Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

2 Menteri Myanmar Mundur

Warta Ekonomi -

Myanmar- Menteri Penerangan U Aung Kyi dan Menteri Kesehatan Dr Pe Thet Khin diizinkan mundur atas kemauan sendiri, kata Kantor Presiden Myanmar, Selasa malam.

Kedua menteri itu diizinkan mengundurkan diri dari kabinet berdasarkan atas undang-undang dasar Myanmar, kata pengumuman tersebut.

Tidak dijelaskan alasan pemunduran diri kedua menteri kabinet itu.

Sementara itu, beberapa pekan lalu oposisi Myanmar telah mengumpulkan jutaan tanda tangan dukungan bagi perubahan konstitusi yang melarang pemimpin mereka Aung San Suu Kyi menjadi presiden, dalam upaya unjuk kekuatan politik menjelang pemilihan umum tahun depan.

Suu Kyi telah berkeliling ke seluruh negeri dan menarik ribuan warga dengan pidato-pidatonya yang mendesak militer untuk menerima pengurangan peran politik, sementara partainya yang terdiri atas para veteran demokrasi mengkampanyekan otoritas moral mereka di negara yang pernah dikendalikan oleh militer itu.

Petisi yang diluncurkan pada Mei itu telah mengumpulkan sekitar tiga juta tanda tangan hingga awal Juli.

"Di negara demokrasi keinginan rakyat itu sangat penting. Itu sebabnya petisi ini juga penting," kata Nyan Win, juru bicara partai Suu Kyi, Liga Nasional untuk Demokrasi (NLD), kepada AFP.

Kampanye yang berakhir pada Sabtu itu difokuskan pada pengubahan ketentuan yang saat ini memastikan militer memiliki hak veto dalam setiap perubahan konstitusi era junta.

Untuk mengubah konstitusi diperlukan dukungan dari 75 persen suara di parlemen. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Arif Hatta

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: