Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Praktis dan Nyaman, Bank Digital Disukai Milenial dan Gen Z

Praktis dan Nyaman, Bank Digital Disukai Milenial dan Gen Z Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Keberadaan bank digital semakin diminati terutama dalam kemudahan pengalaman pengguna yang lebih ringkas, ramah, nyaman dengan kendali berada di dalam genggaman nasabah. Hal tersebut terungkap dari hasil riset terbaru mengenai studi perilaku & kepuasan konsumen terhadap Bank Digital di Indonesia yang dirilis Ipsos, salah satu perusahaan riset pasar  di dunia.

Data tersebut dilakukan melalui metode online. Ipsos melibatkan 300 responden dari berbagai wilayah di Indonesia. Executive Director Ipsos Indonesia, Andi Sukma, mengungkapkan survei ini dilakukan untuk memahami aspirasi dan kebutuhan masyarakat terhadap produk bank digital.

Ia menyatakan bahwa pentingnya aspek keamanan, kemudahan dan kepercayaan terhadap produk bank digital dalam rangka menciptakan pengalaman dan kepuasan pelanggan. “Studi ini diharapkan bisa memberi pemahaman bagaimana persepsi masyarakat Indonesia terhadap bank digital, terutama dari sisi customer experience,” ucap dia.

Baca Juga: Bank Digital Dituntut Lebih Adaptif di 2025, Begini Strategi Krom Bank

Ia berharap, hasil riset ini dapat digunakan oleh para pelaku industri bank digital untuk terus meningkatkan kinerja, guna memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap layanan perbankan digital. Pada akhirnya, upaya ini dapat berkontribusi terhadap pertumbuhan di sektor keuangan digital Indonesia. 

Dari survei ini, Ipsos menemukan tiga hal yang paling sering dilakukan oleh masyarakat ketika menggunakan produk bank digital, yaitu top-up e-wallet (76%), pembayaran QRIS (71%), dan kemudahan transfer antar-bank (70%).

SeaBank dinilai unggul sebagai bank digital yang memiliki reputasi baik dan terpercaya (59%), disusul oleh Bank Jago (26%), dan Bank Neo (22%). Survey ini juga menunjukan bahwa popularitas bank digital di Indonesia lebih disukai oleh kalangan anak muda, terutama Gen Z dan Milenial yang aktif menggunakan layanan keuangan digital. 

Baca Juga: Bank DKI Luncurkan QRIS Tap NFC! Begini Cara Pakainya

Hasil survei mengungkapkan bahwa lebih dari 50% responden berusia 25-44 tahun memilih SeaBank sebagai bank digital favorit mereka. Disusul Bank Jago menempati posisi kedua dengan 32%, kemudian Bank Neo yang dipilih oleh 28% responden dari kelompok usia yang sama. 

Selain aspek kepercayaan dan keamanan, masyarakat kini semakin memanfaatkan bank digital untuk keperluan bisnis dan usahanya, terutama untuk skala mikro dan menengah.

Dalam kategori ini, SeaBank kembali menempati posisi teratas dengan 47% responden, diikuti Bank Jago (38%) dan Bank Neo (20%). Persepsi masyarakat di kalangan Gen Z dan Milenial terhadap SeaBank dinilai baik dalam mendukung aktivitas bisnis mereka.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Belinda Safitri

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: