Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Hemat Anggaran, Pemprov Tetapkan Tunjangan Kerja Dinamis

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama akan melaksanakan Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 4 Tahun 2014 tentang perlunya gubernur melakukan penghematan anggaran hingga 30 persen.

Pria yang akrab disapa Ahok itu mengaku akan melakukan pemotongan anggaran pada pos-pos yang tidak diperlukan. Salah satunya adalah pemotongan honor rapat PNS. Upaya ini, menurut Ahok, dapat menghemat anggaran hingga Rp 2,3 triliun.

Menanggapi hal itu, Sekda Pemprov DKI Saefullah mengatakan mulai tahun depan Pemprov DKI akan menggunakan tunjangan kerja dinamis. Dengan tunjangan ini maka nantinya tidak ada lagi honor bagi PNS dalam setiap kegiatan pemprov.

"Kan rapat di hotel-hotel sudah tidak boleh. Honor juga karena DKI akan gunakan tunjangan kerja dinamis. Jadi, konsekuensi itu kita tidak lagi pakai honor-honor pada tiap kegiatan pemprov, kecuali peserta dan narasumber," kata Saefullah saat ditemui di acara peresmian rumah dinas Ketua DPRD Prasetyo Edi Marsudi di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/11/2014).

Meski demikian, Saefullah menuturkan bahwa saat ini pemprov masih menghitung berapa perkiraan anggaran yang bisa dihemat sebab perkiraan penghematan anggaran akan disesuaikan dengan struktur organisasi yang baru. Untuk diketahui, berdasarkan perda yang baru maka ada reorganisasi dinas-dinas baru di lingkungan Pemprov DKI.

"Ya, angkanya belum saya hitung, tapi saya baru selesaikan struktur tadi. Struktur organisasi dinas baru itu sesuai perda baru. Besok saya baru start menyisir anggaran, koreksi. Jumat sore baru bisa (diketahui)," imbuhnya.

"Akumulasinya belum dihitung berapa efisiensi yang akan diperoleh. Kan, harus ada estimasi juga kinerja dinamis ini berapa," pungkasnya.

Nantinya, Pemprov DKI berencana akan mengalihkan hasil penghematan anggaran itu untuk pembenahan transportasi kota serta pembangunan rusun baru.

"Perkiraan kita akan ada penghematan. Jadi, tugas saya dua hari besok akan ada penghematan yang tidak perlu. Lebihnya akan dialihkan pada transportasi dan rusun," ujarnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: