Market Indices

Analisis Dampak Kenaikan BBM

Rubrik Ekonomi Bisnis

05 Mei 2013 08:00:00 WIB

WE.CO.ID 

Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi tahun ini diperkirakan akan berkontribusi pada melonjaknya angka inflasi sehingga mengoreksi pertumbuhan ekonomi yang pada gilirannya akan mempengaruhi kinerja industri perbankan.

Asisten Deputi Gubernur BI Mulya Effendi Siregar menjelaskan kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi akan menaikkan inflasi sehingga menaikkan biaya produksi sektor usaha (risiko kredit meningkat).

"Kenaikan harga BBM membuat risiko kredit meningkat, bank akan lebih berhati-hati melepas kredit," kata Mulya Effendi Siregar.

Mulya menjelaskan secara umum kenaikan harga BBM bersubsidi akan menambah beban biaya para debitur (peminjam kredit) bank.

Dengan bertambahnya beban biaya tersebut, menurut Mulya, kemampuan debitur dalam melunasi utang kepada bank akan semakin mengecil.

"Seumpamanya debitur itu pengusaha tempe, dengan kenaikan BBM ongkos-ongkos dia untuk beli ini itu, pergi ke mana, akan naik. Sehingga keuntungan dia jadi mengecil, dan kemampuan untuk melunasi utang menjadi lebih kecil, bank harus berhati-hati melepas kredit," kata dia.

Menurut Mulya, dengan kondisi ekonomi global yang masih bergejolak saja, pertumbuhan kredit, dana pihak ketiga (DPK) dan kredit bermasalah ("non performing loan"/NPL) pada 2013 telah mengalami revisi.

Dengan gejolak krisis global yang belum pulih pertumbuhan kredit perbankan diproyeksikan berada di kisaran 21,7-23,6 persen pada akhir tahun ini, dari proyeksi sebelumnya di kisaran 22,5-24,3 persen.

Di sisi lain DPK diproyeksikan sebesar 17-17,9 persen dari sebelumnya 17,5-18,5 persen, dan NPL diperkirakan meningkat pada kisaran 1,6-2,1 persen dari proyeksi sebelumnya 1,5-2 persen.

Biaya perbankan meningkat Ketua Umum Perhimpunan Bank-bank Umum Nasional (Perbanas) Sigit Pramono mengatakan rencana kenaikan harga BBM bersubsidi otomatis juga akan menaikkan inflasi, sehingga berdampak pada meningkatnya biaya perbankan.

"Secara jangka pendek pasti akan meningkatkan inflasi. Dan dampaknya pada meningkatnya biaya perbankan," kata Sigit.

Dia mengatakan belum menghitung secara pasti berapa kenaikan biaya perbankan yang akan disebabkan dari kenaikan harga BBM bersubsidi. Termasuk terkait kemungkinan adanya koreksi terhadap penyaluran kredit dan rasio kredit bermasalah perbankan.

"Kami tidak memiliki kemampuan menghitung berapa tingkat inflasi yang disebabkan kenaikan harga BBM. Sehingga kami juga belum sampai ke tahap perhitungan adanya koreksi terhadap penyaluran kredit maupun NPL perbankan," ujar dia.

Meskipun kenaikan harga BBM bersubsidi akan berkontribusi pada inflasi, namun Sigit mengaku optimistis dampaknya secara jangka panjang akan baik bagi perekonomian nasional termasuk sektor keuangan.

"Kebijakan kenaikan harga BBM ini dampaknya secara jangka panjang akan baik. Ini dapat mengurangi beban subsidi pemerintah di sektor energi," ucapnya.

Menurut kepala ekonom PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Ryan Kiryanto, kenaikan harga BBM Rp500 per liter akan meningkatkan inflasi 0,7 persen. Kenaikan inflasi akan diikuti dengan kenaikan suku bunga acuan (BI Rate) yang pada gilirannya akan direspon perbankan dengan kenaikan suku bunga dana (kenaikkan biaya bank).

"Kalau inflasi naik, maka BI Rate kemungkinan akan naik. Kalau sudah begitu nasabah perbankan akan meminta suku bunga simpanan naik juga, dan bank harus menaikkan suku bunga simpanan untuk mencegah nasabah menarik dananya," ujar Ryan.

Dia mengatakan dengan menaikkan suku bunga simpanan, bank harus berpikir ulang melakukan stabilisasi pengeluaran dan pendapatan. Sehingga bank akan ikut menaikkan suku bunga kredit untuk menjawab kenaikan suku bunga simpanan.

"Kalau suku bunga simpanan naik, maka otomatis suku bunga kredit harus naik juga agar stabil," kata dia.

Ryan mengatakan jika harga BBM naik dari Rp4.500 menjadi Rp6.000-Rp6.500, maka kontribusinya terhadap inflasi diperkirakan sebesar dua persen. Sehingga target inflasi 2013 yang ditargetkan sebesar 4,5 persen plus minus satu persen diperkirakan akan melonjak menjadi 5,5 persen hingga 6,5 persen.

"Dengan tingkat inflasi sedemikian lebih tinggi dari target, membuat daya beli masyarakat merosot tajam, daya beli buruh mungkin dapat terpangkas hingga 30 persen," ujar dia.

Meskipun kenaikan harga BBM diprediksikan menambah inflasi dua persen, namun dia menekankan bahwa kenaikan suku bunga kredit perbankan tidak akan serta merta mengikuti besaran kenaikan inflasi.

"Kenaikan suku bunga kredit tidak mesti mengikuti kenaikan inflasi sebesar dua persen. Perbankan itu menaikkan kredit hanya untuk stabilisasi atas biaya bunga simpanan yang meningkat," kata dia.

Lebih jauh Ryan mengatakan berdasarkan data yang dihimpun, meskipun kenaikan harga BBM bersubsidi naik, pertumbuhan ekonomi diproyeksikan tetap berada di atas enam persen.

Menurut dia pemerintah memproyeksikan pertumbuhan ekonomi 6,3-6,8 persen, Bank Dunia 6,2 persen, Bank Pembangunan Asia (ADB) 6,4 persen, dan konsensus ekonom diperkirakan 6,0-6,4 persen.

"BNI sendiri memperkirakan pertumbuhan ekonomi berada di kisaran 6,1-6,4 persen, namun analisis ini belum final, baru perkiraan awal," kata dia.

APBN harus sehat Pemerintah menyatakan kenaikan harga BBM bersubsidi diperlukan untuk menyehatkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara serta meminimalkan jebolnya anggaran subsidi.

Pemerintah dalam APBN 2013 memberikan pagu belanja subsidi energi sebesar Rp274,7 triliun dengan perincian subsidi listrik Rp80,9 triliun dan subsidi BBM Rp193,8 triliun dengan volume sebesar 46 juta kiloliter.

Kuota volume BBM bersubsidi diprediksi dapat mencapai 53 juta kiloliter dan mengganggu fiskal, apabila tidak ada kebijakan yang memadai untuk mengendalikan konsumsi BBM, yang jumlahnya semakin meningkat setiap tahun.

Sempat bergulir sejumlah opsi pengendalian BBM dari pemerintah antara lain membatasi konsumsi BBM bersubsidi bagi mobil pribadi, kenaikan harga BBM bersubsidi sekaligus penyediaan BBM jenis baru seharga Rp7.000 per liter, kenaikan BBM Rp6.500-Rp7.000 per liter hanya bagi mobil pribadi, dan kenaikan BBM secara merata dengan kisaran harga di bawah Rp6.500 per liter.

Pemerintah sempat mengisyaratkan kecenderungannya mengambil kebijakan kenaikan BBM dengan harga di bawah Rp6.500 per liter yang berlaku bagi seluruh kendaraan sekaligus memberikan kompensasi kepada masyarakat miskin atas kenaikan harga tersebut.

Menurut Anggota Komisi XI DPR RI Maruarar Sirait, upaya menyehatkan APBN tidak harus dengan menaikkan harga BBM. Menurut dia masih ada opsi lain seperti meningkatkan efisiensi perjalanan dinas kementerian/lembaga (K/L) dan meningkatkan bea masuk sektor pertambangan.

"Sebaiknya harga BBM tidak naik. Masih ada cara lain untuk menghemat anggaran negara misalnya dengan meningkatkan efisiensi perjalanan dinas kementerian/lembaga dan bea masuk sektor pertambangan seperti batu bara," kata Maruarar.

Politisi PDIP itu mengatakan apabila pemerintah memperkitakan anggaran negara akan jebol sebesar Rp30 triliun tanpa kebijakan pengendalian BBM bersubsidi. Maka dengan melakukan peningkatan bea masuk sektor pertambangan batu bara, menurut dia potensi pendapatan negara bisa mencapai Rp48 triliun.

"Harus ada langkah instrumen fiskal untuk meningkatkan penerimaan negara. Peningkatan bea masuk dan efisiensi perjalanan dinas kementerian/lembaga itu bisa menutupi jebolnya anggaran akibat BBM, apalagi menurut audit Badan Pemeriksa Keuangan memang ada pemborosan di sektor itu," kata dia.

Kepala Ekonom Bni Ryan Kiryanto menambahkan, apabila upaya penyehatan APBN ditempuh dengan menaikkan harga BBM bersubsidi, maka pemerintah harus mewaspadai beberapa hal, antara lain, waktu kenaikan harga BBM yang harus tepat, mendorong pertumbuhan ekonomi dari sisi infrastruktur dan memperhatikan kepentingan masyarakat ekonomi bawah.

"Suka atau tidak suka, cepat atau lambat pemerintah harus berusaha semaksimal mungkin menyehatkan APBN. Tidak ada satu pun kebijakan yang bisa memuaskan banyak pihak," ujar dia.

Ryan mengatakan di sisi waktu, pemerintah harus menaikkan harga BBM bersubsidi pada bulan Mei di mana pada bulan ini tingkat inflasi masih tergolong rendah.

"Jika kenaikan setelah Mei, dampak kepada inflasi akan lebih berat serta penghematan akan kurang maksimal," kata dia.

Sementara itu pemerintah juga diminta mempercepat penyerapan anggaran belanja. Tujuannya agar ketika harga BBM naik pemerintah bisa membangun infrastruktur untuk mempermudah pelaku usaha menjalankan bisnis yang pada gilirannya akan mendorong perekonomian.

Pemerintah menurut dia, juga perlu memberikan perhatian kepada masyarakat ekonomi bawah. Salah satunya bisa dengan mengkomunikasikan kenaikan BBM bersubsidi dari sudut pandang masyarakat ekonomi bawah, sehingga masyarakat bisa mengerti pentingnya kenaikan harga BBM bersubsidi bagi APBN dan fiskal. (Antara)


Foto: SY

Penulis: ***

Editor: Ihsan

Executive Brief

Hasil Pertandingan Persahabatan (27/5)

Slovakia 3 - 1 Georgia

Republik Ceko 6 - 0 Malta

Togo 1 - 0 Zambia

Bengkulu - KPK menyita dua unit mobil dan uang berjumlah Rp 500 juta dalam penggeledahan 9 tempat di Bengkulu, terkait hakim Tipikor.

Ducati - Test rider Ducati Corse, Michele Pirro resmi akan menggantikan pebalap Avintia Racing, Loris Baz di MotoGP Catalunya.

Suzuki - Suzuki akan membuat tim satelit bulan depan untuk memasok mesin lebih banyak di Moto GP.

Hasil Pertandingan Persahabatan (28/5)

Nigeria 1 - 0 Mali

Maroko 2 - 0 Kongo

Kroasia 1 - 0 Moldova

Inggris 2 - 1 Australia

Irlandia 1 - 1 Belanda

Irlandia Utara 3 - 0 Belarus

Stoner - Kalah di Mugello, Stoner kritik penampilan Rossi tidak sebaik musim lalu.

Mataram - PLN Area Mataram mencatat total energi listrik yang dicuri melalui penerangan jalan umum ilegal mencapai 200.000 kilo watt hours (KWh) setiap bulan.

Monaco - Tabrakan di sesi latihan kedua, Rio Haryanto berharap keberuntungan di sesi latihan ketiga.

Jadwal Indonesia Soccer Championship Sabtu, 28 Mei 2016

16:00 WIB PERSIPURA VS PERSERU
16:00 WIB SEMEN PADANG VS PERSELA
19:00 WIB PERSIB VS MADURA UNITED

Tokyo - Penumpang Korean Air rute Tokyo-Seoul diungsikan melalui pintu dan tangga karet darurat karena mesin kiri Boeing B-777-300 karena mengeluarkan asap pada Jumat (27/5).

Paris -  Pekerja PLTN yang tergabung dalam serikat pekerja ikut dalam mogok kerja nasional sebagai protes terhadap rencana reformasi pemerintah yang mengakibatkan listrik padam.

Sunderland - Marcus Rashford menjadi pencetak gol termuda urutan ketiga untuk Tim Nasional (timnas) Inggris usai membobol gawang Australia, dengan skor akhir 2-1.

EUR/IDR - Harga minggu ini (Rp):

Senin (23/5) 15.225
Selasa (24/5) 15.305
Rabu (25/5) 15.215
Kamis (26/5) 15.200
Jumat (27/5) 15.183

RALS - PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. (RALS) siap membagikan dividen tunai Rp30 per lembar saham. Berikut jadwal pembagiannya.

Serang - BI: Perekonomian Banten triwulan-I 2016 tumbuh 5,15% dibanding periode Januari-Maret 2015 (year on year), lebih baik dari T IV 2015 yang hanya 4,92%.

Zurich - Kroasia diperintahkan untuk memainkan 2 pertandingan kandang pada kualifikasi Piala Dunia tanpa kehadiran penonton, setelah insiden-insiden pada 2 pertandingan persahabatan.

CPO - Harga minggu ini (Ringgit):

Senin (23/5) 2.497
Selasa (24/5) 2.510
Rabu (25/5) 2.535
Kamis (26/5) 2.581
Jumat (27/5) 2.565

LPPF - Entitas Grup Lippo PT Matahari Departement Store Tbk. (LPPF) membagikan dividen tahun buku 2015 senilai Rp1,25 triliun kepada pemegang saham.

Pekalongan - Bulog Pekalongan menargetkan mampu melakukan penyerapan beras milik petani 100.000 ton pada 2016.

Johannesburg - Pemburu di Taman Kruger Afrika Selatan melepaskan tembakan terhadap sebuah helikopter patroli milik Pemerintah.

Minyak - WTI Harga minggu ini (USD/bbl):

Senin (23/5) 47,98
Selasa (24/5) 47,93
Rabu (25/5) 49,19
Kamis (26/5) 49,84
Jumat (27/5) 49,00

Bursa - PT Sillo Maritime Perdana Tbk. menyiapkan belanja modal sekitar US$16 juta tahun ini, sebagian besar untuk biaya perawataan satu kapal tanker andalan milik perseroan.

Guatemala City - UNICEF:  Hampir 50.000 orang, sebagian di antaranya remaja perempuan berusia 12-17 tahun, adalah korban langsung eksploitasi seksual di Guatemala.

Jayapura -  Telkomsel Regional Papua - Maluku telah membangun 400 unit pemancar selama 2016, dan masih akan bertambah untuk memenuhi target tahun ini 880 menara.

Minyak - Brent Crude Harga minggu ini (USD/bbl):

Senin (23/5) 48,34
Selasa (24/5) 48,08
Rabu (25/5) 49,25
Kamis (26/5) 50,02
Jumat (27/5) 48,92

Istanbul - Zulfu Livaneli, sastrawan Turki, mundur dari UNESCO, karena menganggap lembaga ini membiarkan penghancuran warisan budaya di antara konflik tentara Turki dengan militan Kurdi.

Padang - BI:  Laju ekonomi Sumatra Barat 5,48% atau turun dibandingkan triwulan IV-2015 yang mencapai 5,74%.

Samarinda - Bhayangkara Surabaya United meraih satu angka dan memupus ambisi tuan rumah Pusamania Borneo FC memetik kemenangan saat bermain imbang 1-1.

Asia - Indeks Nikkei 225 minggu ini:

Senin (23/5) 16.654,60
Selasa (24/5) 16.498,76
Rabu (25/5) 16.757,35
Kamis (26/5) 16.772,46
Jumat (27/5) 16.834,84

GIAA - PT Garuda Indonesia Persero Tbk. (GIAA) dan PT Bank Tabungan Negara Persero Tbk. (BBTN) melakukan kerjasama dengan bentuk cobranding.

Sukhoi - Menko Polhukam Luhut Pandjaitan mengungkapkan, kepergiannya ke Rusia bukan dalam rangka membahas mengenai rencana pembelian pesawat tempur jenis Sukhoi.

Semarang - Festival Seni dan Budaya Semarang, Jawa Tengah yang digelar Taruna Merah Putih (TMP) pada Minggu (29/5) menargetkan jumlah pengunjung sampai 2.000 orang.

Asia - Indeks Hang Seng minggu ini:

Senin (23/5) 19.809,03
Selasa (24/5) 19.830,43
Rabu (25/5) 20.368,05
Kamis (26/5) 20.397,11
Jumat (27/5) 20.576,77

San Fransisco - Pengadilan memutuskan  membolehkan Google menggunakan software Oracle untuk menciptakan sistem operasi smartphone Android buatan Google.

Surabaya -  Lapindo Brantas Inc mengakui telah menggelontorkan dana Rp 8 triliun selama 10  terakhir sejak  semburan lumpur Lapindo di Kabupaten Sidoarjo.

Bantul - Festival Perahu Naga di kawasan Pantai Depok, Parangtritis, Kabupaten Bantul yang digelar 29 Mei 2016, bakal diikuti 20 tim dari dalam dan luar provinsi.

Asia - Indeks ST. Times minggu ini:

Senin (23/5) 2.766,93
Selasa (24/5) 2.750,23
Rabu (25/5) 2.766,66
Kamis (26/5) 2.773,31
Jumat (27/5) 2.802,51

Wonder Woman - Belum dirilis, Film Wonder Woman membuat sejarah dengan film superhero wanita pertama dengan budget diatas US$100 juta.

Paris - Pelatih Prancis Didier Deschamps akan menuntut  Eric Cantona, yang menuduhnya melakukan diskriminasi ras dalam pemilihan pemain untuk Piala Eropa 2016.

Jayapura - PT. Pelni menyiapkan lima kapal penumpang yang akan berlabuh di Pelabuhan Jayapura dalam menghadapi libur panjang pada Juni dan Juli 2016. 

Asia - Indeks Shanghai minggu ini:

Senin (23/5) 2.843,64
Selasa (24/5) 2.821,67
Rabu (25/5) 2.815,05
Kamis (26/5) 2.822,44
Jumat (27/5) 2.821,05

ITMG -  PT Indo Tambangraya Megah Tbk. (ITMG) berencana untuk melakukan pembelian kembali saham perseroan (buyback) sebanyak-banyaknya 89,67 juta lembar saham dengan alokasi dana Rp1,19 miliar.

Inflasi - BI memperkirakan inflasi Mei 2016 sebesar 0,19%, dan mendorong laju inflasi tahunan menjadi sekitar 3,3%, di bawah prediksi.

Mamuju - BPS menyebutkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) di wilayah provinsi Sulawesi Barat hingga Februari 2016 ini sebesar 2,72%.

Eropa - Indeks FTSE 100 minggu ini:

Senin (23/5) 6.136,43
Selasa (24/5) 6.219,26
Rabu (25/5) 6.262,85
Kamis (26/5) 6.265,65
Jumat (27/5) ............

Paris - Euro 2016 terancam pemogokan masal setelah gelombang unjuk rasa melanda Perancis akibat reformasi hukum buruh yang kontroversial.

Padang - Mentan  menjamin komoditas strategis seperti beras dan bawang tersedia dengan cukup dan aman menjelang bulan puasa Ramadhan tahun ini.

Justin Bieber - Justin Bieber dan rekannya penulis hit "Sorry" dituntut seorang artis karena dituduh mem-plagiat sebagian lagunya.

Eropa - Indeks CAC 40 minggu ini:

Senin (23/5) 4.325,10
Selasa (24/5) 4.431,52
Rabu (25/5) 4.481,64
Kamis (26/5) 4.512,64
Jumat (27/5) ............

PS TNI - PSSI menegaskan tidak akan mengistimewakan satu klub pun peserta kompetisi.

Kapolri - Menkopolhukam: Presiden Jokowi  baru akan buka suara perihal Kepala Polri (Kapolri) pada Juli mendatang.

WhatsApp - Web Similar: WhatsApp merupakan aplikasi yang paling populer di dunia, berdasarkan data dari 187 negara.

Eropa - Indeks DAX minggu ini:

Senin (23/5) 9.842,29
Selasa (24/5) 10.057,31
Rabu (25/5) 10.205,21
Kamis (26/5) 10.272,71
Jumat (27/5) ............

LPPF - Entitas Grup Lippo PT Matahari Departement Store Tbk. (LPPF) membagikan dividen tahun buku 2015 senilai Rp1,25 triliun kepada pemegang saham.

Shanghai - General Motors (GM) akan menarik lebih dari dua juta kendaraan yang dibuat dengan perusahaan patungan di Tiongkok akibat kecacatan komponen mesin.

San Francisco  - Sony Interactive Entertainment (SIE) mengumumkan bahwa penjualan PlayStation 4 mencapai 40 juta unit.

Amerika - Indeks Dow 30 minggu ini:

Senin (23/5) 17.492,93
Selasa (24/5) 17.706,05
Rabu (25/5) 17.851,51
Kamis (26/5) 17.828,29
Jumat (27/5) ............

Kendalikan Harga - Perum Bulog dalam sepekan terakhir telah menggelontorkan bawang merah sebanyak 1.000 ton ke pasar-pasar di sejumlah wilayah di Tanah Air.

MASA - PT Multistrada Arah Sarana Tbk menjadi sponsor klub sepak bola yang kini juara liga Prancis yakni Paris Saint Germain Football Club (PSG).

Kabareskrim - Wakabareskrim Irjen Pol Ari Dono Sukmanto ditunjuk sebagai Kepala Bareskrim Polri menggantikan Komjen Pol Anang Iskandar.

Amerika - Indeks S&P 500 minggu ini:

Senin (23/5) 2.048,04
Selasa (24/5) 2.076,06
Rabu (25/5) 2.090,54
Kamis (26/5) 2.090,10
Jumat (27/5) ............

Bali - Fujitsu Indonesia memasang target pertumbuhan bisnis Fujitsu Indonesia sebesar 20% pada tahun ini.

BMRI - PT Bank Mandiri (Persero) Tbk menargetkan kredit ekspor bisa mencapai Rp 70 triliun sampai akhir tahun ini.

Karawang - Pemkab Karawang membolehkan tempat karaoke tetap buka selama bulan Ramadhan, namun hanya tiga jam per malam.

Amerika - Indeks Nasdaq minggu ini:

Senin (23/5) 4.765,78
Selasa (24/5) 4.861,06
Rabu (25/5) 4.894,89
Kamis (26/5) 4.901,77
Jumat (27/5) ............

TOTL - PT Total Bangun Persada Tbk. (TOTL) siap membagikan dividen tunai sebesar Rp136,4 miliar atau sekitar Rp40 per saham.

Batam  - Ketua DPR  Ade Komarudin mengatakan hingga saat ini masih ada 150 anggota dewan yang belum menyampaikan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LKHPN) ke KPK.

BBRI - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menargetkan penyaluran kredit ekspor sampai akhir tahun bisa mencapai double digit.

Jadwal Pertandingan Champions League, Minggu (29/5)

01:45 Real Madrid vs Atletico Madrid

Sidang Etik KPU -  Ketua Komisi KPU Husni Kamil Manik pada Kamis (26/5) menjalani sidang kode etik atas aduan caleg DPR RI dari Partai Golkar.

BBRI - Sampai kuartal I-2016 tercatat pertumbuhan kredit komersial BRI baru sebesar 6,68% menjadi Rp 106,9 triliun. 

Manado - Kebutuhan minyak goreng masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menghadapi Bulan Suci Ramadan tahun 2016 diperkirakan akan meningkat 200%.

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Liga Serie A Italia, Minggu (29/5)

23:30 Novara vs Pescara

Salatiga - Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan tidak akan memaksakan penggunaan tol Semarang-Solo untuk mudik Lebaran 2016.

Milan - Penyanyi tenor kenamaan Italia Andrea Bocelli akan tampil menyanyikan "lagu kebangsaan" Liga Champions dalam ajang laga final Liga Champions.

Dhaka - Kepolisian Bangladesh, Kamis (26/05), mendakwa seorang konglomerat sekaligus pejabat tinggi oposisi dengan dugaan berkomplot melawan pemerintahan karena menemui seorang penasihat pemerintah Israel.

Jadwal Pertandingan Persahabatan, Minggu (29/5)

04:00 Meksiko vs Paraguay

07:00 Peru vs El Salvador

07:00 Amerika Serikat vs Bolivia

09:30 Guatemala vs Armenia

Beirut – Perang Suriah selama lima tahun terakhir telah merenggut lebih dari 280 ribu korban jiwa (LSM Observatorium HAM Suriah).

NPL Kredit Ekspor - OJK: Rasio kredit bermasalah alias non performing loan (NPL) kredit ekspor pada Maret 2016 adalah 2,12% atau turun 118,73 bps secara yoy.

Denda Pemudik -  Kemenhub sedang mempertimbangkan sanksi bagi pemudik berkendaraan bermotor yang berhenti berlama-lama di rest area di mudik Lebaran 2016.

Jadwal Pertandingan Persahabatan, Minggu (29/5)

22:00 Azerbaijan vs FYR Makedonia

22:30 Albania vs Qatar

22:45 Jerman vs Slovakia

23:00 Spanyol vs Bosnia-Herzegovina

Pekanbaru - Lapas Pekanbaru kedatangan 2 terpidana mati kasus narkoba dari  Dumai dan 2 terpidana kasus terorisme dari rumah tahanan Brimob Kelapa Dua Depok.

BBNI -  PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk optimistis, tahun ini, kredit ekspor bisa tumbuh 15% year on year. 

Kursi Kabinet - Golkar : Kami sama sekali tidak memikirkan kursi kabinet dalam keputusannya mendukung pemerintahan Jokowi-Jusuf Kalla.

Emas Antam - Harga minggu ini (Rp):

Senin (23/5) 586.000
Selasa (24/5) 586.000
Rabu (25/5) 581.000
Kamis (26/5) 580.000
Jumat (27/5) 579.000

LPPF - Perusahaan ritel milik taipan Mochtar Riady pada bendera Grup Lippo, PT Matahari Departement Store Tbk. (LPPF) merombak jajaran direksi dan komisaris perseroan.

Produk Asuransi Baru - PT Asuransi Asei Indonesia meluncurkan produk baru bernama asuransi sengketa medis.

Kredit Ekspor - OJK: Pada kuartal I-2016, realisasi penyaluran kredit ekspor sebesar Rp 90,5 triliun, naik 25,63% dibandingkan kuartal I-2015.

JISDOR - Kurs referensi BI minggu ini (Rp):

Senin (23/5) 13.607
Selasa (24/5) 13.606
Rabu (25/5) 13.671
Kamis (26/5) 13.615
Jumat (27/5) 13.575

Ekspor Fortuner - Pada April 2016 Toyota Motor Manufacturing Indonesia mengekspor sebanyak 6.000 unit Fortuner ke sejumlah negara.

Tender 35.000 MW - Kementerian ESDM akan mengambil alih proses tender listrik 35.000 MW dari PLN karena khawatir terlambat.

PUDP - PT Pudjiadi Prestige Tbk, perusahaan yang terafiliasi dengan Grup Jayakarta mencatat peningkatan pendapatan 149,47% per Maret 2016.

USD/IDR - Kurs minggu ini (Rp):

Senin (23/5) 13.580
Selasa (24/5) 13.685
Rabu (25/5) 13.650
Kamis (26/5) 13.602
Jumat (27/5) 13.581

Fish Industry - The Maritime Affairs and Fisheries Ministry (KKP) wants to focus its efforts on reducing fish meal costs by up 60%.

Jakarta - Chinese company PT Bauing Construction Group has donated Rp2 billion to the Indonesian Red Cross (PMI).

Poso - Police:  The terrorist network led by Santoso alias Abu Wardah has been left with mere 22 members.

Langkat (Noth Sumatra)  - A recent study has shown that there are only around 100 Sumatran tigers (Panthera tigris Sumatrae) currently inhabiting Mount Leuser National Park.

Jadwal Pertandingan Kualifikasi Liga Serie A Italia, Sabtu (28/5)

23:30 Spezia vs Trapani

Makassar - Pelindo IV: Construction of the first phase of Makassars New Port (MNP) has been 27% completed. 

Shima (Japan) - President Jokowi and his French counterpart Francois Hollande discussed a plan on imposing palm oil tax,  on the sidelines of the G-7 Summit.

Surabaya -  The navies of Indonesia and the Philippines have launched coordinated border patrols to address maritime piracy and other international crimes.

Shima (Japan) - President Jokowi: "Indonesia is ready to be motor in creating peace in Asia as well as in the world" at the G-7 Outreach Meeting.

Jadwal Pertandingan Persahabatan, Sabtu (28/5)

17:00 Ghana vs Guinea

17:00 Myanmar vs Malaysia

20:00 Rwanda vs Senegal

21:15 Swiss vs Belgia

Mexico City  - Prensa Latina-NNN: Sedikitnya 66.000 orang meninggal di Meksiko setiap tahun akibat penyakit yang berkaitan dengan konsumsi tembakau.

FPNI - PT Lotte Chemical Titan Tbk. menyiapkan belanja modal sekitar US$4 juta hingga US$5 juta tahun ini, yang akan difokuskan untuk optimalisasi operasi pabrik melalui improvement dan upgrading machinery

LGBT  - Presiden Rusia Vladimir Putin tidak akan bertemu dengan Elton John untuk membahas hak homoseksual di Rusia, ketika sang penyanyi mengunjungi Rusia bulan ini.

BUKK - PT Bukaka Teknik Utama Tbk. membagikan dividen sebesar Rp33,8 miliar atau setara 50,06% dari laba bersih yang dicatatkan perseroan pada tahun buku 2015