Market Indices

Analisis Dampak Kenaikan BBM

Rubrik Ekonomi Bisnis

05 Mei 2013 08:00:00 WIB

WE.CO.ID 

Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi tahun ini diperkirakan akan berkontribusi pada melonjaknya angka inflasi sehingga mengoreksi pertumbuhan ekonomi yang pada gilirannya akan mempengaruhi kinerja industri perbankan.

Asisten Deputi Gubernur BI Mulya Effendi Siregar menjelaskan kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi akan menaikkan inflasi sehingga menaikkan biaya produksi sektor usaha (risiko kredit meningkat).

"Kenaikan harga BBM membuat risiko kredit meningkat, bank akan lebih berhati-hati melepas kredit," kata Mulya Effendi Siregar.

Mulya menjelaskan secara umum kenaikan harga BBM bersubsidi akan menambah beban biaya para debitur (peminjam kredit) bank.

Dengan bertambahnya beban biaya tersebut, menurut Mulya, kemampuan debitur dalam melunasi utang kepada bank akan semakin mengecil.

"Seumpamanya debitur itu pengusaha tempe, dengan kenaikan BBM ongkos-ongkos dia untuk beli ini itu, pergi ke mana, akan naik. Sehingga keuntungan dia jadi mengecil, dan kemampuan untuk melunasi utang menjadi lebih kecil, bank harus berhati-hati melepas kredit," kata dia.

Menurut Mulya, dengan kondisi ekonomi global yang masih bergejolak saja, pertumbuhan kredit, dana pihak ketiga (DPK) dan kredit bermasalah ("non performing loan"/NPL) pada 2013 telah mengalami revisi.

Dengan gejolak krisis global yang belum pulih pertumbuhan kredit perbankan diproyeksikan berada di kisaran 21,7-23,6 persen pada akhir tahun ini, dari proyeksi sebelumnya di kisaran 22,5-24,3 persen.

Di sisi lain DPK diproyeksikan sebesar 17-17,9 persen dari sebelumnya 17,5-18,5 persen, dan NPL diperkirakan meningkat pada kisaran 1,6-2,1 persen dari proyeksi sebelumnya 1,5-2 persen.

Biaya perbankan meningkat Ketua Umum Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional (Perbanas) Sigit Pramono mengatakan rencana kenaikan harga BBM bersubsidi otomatis juga akan menaikkan inflasi, sehingga berdampak pada meningkatnya biaya perbankan.

"Secara jangka pendek pasti akan meningkatkan inflasi. Dan dampaknya pada meningkatnya biaya perbankan," kata Sigit.

Dia mengatakan belum menghitung secara pasti berapa kenaikan biaya perbankan yang akan disebabkan dari kenaikan harga BBM bersubsidi. Termasuk terkait kemungkinan adanya koreksi terhadap penyaluran kredit dan rasio kredit bermasalah perbankan.

"Kami tidak memiliki kemampuan menghitung berapa tingkat inflasi yang disebabkan kenaikan harga BBM. Sehingga kami juga belum sampai ke tahap perhitungan adanya koreksi terhadap penyaluran kredit maupun NPL perbankan," ujar dia.

Meskipun kenaikan harga BBM bersubsidi akan berkontribusi pada inflasi, namun Sigit mengaku optimistis dampaknya secara jangka panjang akan baik bagi perekonomian nasional termasuk sektor keuangan.

"Kebijakan kenaikan harga BBM ini dampaknya secara jangka panjang akan baik. Ini dapat mengurangi beban subsidi pemerintah di sektor energi," ucapnya.

Menurut kepala ekonom PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Ryan Kiryanto, kenaikan harga BBM Rp500 per liter akan meningkatkan inflasi 0,7 persen. Kenaikan inflasi akan diikuti dengan kenaikan suku bunga acuan (BI Rate) yang pada gilirannya akan direspon perbankan dengan kenaikan suku bunga dana (kenaikkan biaya bank).

"Kalau inflasi naik, maka BI Rate kemungkinan akan naik. Kalau sudah begitu nasabah perbankan akan meminta suku bunga simpanan naik juga, dan bank harus menaikkan suku bunga simpanan untuk mencegah nasabah menarik dananya," ujar Ryan.

Dia mengatakan dengan menaikkan suku bunga simpanan, bank harus berpikir ulang melakukan stabilisasi pengeluaran dan pendapatan. Sehingga bank akan ikut menaikkan suku bunga kredit untuk menjawab kenaikan suku bunga simpanan.

"Kalau suku bunga simpanan naik, maka otomatis suku bunga kredit harus naik juga agar stabil," kata dia.

Ryan mengatakan jika harga BBM naik dari Rp4.500 menjadi Rp6.000-Rp6.500, maka kontribusinya terhadap inflasi diperkirakan sebesar dua persen. Sehingga target inflasi 2013 yang ditargetkan sebesar 4,5 persen plus minus satu persen diperkirakan akan melonjak menjadi 5,5 persen hingga 6,5 persen.

"Dengan tingkat inflasi sedemikian lebih tinggi dari target, membuat daya beli masyarakat merosot tajam, daya beli buruh mungkin dapat terpangkas hingga 30 persen," ujar dia.

Meskipun kenaikan harga BBM diprediksikan menambah inflasi dua persen, namun dia menekankan bahwa kenaikan suku bunga kredit perbankan tidak akan serta merta mengikuti besaran kenaikan inflasi.

"Kenaikan suku bunga kredit tidak mesti mengikuti kenaikan inflasi sebesar dua persen. Perbankan itu menaikkan kredit hanya untuk stabilisasi atas biaya bunga simpanan yang meningkat," kata dia.

Lebih jauh Ryan mengatakan berdasarkan data yang dihimpun, meskipun kenaikan harga BBM bersubsidi naik, pertumbuhan ekonomi diproyeksikan tetap berada di atas enam persen.

Menurut dia pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi 6,3-6,8 persen, Bank Dunia 6,2 persen, Bank Pembangunan Asia (ADB) 6,4 persen, dan konsensus ekonom diperkirakan 6,0-6,4 persen.

"BNI sendiri memperkirakan pertumbuhan ekonomi berada di kisaran 6,1-6,4 persen, namun analisis ini belum final, baru perkiraan awal," kata dia.

APBN harus sehat Pemerintah menyatakan kenaikan harga BBM bersubsidi diperlukan untuk menyehatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara serta meminimalkan jebolnya anggaran subsidi.

Pemerintah dalam APBN 2013 memberikan pagu belanja subsidi energi sebesar Rp274,7 triliun dengan perincian subsidi listrik Rp80,9 triliun dan subsidi BBM Rp193,8 triliun dengan volume sebesar 46 juta kiloliter.

Kuota volume BBM bersubsidi diprediksi dapat mencapai 53 juta kiloliter dan mengganggu fiskal, apabila tidak ada kebijakan yang memadai untuk mengendalikan konsumsi BBM, yang jumlahnya semakin meningkat setiap tahun.

Sempat bergulir sejumlah opsi pengendalian BBM dari pemerintah antara lain membatasi konsumsi BBM bersubsidi bagi mobil pribadi, kenaikan harga BBM bersubsidi sekaligus penyediaan BBM jenis baru seharga Rp7.000 per liter, kenaikan BBM Rp6.500-Rp7.000 per liter hanya bagi mobil pribadi, dan kenaikan BBM secara merata dengan kisaran harga di bawah Rp6.500 per liter.

Pemerintah sempat mengisyaratkan kecenderungannya mengambil kebijakan kenaikan BBM dengan harga di bawah Rp6.500 per liter yang berlaku bagi seluruh kendaraan sekaligus memberikan kompensasi kepada masyarakat miskin atas kenaikan harga tersebut.

Menurut Anggota Komisi XI DPR RI Maruarar Sirait, upaya menyehatkan APBN tidak harus dengan menaikkan harga BBM. Menurut dia masih ada opsi lain seperti meningkatkan efisiensi perjalanan dinas kementerian/lembaga (K/L) dan meningkatkan bea masuk sektor pertambangan.

"Sebaiknya harga BBM tidak naik. Masih ada cara lain untuk menghemat anggaran negara misalnya dengan meningkatkan efisiensi perjalanan dinas kementerian/lembaga dan bea masuk sektor pertambangan seperti batu bara," kata Maruarar.

Politisi PDIP itu mengatakan apabila pemerintah memperkitakan anggaran negara akan jebol sebesar Rp30 triliun tanpa kebijakan pengendalian BBM bersubsidi. Maka dengan melakukan peningkatan bea masuk sektor pertambangan batu bara, menurut dia potensi pendapatan negara bisa mencapai Rp48 triliun.

"Harus ada langkah instrumen fiskal untuk meningkatkan penerimaan negara. Peningkatan bea masuk dan efisiensi perjalanan dinas kementerian/lembaga itu bisa menutupi jebolnya anggaran akibat BBM, apalagi menurut audit Badan Pemeriksa Keuangan memang ada pemborosan di sektor itu," kata dia.

Kepala Ekonom Bni Ryan Kiryanto menambahkan, apabila upaya penyehatan APBN ditempuh dengan menaikkan harga BBM bersubsidi, maka pemerintah harus mewaspadai beberapa hal, antara lain, waktu kenaikan harga BBM yang harus tepat, mendorong pertumbuhan ekonomi dari sisi infrastruktur dan memperhatikan kepentingan masyarakat ekonomi bawah.

"Suka atau tidak suka, cepat atau lambat pemerintah harus berusaha semaksimal mungkin menyehatkan APBN. Tidak ada satu pun kebijakan yang bisa memuaskan banyak pihak," ujar dia.

Ryan mengatakan di sisi waktu, pemerintah harus menaikkan harga BBM bersubsidi pada bulan Mei di mana pada bulan ini tingkat inflasi masih tergolong rendah.

"Jika kenaikan setelah Mei, dampak kepada inflasi akan lebih berat serta penghematan akan kurang maksimal," kata dia.

Sementara itu pemerintah juga diminta mempercepat penyerapan anggaran belanja. Tujuannya agar ketika harga BBM naik pemerintah bisa membangun infrastruktur untuk mempermudah pelaku usaha menjalankan bisnis yang pada gilirannya akan mendorong perekonomian.

Pemerintah menurut dia, juga perlu memberikan perhatian kepada masyarakat ekonomi bawah. Salah satunya bisa dengan mengkomunikasikan kenaikan BBM bersubsidi dari sudut pandang masyarakat ekonomi bawah, sehingga masyarakat bisa mengerti pentingnya kenaikan harga BBM bersubsidi bagi APBN dan fiskal. (Antara)


Foto: SY

Penulis/Editor: Ihsan

Berita Terkini

Senin, 08/02/2016 18:49 WIB

Jokowi Siap Hadiri Puncak Acara HPN 2016

Senin, 08/02/2016 18:32 WIB

Tradisi Minum Teh Hiasi Hari Imlek di Medan

Senin, 08/02/2016 18:17 WIB

Citilink Siap Jajaki Rute Jakarta-Lombok

Senin, 08/02/2016 18:11 WIB

Imlek, Harga Emas Antam Naik di Medan

Senin, 08/02/2016 17:54 WIB

Imlek, Penumpang KA Naik 15 Persen

Senin, 08/02/2016 17:42 WIB

Liburan Imlek, Pantai Akkarena Kebanjiran Pengunjung

Senin, 08/02/2016 17:09 WIB

DPD: Banyak Masalah di BUMN dan BUMD

Senin, 08/02/2016 16:54 WIB

Network RSM Indonesia Semakin Perkuat Posisi Global

Kabar EkBis

08 Februari 2016 - Properti

2016, Sektor Perumahan Diprediksi Tumbuh

08 Februari 2016 - Ekonomi Bisnis

Nilai Impor Bali Anjlok 62,43 Persen

08 Februari 2016 - Ekonomi Bisnis

Liburan Imlek, Tiket Kereta di Jember Ludes

08 Februari 2016 - Ekonomi Bisnis

Produksi IMK di Bali Naik 6,68 Persen

Kabar Indonesia

08 Februari 2016 - Daerah

BMKG: Dua Kota di Papua Hujan Ringan

08 Februari 2016 - Daerah

Harga Daging Ayam di Ambon Naik

Executive Brief

Frankfurt - Konglomerat Jerman Siemens akan memotong 1.000 orang pada divisi terkait minyak dan pertambangan.

Tokyo - Pemerintah Jepang akan mengurangi sahamnya di Tokyo Electric Power Co. sampai di bawah 50% kalau target perusahaan tercapai.

Prague - Pemerintah Ceko membayar tebusan US$6 juta untuk membebaskan 2 warganya yang ditahan di Pakistan sejak 2013.

Korea Utara - PBB mengutuk keras peluncuran roket Korea Utara dan menjanjikan sanksi segera.

Penjahat Perang - Ketua Komisi HAM PBB terbang ke Sri Lanka pada Minggu (7/2) untuk memonitor pelaksanaan penanganan penjahat perang di sana.

Tainan - Operasi penyelamatan berskala besar diterjunkan mulai Minggu (7/2) untuk menyelamatkan sekitar 120 orang yang terperangkap gempa di Selatan Taiwan.

BPS: Pertumbuhan ekonomi 2015 sebesar 4,79% merupakan yang terendah dalam 6 tahun terakhir.

Taiwan - Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) membuka hotline untuk korban gempa Taiwan +886978938872

Moto GP - Meski Kompetitif, Stoner Tak Akan Bela Ducati di Balapan MotoGP.

Moto GP - Insiden Loris Baz di Sepang Jadi Pukulan Telak Buat Michelin.

IBL - Tutup IBL Seri II dengan Kekalahan, Pelita Jaya Dievaluasi.

F1 - Mantan pembalap Mclaren dan Ferrari, Gerhard Berger menilai Formula Satu sudah mulai membosankan.

Moto GP - Pebalap Muda Indonesia, Dimas Ekky Pratama Hampir Pasti Tampil di Ajang Moto2

Rizal Ramli ajak negara ASEAN pegang saham minoritas industri pertahanan Indonesia.

BEI catat pergerakan IHSG naik 4,48 persen sepanjang 2016.

PDB per Kapita Negara-Negara ASEAN

1. Singapura        56.319 US$
2. Brunei             36.607 US$
3. Malaysia          12.127 US$
4. Thailand            5.426 US$
5. Indonesia          3.511 US$
6. Filipina              2.951 US$
7. Vietnam            2.321 US$
8. Laos                 1.692 US$
9. Myanmar          1.419 US$
10.Kamboja          1.080 US$

Sumber: Bank Dunia

China - Komisi Pemberantasan Komisi China sedang menyelidiki Cai Xiyou, presiden Sinochem Group, karena berbagai pelanggaran serius.

Dresden - Pegida, organisasi anti-Islam di Jerman, berdemo dengan ribuan pengikutnya pada Sabtu (7/2).

Anti Islam - Demo anti Islam berlangsung di Prague dengan 5.000 orang, juga di Amsterdam dan di Pelabuhan Calais, Perancis Utara.

PLN Muara Teweh lakukan uji coba mesin PLTMG Blok Bangkanai di Desa Karendan.

Hasil Pertandingan Premier League Inggris (7/2)

AFC Bournemouth 0 - 2 Arsenal

Madrid - Polisi Spanyol menahan 7 orang yang diduga terkait jaringan ISIS.

Kuala Lumpur - Polisi Malaysia mulai mengawasi Twitter dan memperingatkan netizen yang mengkritik PM Najib.

Wisata Gerhana Matahari - Kemenpar jadikan gerhana matahari total pada 9 Maret 2016 sebagai objek wisata.

Seoul - Korea Selatan dan AS akan mendiskusikan kemungkinan pemasangan sistem pertahanan misil di Selatan.

Hasil Pertandingan Liga Serie A Italia (7/2)

Hellas Verona 3 - 3 Inter

AC Milan 1 - 1 Udinese

Frosinone 0 - 2 Juventus

SSC Napoli 1 - 0 Carpi

Sassuolo 2 - 2 Palermo

Torino 1 - 2 ChievoVerona

Frankfurt - Volkswagen akan membayar paket kompensasi yang besar bagi 600.00 pemilik VW diesel yang terkait kasus emisi.

Iran : Peugeot akan membayar kompensasi kepada Iran akibat penarikan sepihak saat Iran kena sanksi internasional.

Tolak Pasar - Kelompok Pedagang (Kompag) tolak peresmian Pasar Turi Baru pada 18 Maret 2016.

Dubai - Arab Saudi dan Venezuela sedang membicarakan kerjasama antara OPEC dengan produsen minyak lainnya untuk menstabilkan harga minyak.

Hasil Pertandingan Liga BBVA Spanyol (7/2)

Levante 0 - 2 Barcelona

Real Betis 1 - 0 Valencia

DPD - Akom nilai wacana pembubaran DPD perlu kajian ilmiah komprehensif.

Sumsel jajaki peluang pasar di negara Afrika dan Timur Tengah untuk komoditas karet.

Bali - Harga gabah kering panen di Bali pada Januari 2016 naik 1,71 persen (ytd).

Kulon Progo optimalkan pangan lokal dalam rangka dukung ketahanan pangan.

Recommended Reading

Senin, 08/02/2016 15:59 WIB

2016, Sektor Perumahan Diprediksi Tumbuh

Senin, 08/02/2016 13:09 WIB

Bandara Hang Nadim Kembali Dibuka

Senin, 08/02/2016 09:36 WIB

KAI: Teror Thamrin Turunkan Jumlah Pengguna KRL

Senin, 08/02/2016 01:59 WIB

Kadin Minta Suku Bunga Perbankan Hanya 8 Persen

Minggu, 07/02/2016 17:15 WIB

Dan Suzuki Pun Merumahkan Karyawannya

Minggu, 07/02/2016 11:21 WIB

BTN Optimis Laba Bersih Tembus Rp 2 Triliun

Minggu, 07/02/2016 10:57 WIB

Presiden Minta WNI Korban Gempa Taiwan Ditangani Cepat

Minggu, 07/02/2016 08:44 WIB

Mau ke Puncak, Cek Ini Dulu

Entertainment

08 Februari 2016 - Olahraga

Hasil Pertandingan Liga Italia

08 Februari 2016 - Olahraga

Hasil Pertandingan Utama Liga Inggris

07 Februari 2016 - Olahraga

Belanda Optimis Kalahkan Rusia di Piala Fed

07 Februari 2016 - Olahraga

Lagi Barcelona Raih Capaian Positif