Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Meski Pendapatan Naik, Namun XL Masih Derita Kerugian

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - PT XL Axiata Tbk (EXCL) pada semester I-2014 ini membukukan pendapatan sebesar Rp 11,6 triliun atau meningkat sebesar 12% dibandingkan periode sama tahun sebelumnya yang sebesar Rp 10,29 triliun. Peningkatan pendapatan ini mendorong turunnya laba rugi usaha yang turun tajam dari Rp 1,25 triliun pada semester I-2013 menjadi Rp 416,76 miliar pada semester I-2014 ini. 

Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi mengatakan hal tersebut disebabkan oleh meningkatnya pendapatan layanan data yang meningkat sebesar 45% di mana layanan percakapan dan SMS masing-masing tumbuh sebesar 5% dari tahun lalu. Pemakaian pendapatan tumbuh 14% dari tahun lalu dan 16% dari kuartal sebelumnya.

"Pada semester pertama tahun ini kinerja kami cukup baik dengan layanan data yang kembali mencetak pertumbuhan signifikan sehingga meningkatkan kontribusinya dari 22% tahun lalu menjadi 28% tahun ini terhadap total pemakaian pendapatan kami," ujarnya dalam keterangan resminya yang diterima di Jakarta, Kamis (21/8/2014).

Pada tahun ini fokus utama perseroan adalah pada layanan data. Hal ini terlihat dengan meningkatnya trafik layanan data secara signifikan hingga 158% dari tahun lalu.

"Pencapaian ini tentunya merupakan hasil dari upaya kami yang berkesinambungan untuk terus meningkatkan pengalaman pelanggan dan memberikan penawaran-penawaran yang menarik bagi pelanggan," terangnya.

Lebih lanjut, Hasnul menyampaikan bahwa laba sebelum bunga pajak, depresiasi, dan amortisasi (EBITDA) meningkat 2% menjadi Rp 4,3 triliun dengan margin EBITDA sebesar 37%.

"Akibat meningkatnya beban bunga dari pinjaman untuk pembayaran AXIS dan juga peningkatan kerugian Forex, XL mencatat kerugian sebesar Rp 483 miliar pada semester pertama 2014," tukasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Tag Terkait:

Advertisement

Bagikan Artikel: