Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pasar Finansial Dukung Poltak sebagai Menteri ESDM

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Komunitas pasar finansial mendukung Poltak Sitanggang sebagai menteri ESDM karena komitmennya yang kuat untuk memangkas mafia migas. Suksesnya pemangkasan mafia energi dipercaya sangat kondusif untuk pasar finansial karena bisa memangkas ekonomi biaya tinggi yang membebani perekonomian nasional.

"Kami mendukung Poltak Sitanggang. Komitmennya sangat jelas untuk memperbaiki perekonomian nasional melalui jalur energi dan sumber daya alam," kata Direktur Brent Kapital Edy Saragih di Jakarta, Senin (13/10/2014) kemarin.

Menurut Edy Saragih, pasar finansial, baik dari pasar modal maupun pasar uang memerlukan dukungan pemerintahan yang kuat yang dicerminkan dari personifikasi anggota-anggota kabinet yang disusun Presiden terpilih Jokowi. "Kami berpendapat, untuk bidang energi, Poltak Sitanggang adalah tokoh energi yang pas," tambahnya.

Sebelumnya, Ketua Umum Asosiasi Analis Efek Indonesia Haryajid Ramelan juga mengatakan pasar finansial akan merespons positif calon menteri energi dan sumber daya mineral (ESDM) di Kabinet Joko Widodo-Jusuf Kalla yang memiliki rekam jejak sebagai anti-mafia energi. Namun sebaliknya, jika Jokowi memilih anggota kabinet yang promafia energi dipastikan akan direspons negatif.

Menurut Haryajid, saat ini pasar sedang menunggu siapa saja kandidat menteri perekonomian yang menduduki posisi secara strategis, seperti posisi menteri ESDM. Sekjen Asosiasi Profesi Pasar Modal Indonesia itu mengatakan Jokowi-JK diimbau ekstra hati-hati dalam memilih figur yang tepat untuk menjadi pemimpin Kementerian ESDM nantinya.

Poltak sendiri memiliki latar belakang pendidikan sebagai sarjana di Fakultas Teknik Universitas Gajah Mada. Ia diyakini berani karena rekam jejaknya yang mampu membawa pengusaha nasional menang atas kontrak karya Rio Tinto. Ia pernah menjabat sebagai Ketua Komtap Mineral dan Pertambangan Kadin Indonesia serta Ketua Umum APEMINDO.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Annisa Nurfitri
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: