Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Kemenpar-Agoda Ambil Langkah Nyata Dukung Tourism 5.0 Indonesia

Kemenpar-Agoda Ambil Langkah Nyata Dukung Tourism 5.0 Indonesia Kredit Foto: Agoda
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Pariwisata (Kemenpar) bersama Agoda, salah satu platform perjalanan digital terkemuka dengan meluncurkan “Agoda Digital Tourism Academy” di Politeknik Pariwisata NHI Bandung, Rabu (7/5/2025).

Program tersebut merupakan upaya mendukung pertumbuhan pariwisata tanah air dengan langkah nyata dalam mendukung visi Tourism 5.0 Indonesia. Yakni sebuah inisiatif strategis pemerintah untuk mempercepat transformasi digital sektor pariwisata melalui pemanfaatan teknologi cerdas, data, dan inovasi.

Baca Juga: Menteri Ekraf Yakin Prancis Mitra Strategis RI Kembangkan Ekonomi Kreatif

“Kami sangat senang dapat memperluas kemitraan dengan Agoda. Kerja sama ini tidak hanya memperkuat posisi Indonesia sebagai destinasi pariwisata yang dinamis dan berkelanjutan, tetapi juga membantu mempersiapkan tenaga kerja sektor pariwisata dalam menghadapi masa depan, melalui inisiatif seperti Agoda Digital Tourism Academy,” kata Sekretaris Kementerian Pariwisata, Bayu Aji, dikutip dari siaran pers Kemenpar, Selasa (13/5).

Hal senada disampaikan Staf Ahli Bidang Transformasi Digital Dan Inovasi Pariwisata Kementerian Pariwisata, Masruroh, yang mengatakan kerja sama ini diharapkan mempercepat penguatan kapasitas tenaga kerja pariwisata masa depan.

Peluncuran Agoda Digital Tourism Academy juga menjadi penanda bahwa Kementerian Pariwisata dan Agoda secara resmi telah memperpanjang nota kesepahaman (MoU). 

Selama tiga tahun ke depan, kolaborasi ini akan mencakup sejumlah inisiatif strategis, seperti kampanye pemasaran terarah, promosi pariwisata berkelanjutan, serta peningkatan kapasitas digital mahasiswa vokasi di bidang pariwisata. Salah satunya melalui Agoda Digital Tourism Academy.

Agoda Digital Tourism Academy akan menjadi program berkelanjutan yang dirancang untuk menjangkau institusi pendidikan vokasi lainnya di berbagai daerah di Indonesia, sejalan dengan komitmen bersama menciptakan ekosistem pariwisata yang cerdas, inklusif, dan berkelanjutan.

Senior Country Director Agoda Indonesia, Gede Gunawan, menyampaikan bahwa pihaknya sangat antusias memperdalam kemitraan dengan Kementerian Pariwisata, tidak hanya dalam aspek pemasaran, tetapi juga dalam pengembangan SDM pariwisata Indonesia. 

“Melalui akademi ini, kami berharap dapat menginspirasi dan membekali generasi muda agar siap bersaing di era digital,” kata Gede.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

Advertisement

Bagikan Artikel: