadi secara spontan, melainkan memerlukan persiapan dan perencanaan yang matang. Dengan perencanaan yang baik sebelumnya, seperti perencanaan bisnis yang sesuai, memahami pasar, analisis keuangan dan tahapan lainnya maka akan meningkatkan peluang untuk mencapai bisnis F&B yang sukses.

4. Output

Hasil dari tips sebelumnya yang mana mengingatkan para pengusaha F&B bahwa langkah dan strategi yang matang akan memperoleh hasil yang lebih baik. 

5. Reinvent Product

Melakukan perubahan signifikan atau transformasi pada suatu produk yang sudah ada. Ini tidak hanya berarti membuat perbaikan kecil atau perubahan produk, tetapi seringkali melibatkan pembaruan yang mendalam dalam desain, fitur, atau konsep produk tersebut.

Demikian lima tips menarik agar bisnis F&B sukses dan bertahan lama, sehingga nantinya pengusaha F&B mampu menumbuhkan usahanya dan meningkatkan loyalitas konsumen.

Baca Juga: Tak Perlu Keliling Dunia, Heinz Ajak Konsumen Eksplorasi Rasa Kuliner Lewat Meja Makan Aja

Baca Juga: Industri Perkebunan Berpegang Teguh Pada Konsep Bisnis Berkelanjutan

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Naeli Zakiyah Nazah
Editor: Rosmayanti

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: