Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kuatkan Digitalisasi, Pemprov Jabar Bakal Terapkan Kartu Kredit Indonesia

Kuatkan Digitalisasi, Pemprov Jabar Bakal Terapkan Kartu Kredit Indonesia Kredit Foto: Rahmat Saepulloh
Warta Ekonomi, Bandung -

Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETPD) terus diperkuat dengan hadirnya Kartu Kredit Pemerintah Daerah atau Kartu Kredit Indonesia (KKI).

KKI merupakan inovasi pembayaran non tunai yang diterbitkan untuk transaksi belanja pemerintah. KKI hadir mendukung efisiensi dan transparansi dalam realisasi serta pertanggungjawaban penggunaan anggaran Pemerintah Pusat dan Daerah.

Baca Juga: Jelang Pemilu 2024, Pemprov Gulirkan Jabar Anteng

Selain itu, penggunaan KKI turut mendukung digitalisasi sistem pembayaran yang diyakini dapat membantu jutaan UMKM di daerah untuk naik kelas seiring dengan Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN). 

"Melalui implementasi KKI ini, ETPD khususnya di Jawa Barat diyakini semakin kuat," kata Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Barat, Erwin Gunawan Hutapea kepada wartawan di Bandung, Jumat (17/11/2023) 

Berdasarkan hasil evaluasi Survei Indeks ETPD Semester I 2023, Jawa Barat berada pada kategori Digital dengan indeks ETPD sebesar 97,9%, tertinggi kedua secara nasional. Begitu pula dengan 27 Kabupaten/Kota di wilayah Jawa Barat berada pada kategori digital.

Untuk itu, dalam rangka mendorong ETPD,  Tim Perluasan dan Percepatan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Jawa Barat menyelenggarakan High level Meeting (HLM) dan Capacity Building TP2DD se-Jawa Barat. 

Baca Juga: 2,2 Juta UMKM Jabar Bakal Terdaftar NIB Hingga Akhir Tahun 2023

Kegiatan mengangkat tema “Perkuat Digitalisasi Daerah melalui Implementasi Kartu Kredit Indonesia untuk Mengoptimalkan Penerimaan Daerah dan Mewujudkan Jawa Barat sebagai Provinsi Digital”.  

Baca Juga: Demi Perkuat Penguasaan Pasar, Anak Usaha Pertamina Jalin Kerja Sama dengan KKMC

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Rahmat Saepulloh
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: