Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Global Connections
Sport & Lifestyle
Kabar Sawit
Video
Indeks
About Us
Social Media

Integritas dan Kreativitas Jadi Fokus Citra Pariwara Tahun Ini

Integritas dan Kreativitas Jadi Fokus Citra Pariwara Tahun Ini Kredit Foto: Kemenparekraf
Warta Ekonomi, Jakarta -

Menteri Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif (Ekraf) Teuku Riefky Harsya menegaskan bahwa Citra Pariwara berperan penting dalam menjaga integritas dan kualitas industri periklanan Indonesia di tengah percepatan perubahan teknologi. Pernyataan itu disampaikan dalam malam puncak Anugerah Citra Pariwara ke-38 yang digelar Persatuan Perusahaan Periklanan Indonesia (P3I) di Bengkel Space, SCBD, Jakarta, Jumat malam.

“Selama puluhan tahun acara ini menjadi barometer yang menjaga kualitas industri periklanan. Konsistensi Citra Pariwara dalam menghadirkan festival yang berintegritas di tengah dinamika industri yang berubah sangat cepat adalah sebuah prestasi tersendiri. Kami atas nama kementerian mengucapkan terima kasih telah menjaga agar kreativitas ini tetap menyala,” ujar Menteri Riefky dalam keterangannya, dikutip Minggu (14/12/2025).

Baca Juga: Bukan Sekadar Adu Gengsi, Street Wars One Decade Prostreet Jadi Mesin Baru Ekonomi Kreatif Otomotif Nasional

Citra Pariwara 2025 mengusung tema Million Hits Wonder, yang menurut Menteri Ekraf mencerminkan optimisme bahwa setiap karya kreatif memiliki potensi menjadi fenomena, sekaligus menunjukkan kemampuan industri periklanan beradaptasi dengan era digital. Menteri Riefky menekankan bahwa ajang ini merupakan tolok ukur kualitas dan integritas kreativitas nasional.

Dukungan Kementerian Ekraf melalui Direktorat Periklanan dinilai sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam memperkuat ekosistem industri kreatif. Kehadiran pemerintah diharapkan mendorong kolaborasi yang lebih erat antara asosiasi, pelaku industri, dan akademisi. Ketua Umum P3I, Janoe Arijanto, menyampaikan apresiasi terhadap dukungan ini.

“Kami sangat berterima kasih dengan adanya direktorat khusus periklanan dari Kementerian Ekraf. Dengan begitu kami bisa mendapat dukungan agar periklanan Indonesia bisa lebih maju secara kualitas dan juga secara ekonomi kreatif memberikan dampak positif bagi perekonomian negara,” kata Janoe dalam sesi jumpa media.

Penyelenggaraan tahun ini menghadirkan 18 kategori penghargaan, mulai dari Print, Audio, Film, Digital Technology, hingga Citra Pariwara for Good dan People’s Award. Predikat Agency of The Year diraih Dentsu Creative, dengan Menteri Riefky menyerahkan langsung piala penghargaan kepada tim pemenang.

Menteri Ekraf menyoroti peran generasi muda dalam industri kreatif, menekankan pentingnya dukungan lintas sektor agar talenta baru dapat terus berinovasi dan bersaing di kancah global. Turut mendampingi Menteri Ekraf dalam acara tersebut Deputi Bidang Kreativitas Media Agustini Rahayu dan Direktur Periklanan Selliane Halia Ishak.

Baca Juga: Kementerian Ekraf Perkuat Jaringan Industri Kreatif ke Internasional Lewat JAFF Market 2025

Dengan terselenggaranya Citra Pariwara 2025, pemerintah berharap industri periklanan Indonesia tidak hanya mempertahankan standar integritas, tetapi juga mampu menghasilkan karya inovatif yang berdampak positif bagi perekonomian kreatif nasional.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Uswah Hasanah
Editor: Aldi Ginastiar

Advertisement

Bagikan Artikel: