Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

AS Kecam Aksi Kekerasan yang Meningkat di Nigeria

Warta Ekonomi -

WE Online, Washington - Amerika Serikat mengecam aksi-aksi kekerasan yang meningkat yang dilakukan kelompok Boko Haram di Nigeria timur aut, mendesak mereka yang melakukan "serangan-serangan teroris berulang-ulang itu bertanggung jawab".

Gelombang kerusuhan yang dimulai pekan lalu ketika Boko Haram menduduki kota nelayan Baga di negara bagian Borno, Nigeria utara, diperkirakan adalah serangan terburuk dalam pemberontakan berdarah enam tahun Boko Haram,yang membakar rumah-rumah penduduk dan menyebabkan setidaknya 20.000 orang mengungsi.

"Amerika Serikat mengecam serangan-serangan yang meningkat belum lama ini terhadap para warga sipil yang dilakukan Boko haram, yang tidak mempedulikan nyawa manusia. Semua mereka yang terlibat dalam serangan-serangan teroris yang berulang-ulang ini harus memikul tanggung jawab, kata Departemen Luar Negeri AS dalam satu pernyataan Sabtu.

"AS membenci aksi kekerasan seperti itu, yang terus menimbulkan korban jiwa penduduk Nigeria dan wilayah lebih luas termasuk Kamerun.

"Kami menyampaikan simpati kami kepada semua keluarga korban aksi kekerasan Boko Haram itu." Pernyataan itu menjanjikan dukungan AS bagi usaha-usaha "untuk menghentikan tindakan kejam Boko Haram itu," dan mendesak Nigeria tidak membiarkan "serangan-serangan yang menakutkan" itu mengganggu bagi diselenggarakannya pemilu "yang damai dan dapat dipercaya." Nigeria menurut rencana akan memilih presiden baru pada 14 Februari, tetapi ada kekhawatiran pemungutan suara itu mungkin ditangguhkan di daerah timur laut negara itu karena aksi kekerasan yang berkesinambungan yang dilakukan Boko Haram. (Ant)

Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor:

Advertisement

Bagikan Artikel: