Kredit Foto: Ajinomoto
Hadir di Indonesia sejak Juli 1969, Grup Ajinomoto Indonesia saat ini terdiri dari 3 perusahaan yakni PT Ajinomoo Indonesia, PT Ajinomoto Sales Indonesia dan PT Ajinex International, terus melakukan inovasi dengan menghadirkan berbagai lini produk. Didukung oleh lebih dari 3500 tenaga ahli dan berpengalaman yang tersebar dari Sabang sampai Merauke, Grup Ajinomoto Indonesia membantu masyarakat menciptakan makanan yang lezat dan bergizi sehingga dapat mendukung penerapan gaya hidup sehat.
Selain produk bumbu masak yang sudah familiar seperti MSG AJI-NO-MOTO, Masako, SAORI, Sajiku, Mayumi, Ajinomoto menghadirkan produk terbarunya: Ajinomoto Terasi Udang Bubuk, Ajinomoto Gyoza, dan aminoVITAL.
Selain produk retail, Ajinomoto juga memiliki produk-produk yang dapat mencukupi kebutuhan industri kuliner, seperti: Dashiplus, Garlicoplus, Meatupplus, Nikuplus, Kaldoplus, Ajinomoto Chicken & Beef Powder serta kebutuhan hotel, restoran, dan katering.
Baca Juga: Sinergi Bidang Inovasi Teknologi Sektor Keuangan untuk Dukung Pertumbuhan Perekonomian Nasional
“Grup Ajinomoto Indonesia yang tergabung sebagai perusahaan afiliasi dari Ajinomoto Global Grup (Ajinomoto Co., Inc) yang bermarkas di Jepang, berpegang pada nilai AjinomotoShared Value (ASV) yang berfokus pada pilar kesehatan, kesejahteraan, sumber daya pangan, dan keberlanjutan global. Lewat slogan global Ajinomoto Eat Well, Live Well, Ajinomoto memiliki tujuan untukterus berupaya memberikan kontribusi besar dalam memperpanjang harapanhidup sehat masyarakat Indonesia, sekaligus melangkah ke arah bisnis berkelanjutan yang ramah lingkungan. Guna mencapai tujuan tersebut, Ajinomoto Indonesia mentransformasikan seluruh karyawannya menjadi Health Provider. Health Provider merupakan inisiatif keberlanjutan terintegrasi dariGrup Ajinomoto Indonesia, meliputi aktivitas yang menunjang kesehatan bagimanusia dan kelestarian lingkungan”, ujar Naoto Minemura - Presiden Direktur PT Ajinomoto Indonesia.
Setelah 55 tahun setia menemani keluarga Indonesia, Ajinomoto selalu berkomitmen menghadirkan produk yang berkualitas dan terjamin halal. Hal ini dibuktikan dengan prestasi Ajinomoto dalam mendapatkan sertifikat halal yang dikeluarkan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) dan LPPOM, serta terus menerapkan Sistem Jaminan Halal (SJH) di semua pabriknya, dan Ajinomoto berhasil mempertahankan sertifikat SJH yang diterbitkan oleh LPPOM.
Bagi Ajinomoto, asupan gizi yang baik merupakan modal penting bagipertumbuhan generasi masa depan. Anak Indonesia membutuhkan giziyang lengkap dan seimbang untuk tumbuh kembang mental serta fisik. Sehingga Indonesia dapat tumbuh menjadi bangsa yang kuat. School Lunch Program (SLP) menjadi salah satu inisiasi Ajinomoto dalammemperbaiki asupan gizi untuk mencegah masalah malnutrisi pada anakusia sekolah. Kami berkolaborasi dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), dan menjalankan program SLP yang kami laksanakan di beberapapesantren. SLP sudah dijalankan sejak tahun 2018. Melalui program tersebut, didapatkan hasil yang positif dengan adanya penurunan angkaanemia santri sebesar 20%, peningkatan asupan gizi 20%, peningkatan pengetahuan gizi sebesar 50%. Tidak berhenti disana, kami juga bekerjasama dengan Dept Gizi Masyarakat IPB dan Kementerian Agama RI untuk menghadirkan buku panduan SLP yang berisikan edukasi gizi, tips pelaksanaan program, dan berbagai aplikasi menu lezat bergizi seimbang, yang mudah diterapkan untuk bekal menjalankan lanjutan program kedepan.
Baca Juga: Terus Berekspansi Pada Skala Global, Pop Mart Siap Buka Gerai Pertama di Indonesia
Tidak hanya peduli anak-anak usia sekolah, Ajinomoto Indonesia juga memperhatikan para lansia melalui Elderly Program. Inisiasi yang pada tahun 2021, dimulai dengan dilakukannya penelitian untuk mengetahuiapakah pemberian program makanan dengan gizi seimbang, tinggi protein, tetapi rendah garam, gula dan lemak namun lezat, dapat memperbaikistatus gizi pada lansia yang berujung pada peningkatan kualitas hidupmereka. Dalam penelitian yang berlokasi di panti werdha area Yogyakarta, Ajinomoto bekerjasama dengan ahli gizi dari salah satu universitas negeri di Yogyakarta. Setelah diberikan intervensi menu makanan bergizi dan rendah garam, terjadi penurunan yang signifikan pada kadar gula darahlansia. Menu rendah garam yang diberikan kepada lansia melalui program tersebut terbukti dapat menurunkan tekanan darah pada lansia, yaitu SBP (Systolic) dan DPB (Diastolic). Hasil baik dari penelitian ini kemudiandijadikan acuan untuk menyebarluaskan Elderly Program kepada pantiwerdha lainnya dan masyarakat.
Ajinomoto Indonesia juga konsisten mengadakan rangkaian kegiatan edukasi dengan topik kesehatan mengenai pemanfaatan umami dalam MSG pada makanan. Umami dalam MSG dapat digunakan sebagaipenyedap rasa untuk meningkatkan rasa makanan, sehingga membantumendorong peningkatan asupan gizi dan juga membantu mengurangi penggunaan garam dalam makanan. Penggunanaan MSG pada makanan dapat mendukung strategi diet rendah garam sehingga membantu mengontrol asupan sodium yang berlebihan yang bisa berisiko bagi kesehatan jantung dan tekanan darah.
Baca Juga: Ekspansi Bisnis, DCT Total Solutions Gandeng Perusahaan Asal China Dirikan Vanjee Indonesia
Peran MSG dalam strategi diet rendah garam juga didukung oleh beberapa jurnal-jurnal ilmiah. Dalam jurnal ilmiah tersebut, disebutkan bahwa pengurangan penggunaan garam dapur dan penambahan sedikit MSG pada masakan bisa menurunkan kadar natrium sebanyak 30 persen, sebab kandungan natrium dalam MSG hanya 1/3 dari kandungan natrium pada garam dapur biasa. Informasi ini Ajinomoto kemas dalam kampanye Bijak Garam. Penerapan Bijak Garam dalam aktivitas memasak harian sangat mudah, cukup dengan mengurangi sebagian penggunaan garam dan menggantinya dengan menambahkan MSG.
Guna menjangkau masyarakat yang lebih luas, Ajinomoto Health Provider mengadakan Gembira (Gerakan Masak Bergizi Bersama Ajinomoto Health Provider), sebuah kegiatan edukasi terkait penerapan konsep gizi seimbang dan Bijak Garam yang disertai praktik memasak, sehingga lebih dekat dengan keseharian target peserta yaitu ibu-ibu PKK.
Hingga saat ini, Gembira yang sudah diadakan sejak 2022 sudah dilaksanakan di 20kota dan dihadiri oleh lebih dari 5.900 ibu-ibu kader PKK.
Selain beragam edukasi maupun program-program tersebut, Ajinomoto Indonesia juga melakukan inovasi dalam menciptakan produk yang menunjang masyarakat dalam menerapkan gaya hidup sehat. Contohnya produk terbaru kami dari Brand Sajiku yang berinovasi menciptakan varian Sajiku Tepung Bumbu Menyerap Minyak Lebih Sedikit yang menjadi solusi bagi masyarakat dalam membuat menu gorengan tanpa khawatir akan konsumsi minyak berlebih. Kemudian kami juga berinovasi menciptakan varian Masako Light yang memiliki kadar natrium (garam) yang lebih sedikit, sehingga dapat membantu masyarakat dalam mengontrol asupan garam.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait:
Advertisement