Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Suksesnya Irene Ursula Membangun Somethinc hingga Masuk Fortune Indonesia 40 Under 40

Suksesnya Irene Ursula Membangun Somethinc hingga Masuk Fortune Indonesia 40 Under 40 Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

Industri kecantikan di Indonesia terus mengalami transformasi besar. Meskipun produk skincare dari Korea Selatan dan Jepang membanjiri pasar, merek lokal seperti Somethinc juga mampu tampil menonjol dan membuktikan bahwa kualitas dalam negeri tak kalah bersaing. 

Di balik kesuksesan Somethinc, ada sosok inspiratif bernama Irene Ursula, seorang pengusaha asal Tangerang yang telah menorehkan prestasi luar biasa di usia muda.

Irene Ursula, kelahiran 1988, adalah lulusan Akuntansi dari Universitas Pelita Harapan (UPH). Tak hanya fokus pada dunia akademik, Irene juga memperdalam bahasa dan budaya Tiongkok di Huaqiao University. Namun, minat sejatinya sudah tertanam sejak kecil, yakni di dunia kecantikan.

Pada tahun 2013, Irene mendirikan BeautyHaul, sebuah platform e-commerce yang menyediakan produk kecantikan impor. Melalui BeautyHaul, Irene menyadari bahwa masyarakat Indonesia memiliki antusiasme tinggi terhadap produk berkualitas, meskipun harus merogoh kocek lebih dalam. Di sinilah Irene mulai melihat adanya celah dan potensi dalam menciptakan produk lokal berkualitas dengan harga yang lebih terjangkau.

Melihat kesenjangan tersebut, pada Mei 2019, Irene meluncurkan Somethinc di bawah naungan BeautyHaul Group. Berbekal pengalaman mengelola e-commerce dan memahami kebutuhan konsumen, Irene menciptakan lini produk skincare yang lengkap dan inovatif. Mulai dari facial wash, toner, essence, moisturizer, hingga produk-produk pelengkap seperti sunscreen, eye cream, lip serum, hingga sleeping mask.

Tak berhenti di skincare, Somethinc juga merambah ke dunia makeup dengan produk seperti cushion, mascara, lipstik tahan transfer, eyeshadow, powder blush, highlighter, hingga eyeliner dan setting spray. Produk-produknya bukan hanya digandrungi karena kualitasnya, tapi juga karena kemasannya yang menarik dan strategi kolaborasi unik, misalnya dengan Tahilalats dan Crayon Shinchan.

Salah satu kunci keberhasilan Somethinc adalah filosofi yang diusung Irene: "We will always have Somethinc for you." Ia percaya bahwa setiap orang memiliki kebutuhan kulit yang berbeda-beda. Karena itu, produknya dirancang untuk menjawab berbagai permasalahan kulit secara spesifik.

Baca Juga: Mengenal Alexander Stefanus Ridwan Suhendra, Sosok Visioner di Balik Suksesnya Pakuwon Jati

Somethinc juga tidak berhenti berinovasi. Brand ini merilis dua sister brand baru: Amaterasun, yang fokus pada produk tabir surya, serta HINT, brand parfum dengan teknologi efek psikologis. Selain itu, Irene mendirikan Somethinc Aesthetic Clinic dengan tenaga medis yang dilatih langsung oleh dokter kecantikan dari Korea Selatan.

Meski terbilang muda di industri, Somethinc telah meraih berbagai penghargaan prestisius. Beberapa di antaranya adalah "Local Brand of The Year" oleh Female Daily Awards (2021), "Brand Choice for Health & Beauty" (2023), hingga "TikTok Best Performance Campaign" dan "Beautyhaul Awards" pada 2024. Pada tahun 2022, Somethinc bahkan berhasil menggandeng aktris Korea Selatan, Han So Hee, sebagai brand ambassador.

Baca Juga: Mengenal Maximilian Bittner, Sosok yang Sukses Membangun Lazada

Tak heran jika Irene Ursula masuk dalam daftar Fortune Indonesia 40 Under 40 pada tahun 2025, sebuah pengakuan atas kontribusinya yang luar biasa dalam mengangkat pamor brand lokal ke tingkat nasional, bahkan internasional.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: