Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Gibran dan Transformasi E-Sport, Pintu Lebar untuk Anak Muda Berprestasi Global

Oleh: Ahwal Usri Yusro, Ketua Perhimpunan Rakyat Progresif (PRP) NTB

Gibran dan Transformasi E-Sport, Pintu Lebar untuk Anak Muda Berprestasi Global Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Cawapres Gibran Rakabuming Raka, dengan tegas dan meyakinkan, secara jelas menggambarkan kepeduliannya terhadap anak muda kreatif melalui serangkaian inisiatif dan dukungan konkret. Keterlibatannya dalam mendukung perkembangan anak muda dalam dunia e-sport menjadi salah satu bentuk kepedulian yang paling mencolok. Di tengah era di mana teknologi dan digitalisasi membentuk bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari, peran Gibran dalam mendorong sektor e-sport tidak hanya menunjukkan komitmen terhadap peran positif anak muda, tetapi juga menjelaskan keyakinannya terhadap arah masa depan Indonesia.

Gibran tidak hanya memahami, tetapi juga merespons urgensi untuk memahami tren dan kebutuhan generasi muda saat ini. E-sport, sebagai bagian dari industri hiburan digital, telah mencapai status fenomenal secara global, menjangkau berbagai kelompok usia, terutama anak muda. Bagi Cawapres, e-sport tidak hanya dianggap sebagai bentuk hiburan modern, melainkan juga sebagai wadah potensial untuk mengembangkan bakat dan keterampilan anak muda di bidang teknologi dan strategi.

Baca Juga: Kaesang: Prabowo-Gibran Satu Putaran, PSI Masuk Senayan!

Gibran mengusung pendekatan inklusif dalam melibatkan anak muda dalam e-sport, sebuah pendekatan yang memahami keberagaman dan potensi yang dimiliki oleh setiap individu. Dedikasinya tercermin dalam upayanya menciptakan platform dan dukungan yang memungkinkan anak muda dari berbagai latar belakang untuk terlibat dan berkembang di dunia e-sport. Dukungan finansial, infrastruktur, dan pembinaan menjadi fokus utamanya, menjamin bahwa potensi anak muda di bidang ini diperlakukan dengan serius dan profesional.

Salah satu langkah konkret yang dapat diambil adalah membangun fasilitas dan pusat pelatihan e-sport. Langkah ini bertujuan untuk memberikan tempat bagi anak muda yang berminat dan berbakat di dunia e-sport untuk mengasah kemampuan mereka dan berkompetisi secara lebih serius. Pusat pelatihan ini bukan sekadar tempat bermain, melainkan juga lingkungan yang mendukung pengembangan keterampilan teknis, taktis, dan kerja sama tim.

Gibran juga bertekad untuk memperjuangkan peningkatan pendidikan terkait e-sport. Kesadaran akan kebutuhan pengetahuan khusus dalam perkembangan teknologi dan digital menjadi dasar komitmennya. Ia berkomitmen menciptakan program pelatihan dan kursus yang memberikan pemahaman mendalam mengenai dunia e-sport, melihatnya bukan hanya sebagai hiburan, melainkan juga sebagai industri dengan peluang karier yang nyata.

Dukungan Gibran terhadap anak muda kreatif, termasuk dalam dunia e-sport, tidak hanya diukur dari perspektif bisnis dan ekonomi semata. Baginya, e-sport bukan hanya sarana hiburan modern, melainkan juga media untuk memupuk nilai-nilai positif seperti kerja sama tim, strategi, fokus, dan disiplin diri. Dalam konteks ini, e-sport dipandang sebagai sarana pendidikan karakter yang membentuk kepribadian anak muda agar mereka siap menghadapi tantangan masa depan.

Upaya Gibran dalam mendukung e-sport melibatkan kolaborasi erat dengan berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah, dunia usaha, dan masyarakat. Kolaborasi ini bertujuan menciptakan ekosistem yang mendukung perkembangan e-sport secara menyeluruh. Mulai dari melibatkan perusahaan teknologi untuk menyediakan perangkat dan infrastruktur, hingga bekerja sama dengan lembaga pendidikan untuk menyelenggarakan program pelatihan, semua ini berkontribusi dalam membentuk fondasi yang kokoh bagi perkembangan e-sport di Indonesia.

Gibran di sisi lain, menyadari bahwa perkembangan e-sport tidak hanya terkait dengan infrastruktur fisik dan dukungan finansial. Pengakuan formal dari pemerintah terhadap e-sport sebagai cabang olahraga yang sah dan diakui menjadi fokus perjuangannya. Ini mencakup pembentukan federasi e-sport yang dapat menjadi wadah untuk regulasi, kompetisi resmi, dan pengakuan atlet e-sport. Dengan demikian, anak muda yang berminat dalam e-sport memiliki jalur yang jelas untuk mengejar prestasi dan berkembang secara profesional.

Baca Juga: Suksesi Gibran Menyulap Infrastruktur Kota Solo

Dalam pandangan Gibran, e-sport bukan hanya sebagai bentuk hiburan modern, melainkan juga sebagai peluang besar bagi anak muda Indonesia untuk tampil dalam skala global. Dukungan aktifnya terhadap e-sport mencerminkan kepedulian pada potensi anak muda sebagai agen perubahan dan inovasi di era digital ini. Melalui kebijakan dan inisiatif yang mendukung e-sport, Cawapres Gibran Rakabuming Raka berupaya membuka pintu lebih lebar bagi anak muda untuk berkembang dan memberikan kontribusi positif bagi bangsa dan negara. Dengan menjadi bagian dari turnamen Mentari E-Sports Mobile Legend di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta Pusat, Gibran tidak hanya menunjukkan kehadirannya, tetapi juga memperkuat janjinya untuk senantiasa mendukung minat anak muda di dunia E-Sport.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: