Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Menhub Ingatkan Layanan Transportasi Mesti Peka Kritik

Warta Ekonomi -

WE Online - Menteri Perhubungan EE Mangindaan mengingatkan perusahaan pelayanan transportasi mesti peka terhadap kritik guna meningkatkan kepuasan dari para pengguna jasa transportasi.

"Karakteristik pelayanan jasa transportasi yang begitu peka terhadap kritik masyarakat menuntut setiap pejabat untuk lebih peka dan membuka diri dan pada saat yang sama siap menerima kritikan, saran dan masukan dari masyarakat," kata Mangindaan dalam acara pelantikan Kepala Badan SAR Nasional dan Pejabat Eselon II di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Senin.

Menurut Menhub, pembangunan sektor transportasi kian hari bertambah kompleks antara lain karena tuntutan masyarakat yang terus meningkat.

Untuk itu, ujar dia, berbagai kebijakan yang akan ditempuh harus mampu menampilkan sosok transportasi yang andal, bersih dan bebas dari inefisiensi serta mampu meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Haruslah menjadi perhatian kita mengenai pentingnya penanganan keselamatan, baik dari unsur sarana dan prasarana maupun dari unsur manusia dan sistem operasional serta pengaturannya," katanya.

Sebagaimana diberitakan, Menteri Perhubungan Evert Erenst Mangindaan menginginkan pelayanan perkeretaapian di Tanah Air terus ditingkatkan karena selama ini masih terdapat sejumlah kekurangan yang dinilai dapat menghambat operasional moda transportasi itu.

"Masih ada warga yang tidak merasa puas dengan pelayanan kereta," kata E.E Mangindaan dalam diskusi kebangkitan perkeretaapian nasional di Jakarta, Selasa (11/3).

Namun, ujar dia, banyak pula warga yang merasa pelayanan kereta sudah lebih baik dari sebelumnya sehingga pada saat ini sudah selayaknya pihak terkait mengevaluasi aturan yang berhubungan dengan Standar Pelayanan Minimum (SPM).

Untuk itu, Menhub mengemukakan bahwa berbagai pihak pemangku kepentingan agar dapat memberikan masukan guna membuat pelayanan kereta api dapat terus ditingkatkan untuk menjadi semakin lebih baik.

Bila pelayanan kereta api sudah baik, kata dia, maka masyarakat otomatis akan banyak yang berpindah menggunakan moda transportasi kereta, sehingga penggunaan kendaraan pribadi juga berkurang. (Ant)

Foto : SY

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: