Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

PLN Bangun Transmisi Listrik di Perbatasan

Warta Ekonomi -

WE Online, Pontianak - General Manajer PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Hot Martua Bakara, di Pontianak, Minggu (30/3/2014), mengatakan bahwa PLN tengah membangun transmisi listrik di perbatasan Indonesia-Malaysia, tepatnya di Kabupaten Bengkayang, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar). Pembangunan transmisi tersebut terkait pembelian listrik dari Malaysia ke Indonesia di wilayah tersebut.

"Target realisasi dari pembelian itu sendiri pada tahun 2015. Dan sejauh ini masih sesuai jadwal," katanya.

Bakara menjelaskan bahwa dari pihak Malaysia, yang melalui SESCO, tengah membangun transmisi dari Gardu Induk Mambong di wilayah Sarawak ke Jagoi Babang. Selain itu, di Bengkayang juga tengah dibangun gardu induk untuk menurunkan tegangan dari 275 kV menjadi 150 kV.

Berdasarkan skema rencana pembelian listrik tersebut, PLN akan membeli listrik sekaligus sebagai beban dasar sebesar 50 MW selama 19 jam di luar beban puncak. Sedangkan, selama beban puncak, yakni pukul 17.00-22.00 WIB, besar pembelian akan naik menjadi 230 MW.

"Nantinya akan disebar ke seluruh Kalbar. PLN juga menyiapkan transmisi ke seluruh Kalbar," jelasnya.

Bakara menambahkan bahwa setelah lima tahun kedua belah pihak bisa melakukan transaksi jual beli listrik. Akan tetapi, hal tersebut masih harus menunggu realisasi dari proyek pembangkit listrik PLN yang terdapat di Kalbar.

"Kalau Sarawak kurang listrik, nanti PLN bisa menjual ke Sarawak. Tetapi ini kalau proyek-proyek pembangkit listrik PLN di Kalbar sudah realisasi semua," tutupnya. (Ant)

Foto: SY

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: