Kemas Beras Jadi Beragam Varian, HOKI Optimis Tingkatkan Pendapatan hingga 10%
PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI), produsen beras ternama merek ‘Topi Koki', optimis akan meraih kenaikan pendapatan 10% di tahun 2023. Optimisme tersebut sejalan dengan prospek industri makanan yang terus membaik pasca pandemi Covid-19 serta keberhasilan produk baru FMCG (fast moving consumer goods) HOKI, yaitu 'DailyMeal Rice' dan 'DailyMeal Eats' diterima masyarakat.
“Dari langkah-langkah yang sudah dilakukan, kami optimis adanya produk varian baru, serta perluasan jaringan distribusi dan pabrik baru yang telah dilakukan mampu berkontribusi mendorong peningkatan pendapatan hingga 10%,” ujar Direktur HOKI Budiman Susilo.
HOKI melihat peluang bisnis FMCG (fast moving consumer goods) terbuka semakin lebar seusai pandemi Covid-19 pada pertengahan tahun lalu. Berakhirnya pandemi telah mengubah gaya hidup masyarakat menjadi lebih sehat dengan lebih banyak beraktivitas dan memilih mengonsumsi makanan yang sehat.
Selain itu, padatnya kegiatan pasca pandemi juga mendorong masyarakat untuk mengedepankan kepraktisan. Memperhatikan perkembangan tersebut, perseroan semakin giat bertransformasi ke bisnis FMCG yang telah dimulai dengan peluncuran DailyMeal Rice dan DailyMeal Eats.
DailyMeal Rice adalah produk beras kemasan sehat yang saat ini memiliki varian beras jagung, beras singkong, dan yang terbaru varian beras merah yang baru diluncurkan pada November 2023 lalu.
Baca Juga: Meski Penjualan Mobil Turun, Tapi Market Share Astra Terdongkrak
Produk DailyMeal Rice beras merah diluncurkan sebagai bagian dari komitmen perseroan untuk dapat berkontribusi terhadap kesehatan masyarakat Indonesia. Manfaat kesehatan beras merah sendiri telah mendapatkan validasi dari para ahli gizi yang menyatakan bahwa nasi dari beras merah benar-benar baik dikonsumsi dan cocok untuk segala usia mulai dari muda hingga tua.
Adapun DailyMeal Eats adalah produk beras berbumbu warisan Nusantara yang telah menyajikan pilihan varian nasi uduk, nasi kebuli, dan nasi goreng spesial pedas. Kehadiran kedua produk FMCG inovasi dari HOKI yang dijalankan oleh anak usaha, PT Hoki Distribusi Niaga (HDN) ini terbukti mendapatkan respon positif dari masyarakat.
Hal itu dapat dilihat dari kinerja HDN yang membukukan penjualan sebesar Rp3,5 miliar di kuartal III 2023, meningkat 843%. Pertumbuhan pesat penjualan produk DailyMeal Rice dan DailyMeal Eats tersebut didukung upaya pemasaran secara aktif baik melalui pasar modern maupun melalui platform e-commerce. HOKI juga terus memperluas distribusi jaringan dari Jabodetabek hingga kota-kota besar di Pulau Jawa.
Baca Juga: Kalau APBN Cukup, Jokowi Mau Lanjutkan Bagi-bagi Beras Sampai Juni
Untuk mendukung penjualan produk DailyMeal Rice dan DailyMeal Eats yang tumbuh pesat, HOKI tengah membangun pabrik baru di Boyolali bekerjasama dengan PT Gita. Harapannya, pabrik sudah dapat beroperasi pada 2025 mendatang.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Belinda Safitri
Editor: Belinda Safitri
Tag Terkait:
Advertisement