Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hasil Laut RI Diambil Pihak Asing, Menteri Susi: Perlu Regulasi yang Tegas!

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti tampil di depan kalangan pengusaha yang tergabung dalam Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia di Menara Kadin, Jakarta, Kamis (30/10/2014).

Menteri Susi mengatakan Indonesia memiliki berbagai potensi sumber daya alam yang melimpah dan salah satunya adalah laut. Namun, sayang, hasil laut Indonesia seringkali dimanfaatkan atau diambil oleh pihak asing. Ia menilai salah satu penyebab hal tersebut adalah belum adanya regulasi atau peraturan yang tegas untuk melindungi sekaligus mengelola dan memanfaatkan sumber daya kelautan Indonesia.

Pendiri Susi Air ini lantas membandingkan Indonesia dengan beberapa negara, seperti Australia dan Oman yang sudah membuat peraturan untuk melindungi hasil lautnya sendiri. "Ini sangat menyedihkan dan kenapa orang lain yang harus memanfaatkan potensi laut kita yang begitu besar?" tanyanya.

Untuk itu, ia mengatakan Indonesia sudah seharusnya punya aturan mengenai waktu penangkapan ikan, seperti zonasi, waktu, dan aturan lainnya. "Indonesia belum punya. Ada aturan boleh tangkap zonasi di mana, kapan, itu belum begitu terekspos," tegasnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Boyke P. Siregar
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: