Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

RI Perkuat Posisi pada Sektor Modest Fashion dan Kosmetik Halal di Pasar Global

RI Perkuat Posisi pada Sektor Modest Fashion dan Kosmetik Halal di Pasar Global Kredit Foto: Ist
Warta Ekonomi, Jakarta -

Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) menyelenggarakan kegiatan jejaring bisnis (business networking) untuk mendorong ekspor produk unggulan Indonesia di sektor modest fashion dan kosmetik halal.

Kegiatan tersebut bertujuan menghubungkan pelaku usaha Indonesia dengan calon mitra internasional yang diwakili oleh perwakilan kedutaan besar dari negara mitra.

Baca Juga: Investasi PLTS Atap, RS Primaya Hospital Gandeng Xurya Daya Indonesia

Pertemuan ini digelar pada Kamis, (6/11), di sela-sela penyelenggaraan Jakarta Muslim Fashion  Week (JMFW) 2026, yang berlangsung pada 6–9 November 2025 di Kartika Expo Center, Balai Kartini, Jakarta. 

Kegiatan ini menghadirkan enam pelaku usaha asal Indonesia, meliputi Melova Sportswear, Intresse, AM by Anggiasari, Pan Brothers, VAIA, dan ParagonCorp serta perwakilan kedutaan empat negara yaitu Pakistan, Iran, Perancis, Nigeria, dan perwakilan Japan External Trade Organization (Jetro). 

“Sesi jejaring bisnis ini merupakan langkah nyata dalam memperkuat posisi Indonesia di pasar global. Melalui kegiatan ini, para eksportir memiliki peluang untuk memamerkan produk unggulan,  memperluas jaringan, dan menjajaki potensi transaksi yang kami harap akan memperkuat kinerja ekspor Indonesia,” ujar Mendag Busan pada kesempatan terpisah, dikutip dari siaran pers Kemendag, Selasa (11/11).

Ragam produk unggulan yang menjadi fokus utama dalam kegiatan ini, meliputi modest fashion, garmen, aksesori, alas kaki dan kosmetik halal.  

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Fajarini Puntodewi menyampaikan, kolaborasi  antara pemerintah, pelaku usaha, dan mitra internasional sangat penting untuk memperkuat daya  saing produk kreatif Indonesia di pasar global. 

“Kegiatan ini menjadi wadah strategis bagi para pelaku usaha Indonesia untuk memperluas pasar,  terutama di sektor modest fashion dan kosmetik halal yang memiliki potensi besar di dunia. Kemendag akan terus memfasilitasi kegiatan seperti ini agar produk kreatif Indonesia semakin dikenal dan diminati di pasar global,” ujar Puntodewi.

Direktur Pengembangan Produk Ekspor Jasa dan Kreatif Ari Satria saat membuka kegiatan jejaring bisnis ini menyampaikan harapannya agar kegiatan ini tidak hanya mendorong peningkatan transaksi, tetapi juga memperkuat kepercayaan pembeli internasional terhadap kualitas produk Indonesia. 

“Saya sangat berharap kegiatan ini tidak hanya membuka pintu transaksi bisnis, tetapi juga  memperkuat kepercayaan pembeli internasional terhadap kualitas produk Indonesia,” ungkap Ari.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ulya Hajar Dzakiah Yahya
Editor: Ulya Hajar Dzakiah Yahya

Advertisement

Bagikan Artikel: