Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Suntik Rp 3 Triliun, Ahok Harap Bank DKI Naik Kelas

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menargetkan Bank DKI akan masuk ke dalam bank umum kelompok usaha (BUKU) IV pada tahun 2017. Untuk itu, mulai tahun depan Ahok berjanji akan mengembangkan potensi dari bank "pelat merah" tersebut.

"Kita mau kembangkan Bank DKI kok," kata Ahok di Balai Kota, Jakarta, Kamis (27/11/2014).

Mantan Bupati Belitung Timur itu mengaku bahwa saat ini Bank DKI masuk dalam BUKU II. Ia menambahkan agar Bank DKI bisa bersaing dengan bank nasional lain maka Pemprov DKI akan menyuntikkan modal sebesar Rp 3 triliun untuk tahun 2015. "Kita mau suntik Rp 3 triliun sudah. Target kita 2017 kita bisa naik BUKU IV," imbuh Ahok.

Ahok menuturkan bahwa nantinya semua transaksi yang berkaitan dengan kegiatan Pemprov DKI akan masuk ke Bank DKI. Dengan begitu diharapkan Bank DKI dapat dimaksimalkan peranannya. Ke depan ia berharap akan memperkuat keuangan lebih besar untuk Bank DKI supaya bisa dimanfaatkan untuk membiayai UMKM.

"Bank ini istilahnya ada BUKU. Kalau mau naik ke BUKU III, kamu harus setor Rp 3 triliun. Modal kamu nih kalau ingin BUKU IV, setoran itu harus Rp 30 triliun. Nah, kalau BUKU III kita hanya bisa beli saham 20 persen. Kalau BUKU IV bisa beli kira-kira 40 persenan lah. Nanti semakin naik, kalau mau main bank nanti mainnya bisa gede," ujarnya.

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Penulis: Ferry Hidayat
Editor: Cahyo Prayogo

Advertisement

Bagikan Artikel: