Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

BCA Siapkan Mahasiswa Hadapi Dunia Kerja

Warta Ekonomi -

WE Online, Semarang - PT Bank Central Asia (BCA) mempersiapkan mahasiswa menghadapi dunia kerja melalui program Bakti BCA di bidang pendidikan, ujar Chief Manager Learning and Development Division BCA Hendra Tanumihardja.

"Kami berupaya untuk terus mendukung pendidikan dan kualitas SDM di Indonesia, dalam hal ini mendukung mahasiswa mempersiapkan diri masuk ke dunia kerja yang tidak dapat dianggap mudah," ujarnya di Semarang, Jumat (26/9/2014).

Menurutnya, dunia kerja saat ini sangat kompetitif, bergerak dinamis, dan menuntut kompetensi yang tinggi dalam tiap bidangnya.

"Oleh karena itu, kesiapan mahasiswa memasuki dunia kerja menjadi faktor yang menentukan dalam berkompetisi mendapatkan pekerjaan," jelasnya.

Pihaknya juga menyampaikan bahwa komunikasi merupakan salah satu kemampuan penting untuk dapat mendukung mahasiswa bersaing di dunia kerja nantinya.

"Komunikasi dibutuhkan di dalam setiap tingkat pekerjaan, seperti saat menyampaikan ide, pendapat, berkomunikasi dengan atasan, rekan kerja, dan klien," ujar Kepala Pendukung Operasi Wilayah II BCA Hanna W Handoyo.

Berdasarkan data survei angkatan kerja nasional, pada tahun 2013 ada 421 ribu sarjana yang tidak dapat diserap oleh dunia kerja. Jumlah tersebut merupakan 5,8 persen dari total pengangguran di Indonesia yang mencapai 7,17 juta jiwa. Menurutnya, salah satu faktor penyebab rendahnya penyerapan lulusan sarjana tersebut adalah kualitas lulusan sarjana yang belum sesuai dengan kebutuhan dunia kerja.

"Selain itu, perusahaan juga kesulitan dalam menemukan lulusan yang dapat berpikir kritis dan cepat menyesuaikan diri dengan dunia kerja, faktor ini diperburuk dengan terbatasnya jumlah kesempatan kerja," ujarnya.

Oleh karena itu, dengan mempersiapkan mahasiswa diharapkan dapat menekan angka pengangguran dan akan semakin banyak lulusan sarjana yang terserap di perusahaan. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: