Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

KPU akan Selesaikan Rekapitulasi Suara Lima Provinsi Sebelum Penetapan Rekapitulasi Nasional

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Memasuki hari ketiga, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dijadwalkan pada Pukul 10.00 WIB kembali melanjutkan proses rekapitulasi hasil penghitungan perolehan suara Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2014 secara nasional.

Untuk hari ini, KPU akan menyelesaikan empat provinsi yang belum mempresentasikan hasil rekapitulasi perolehan suara dari tingkat provinsi masing-masing, yakni Jawa Timur, Papua, DKI Jakarta, dan Maluku Utara. Sebelumnya, hingga pukul 01.50 dini hari KPU telah menyelesaikan pembacaan 29 provinsi, kecuali Provinsi Sumatera Utara yang masih ditunda penetapannya karena masih ada permasalahan administratif.

"Hari ini masalah Sumatera Utara akan dibahas bersama empat provinsi yang belum dibacakan. Kemudian kami juga akan menjelaskan perkembangan terakhir tentang rekapitulasi di luar negeri yang telah dibacakan dua hari yang lalu sebanyak 130 PPLN dan setelah itu kita akan melihat penetapan hasil rekapitulasi dan setelah penetepan hasil rekapitulasi, KPU akan break sebentar untuk mempersiapkan hasil penetapan rekapitulasi secara nasional dan menentukan calon presiden terpilih," kata Komisioner KPU Sigit Pamungkas di Kantor KPU, Jakarta, Selasa pagi (22/7/2014).

Oleh karena itu, KPU pun berharap tidak ada alasan bagi masing-masing pasangan calon melalui saksi-saksinya untuk tidak menandatangani hasil penetapan rekapitulasi nasional. Namun, kalau pun terjadi, tidak akan menghalangi hasil rekapitulasi nasional.

"Karena hasil rekapitulasi yang ada sudah melalui proses yang panjang dan dilakukan secara transparan dan bertanggung jawab serta melibatkan banyak pihak, termasuk semua aduan atau dugaan pelanggaran sudah dilaksanakan untuk tindak lanjutnya," tegasnya.

Rencananya, KPU akan mengumumkan penetapan keseluruhan hasil Pilpres 2014 secara nasional sekitar pukul 16.00 WIB sore ini.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: