Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pemerintah Singapura Diakui Jempolan oleh Ahok

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku terkesan dengan warga Singapura yang mau merelakan tanahnya digunakan untuk kepentingan pembangunan transportasi massal. Menurutnya, Jakarta perlu meniru banyak hal tentang kebijakan pemerintah Singapura dalam hal pengelolaan tata infrastruktur kota.

"Kita juga akan naikkan koefisien lantai bangunan (KLB) kita seperti Singapura. Jadi, Jakarta kalau dilewati kereta api boleh tinggi. Dilewati Mass Rapid Transit (MRT), Anda boleh bangun gedung yang tinggi. Kita ingin mencontek Singapura," kata Ahok usai bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Perindustrian Singapura Teo Ser Luck di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (25/11/2014).

Selain itu, Ahok juga memberi nilai positif soal pembangunan taman kota dari "Negeri Singa" itu yang menurutnya perlu dijadikan rujukan oleh Pemprov DKI. "Kita jadi ingin mencontek banyak taman-taman seperti di Singapura," imbuhnya.

Lebih lanjut, mantan Bupati Belitung Timur itu berujar bahwa dalam hal pengolahan air limbah dan pengelolaan sumber air minum pemerintah Singapura dinilai jempolan sebab dengan keterbatasan yang dimilikinya mereka berhasil untuk menyediakan layanan air bersih bagi warganya.

"Kalau kita mau bangun kota, saya katakan paling gampang itu nyontek Singapura. Dia sudah punya pengalaman, baik mengolah air limbah. Malah dia tidak punya sumber air minum, kan? Dia (juga) tempatnya terbatas," tambahnya.

Oleh karenanya, orang nomor satu di DKI Jakarta itu tidak akan mempersulit proses kerja sama dengan pemerintah Singapura. Usai pertemuan tadi, Ahok mengaku akan menindaklanjuti kemungkinan adanya kerja sama ini dengan sejumlah badan usaha milik daerah (BUMD) DKI dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) DKI.

"Ya, namanya juga orang politik, ngomong dulu nanti biar bisnis yang kerjakan. Politik kan ngomong dulu. Kalau dia mau investasi, saya akan kerja samakan dengan BUMD kita atau dengan Kadin," timpalnya.

Pada hari ini Gubernur Basuki bertemu dengan Menteri Perdagangan dan Industri Singapura Teo Ser Luck di Gedung Balai Kota DKI Jakarta. Ahok mengaku banyak membahas bentuk kerja sama antara Pemprov DKI dan pemerintah Singapura. 

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: