Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Cara Optimalkan Media Sosial untuk Bangun Personal Branding

Cara Optimalkan Media Sosial untuk Bangun Personal Branding Ilustrasi: Wafiyyah Amalyris K
Warta Ekonomi, Jakarta -

Dalam rangka kampanye Gerakan Nasional Literasi Digital di Indonesia, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) bersama dengan Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi menyelenggarakan webinar Literasi Digital #MakinCakapDigital 2024.

Acara kali ini digelar untuk segmen komunitas di wilayah Jawa Tengah dengan mengangkat tema “Mengoptimalkan Media Sosial untuk Membangun Personal Branding" pada Kamis (7/3/2024). 

Kali ini hadir pembicara-pembicara program kegiatan Literasi Digital #MakinCakapDigital di tahun 2024 yang ahli di bidangnya untuk berbagai bidang antara lain CEO BerDigitaL A.M Bayhaqi, Koordinator Advokasi Sosialisasi & Edukasi Akhmad Nasir, dan Dosen Pengajar Ilmu Komunikasi Ade Irma Sukmawati.

Indonesia memasuki bonus demografi penduduk yang mencapai pada periode 2020-2035. Menurut data BPS puncak peningkatan jumlah penduduk usia produktif tepat saat Indonesia berusia 100 tahun yaitu pada 2045. 

Internet menjadi salah satu saluran bagi masyarakat Indonesia, khususnya usia produktif untuk berkarya.

Survei terbaru sari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) 2023 menyebutkan, pengguna internet di Indonesia terus bertambah setiap tahunnya, kini bahkan mencapai 215 juta. Adapun menurut data BPS pada 2018 dari tiga sub indeks, Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IP-TIK) Indonesia, subindeks keahlian yang memiliki skor paling rendah menurut data yang dirilis 2019. 

CEO BerDigitaL.com Bayhaqi menyebutkan 90,61 persen anak muda di Indonesia adalah pengguna internet dengan 78 persen menggunakan internet untuk berita, 52 persen mencari hiburan, dan 31 persen mengerjakan tugas. Sisanya 27 persen menggunakan internet untuk mengirim email dan 19 persen melakukan transaksi.

Menurut Bayhaqi penting untuk membangun citra diri atau personal branding di media sosial.  Ditambahkan oleh Pengajar Ilmu Komunikasi Ade Irma Sukmawati, 73 persen masyarakat Indonesia mendapatkan informasi dari paparan media sosial pada survei Katadata Insight Center tahun 2021. 

Baca Juga: Kominfo dan Meutya Hafid Bersinergi, Dongkrak Usaha Perempuan Lewat Seminar Go Digital

Koordinator Advokasi Sosialisasi & Edukasi Akhmad Nasir menjelaskan bahwa brand atau branding mengacu pada konsep dalam dunia bisnis untuk membantu audiens mengidentifikasi sebuah produk, lembaga, atau personal. Brand itu tidak berwujud (intangible). 

"Brand bukan apa yang Anda katakan mengenai Anda, tetapi apa yang orang lain katakan tentang Anda," kata Akhmad yang ia kutip dari Subiakto saat menjadi narasumber kegiatan literasi digital #MakinCakapDigital 2024 untuk segmen komunitas di Jawa Tengah (7/3/2024). 

Branding sendiri merupakan kegiatan untuk mengaktivasi brand dalam benak konsumen. 

Dalam dunia media sosial, personal branding berhubungan erat dengan pengembangan diri. Personal branding menjadi tindakan untuk menumbuhkan kesadaran diri, kemampuan, bakat, dan keterampilan dalam rangka meningkatkan kualitas hidup.

Bayhaqi menyampaikan personal branding menjadikan pengembangan diri kita terkomunikasikan kepada orang lain sehingga menumbuhkan persepsi sesuai yang kita harapkan

Mulai Membangun Personal Branding

Akhmad menjelaskan ada tiga dimensi personal branding yang dapat diidentifikasi sebelum menyampaikan ke media sosial. Pertama identifikasi peran atau mengetahui kemampuan dan keunggulan. 

Selanjutnya adalah gaya atau cara kita berhubungan dengan orang lain yang membuat kita unik dan bertahan dalam benak orang lain. Terakhir adalah standar atau ukuran yang kita terapkan dalam menjalankan peran atau tugas.

Cara membangun personal branding di media sosial dapat dilakukan dengan membaca dan membagikan konten positif, menambah wawasan, mengerjakan tugas atau pekerjaan, belajar, bersosialisasi, berjejaring, berwirausaha, serta masih banyak hal positif lainnya.

Selain itu, Bayhaqi menyebutkan penting bagi seseorang yang ingin membangun personal branding untuk membuat portofolio melalui platform digital, contohnya Linkedin, About Me, Kontaak, Devian Art, Behance, dan Kreavi.

Gunakan nama profesional dan nama alias yang mudah diingat dan unik, labeli diri dengan hal dan komentar positif, aktif berkontribusi dalam bentuk tulisan dan karya visual juga dapat menjadi cara membangun personal branding yang baik. 

Pastikan saat melakukan hal tersebut untuk selalu mengedepankan etika. Ade memberi contoh etika bermedia sosial dapat dilakukan dengan cara berikut: 

  • Memahami syarat dan ketentuan membagikan informasi. 
  • Optimasi fitur untuk berpartisipasi dan mengurangi konten negatif
  • Saring sebelum sharing, think before posting, dan verifikasi informasi
  • Pastikan data yang dibagi sudah benar dan pilah lagi data yang akan dibagikan 
  • Hindari plagiasi konten
  • Jangan mendistribusikan produk konten negatif
  • Jangan unggah ulang konten informasi yang tidak terverifikasi

Baca Juga: Pastikan Akses Informasi Hingga ke Pelosok Negeri, Kominfo Luncurkan Kominfo Newsroom

Setelah melakukan semua hal tersebut dari identifikasi, cara, dan menganut etika berinternet, Bayhaqi menyarankan untuk tetap konsisten dan jangan lupa lakukan evaluasi. 

"Personal branding sangat diperlukan dalam meningkatkan kualitas hidup seseorang dan tidak akan berhasil tanpa pengembangan diri karena personal branding sama dengan melakukan pengembangan diri dan komunikasi," pungkas Akhmad. 

Sebagai informasi, Webinar Makin Cakap Digital merupakan salah satu rangkaian kegiatan dalam program Indonesia Makin Cakap Digital yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika RI(Kemenkominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital (GNLD) Siberkreasi.

Adapun informasi lebih lanjut mengenai literasi digital dapat diakses melalui Website literasidigital.id atau akun Instagram @literasidigitalkominfo, Facebook Literasi Digital Kominfo dan Youtube Literasi Digital Kominfo.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: