Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Beri Layanan Unggul, PLN 123 Contact Center Raih 8 Penghargaan Emas di GCCWA 2025 Asia Pasifik

Beri Layanan Unggul, PLN 123 Contact Center Raih 8 Penghargaan Emas di GCCWA 2025 Asia Pasifik Kredit Foto: Istimewa
Warta Ekonomi, Jakarta -

PLN 123 Contact Center (CC) kembali menunjukkan keunggulannya di tingkat internasional dengan meraih delapan penghargaan bergengsi sebagai Gold Winner dalam Global Contact Center World Awards (GCCWA) 2025 regional Asia Pasifik.

Prestasi ini mengalahkan kompetitor dari berbagai negara, termasuk China, India, Australia, Selandia Baru, Malaysia, Vietnam, dan Indonesia.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengungkapkan bahwa pencapaian ini merupakan bukti nyata kesuksesan transformasi layanan pelanggan PLN. Menurutnya, fokus pada kepuasan pelanggan (customer focused) menjadi landasan utama dalam memberikan pelayanan terbaik.

“Pencapaian ini menjadi bukti nyata bahwa transformasi layanan yang kami jalankan berjalan di jalur yang tepat. Kami terus berinovasi agar layanan PLN 123 tidak hanya cepat dan responsif, tapi juga adaptif terhadap kebutuhan pelanggan," ujar Darmawan.

Sementara itu, Direktur Retail dan Niaga PLN, Adi Priyanto menambahkan, pencapaian ini tidak lepas dari kerja keras tim CC PLN 123 dalam mengembangkan layanan berbasis teknologi digital dan keberlanjutan. CC PLN 123 dinilai berhasil mengintegrasikan pendekatan layanan berbasis kanal digital dengan green contact center, dan strategi pelayanan yang proaktif.

Baca Juga: PLN Indonesia Power Mantapkan Diri Jadi Penggerak Transisi Energi Nasional

"Ini bukan hanya kemenangan PLN, tapi kemenangan seluruh pelanggan kami di Indonesia. Karena semua inovasi dan perbaikan yang kami lakukan bertujuan untuk memberikan pengalaman terbaik kepada para pelanggan,” tegasnya.

Saat ini, CC PLN 123 melayani pelanggan 24 jam penuh melalui berbagai kanal, seperti telepon 123, aplikasi PLN Mobile, media sosial, hingga layanan daring lainnya. Dengan dukungan teknologi dan tim yang adaptif, PLN siap menjawab setiap tantangan dan terus meningkatkan standar layanan.

"Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kepuasan dan kepercayaan seluruh pelanggan. Ke depan, kami akan terus memperkuat sinergi dan memperluas inovasi layanan untuk menjawab kebutuhan pelanggan yang semakin dinamis," ucap Adi.

Dengan hasil ini, CC PLN 123 dipastikan melaju ke ajang tingkat dunia Global Top Ranking Performers in the Contact Center World yang akan digelar pada Oktober 2025 mendatang. Hal ini sekaligus memperkuat posisi PLN sebagai perusahaan energi modern dengan kualitas layanan kelas dunia.

GCCWA 2025 yang berlangsung di Bali pada 25 Juli lalu melibatkan 18 perusahaan dari 7 negara. Dalam ajang tersebut, CC PLN 123 mengungguli para kompetitor di berbagai kategori, termasuk Best Contact Center, Best Public Service, Best Customer Services, hingga Best Digital Transformation.

Ajang GCCWA sendiri diakui sebagai salah satu penghargaan tertinggi di industri contact center global. Tahun 2025 menandai tahun kelima PLN berpartisipasi dalam kompetisi ini dan capaian tersebut menjadi bukti dedikasi serta profesionalisme tim CC PLN 123 di kancah internasional.

Baca Juga: Danantara Fasilitasi Kerja Sama Strategis PGEO dan PLN dalam Pengembangan Panas Bumi

Adapun berikut 8 penghargaan Gold Winner yang diraih CC PLN 123 dalam ajang GCCWA 2025:

1. Best Public Service (Maria Margaretha)

2. Best Social Media (Pradana Prastyo Budi Wibowo)

3. Best Digital Transformation (Putri Indah Sukmawati)

4. Best Contact Center (Putri Indah Sukmawati)

5. Best Customer Services (Verdiana Indah Pratama)

6. Best Sales Campaign (Maria Margaretha)

7. Best Green Contact Center (Pradana Prastyo Budi Wibowo)

8. Best Outbound Campaign (Verdiana Indah Pratama)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Amry Nur Hidayat

Advertisement

Bagikan Artikel: