Kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia Tingkatkan Pendapatan UMKM hingga 95%
Kolaborasi Tokopedia dan ShopTokopedia selama satu tahun terakhir mencatat pencapaian signifikan dalam mendukung pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Berdasarkan riset Tempo Data Science (2024), sinergi kedua platform berhasil meningkatkan pendapatan UMKM hingga 95%. Kampanye “Beli Lokal” yang diluncurkan pada Desember 2023 menjadi salah satu motor utama untuk memberdayakan usaha lokal melalui pemanfaatan teknologi digital.
Menteri Perdagangan RI, Dr. Budi Santoso, menyoroti pertumbuhan positif transaksi e-commerce di Indonesia. “Pada 2023, transaksi e-commerce mencapai Rp453 triliun, dan angka ini diproyeksikan naik menjadi Rp487 triliun pada 2024 dengan jumlah pengguna mencapai 65,65 juta, naik 11% dibandingkan tahun lalu. Kampanye seperti ‘Beli Lokal’ adalah contoh konkret bagaimana kolaborasi dapat mendukung pelaku usaha lokal berkembang dan meningkatkan daya saing,” ujar Budi.
Presiden Direktur Tokopedia dan TikTok E-commerce, Melissa Siska Juminto, mengungkapkan bahwa kampanye “Beli Lokal” telah menjadi wadah strategis untuk menampilkan karya terbaik dari brand lokal Indonesia. “Kolaborasi ini membantu pelaku usaha, termasuk UMKM, untuk meningkatkan penjualan hingga 118% sepanjang 2024,” jelas Melissa.
Baca Juga: Tokopedia dan ShopTokopedia Dongkrak Penjualan UMKM dengan Live Streaming!
Sebagai bagian dari perayaan satu tahun kampanye, Tokopedia dan ShopTokopedia menyelenggarakan “Beli Lokal Challenge” dengan hadiah total Rp360 juta, serta live streaming selama 12 hari yang melibatkan 12 pelaku usaha dari berbagai kategori. Program ini tidak hanya meningkatkan penjualan, tetapi juga memperkuat brand lokal di pasar domestik.
Inisiatif lainnya, seperti program #SatuDalamKopi, juga berkontribusi dalam mendukung petani kopi lokal. Tokopedia dan ShopTokopedia bekerja sama dengan Arutala Coffee meluncurkan biji kopi hasil kolaborasi dengan petani kopi Lahat, Sumatra Selatan, sekaligus melanjutkan pelatihan pascapanen kepada lebih dari 1.000 petani kopi.
Baca Juga: Tokopedia Dorong Generasi Muda dan UMKM untuk Bangun Bisnis Digital, Demi Perkuat Ekonomi Nasional
Melissa juga menyoroti keberhasilan kampanye “Promo Guncang” yang mampu meningkatkan pendapatan UMKM hingga 115% dan penjualan produk UMKM sebesar 70%. Fitur live shopping yang dikembangkan ShopTokopedia bahkan meningkatkan nilai transaksi hingga 26 kali lipat pada puncak promo 11.11 tahun ini.
“Melalui fitur live shopping dan kolaborasi dengan kreator konten, pelaku usaha dapat memaksimalkan potensi penjualan. Ada lebih dari 8 juta kreator yang mendapatkan penghasilan dari ShopTokopedia,” tambah Melissa.
Dengan berbagai inisiatif strategis ini, Tokopedia dan ShopTokopedia membuktikan komitmennya dalam memberdayakan UMKM di Indonesia, sekaligus memperkuat ekosistem e-commerce lokal sebagai motor penggerak ekonomi nasional.
Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.
Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Annisa Nurfitri
Tag Terkait:
Advertisement