Menu
News
EkBis
New Economy
Kabar Finansial
Sport & Lifestyle
Government
Video
Indeks
About Us
Social Media

Pengamat: Pinjaman Ideal 45 Persen dari Pemasukan

Warta Ekonomi -

WE Online, Jakarta - Pengamat ekonomi sekaligus Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia (BNI) Gatot Suwondo mengatakan bahwa pinjaman yang ideal adalah 45 persen dari penghasilan bulanan. "Meminjam uang, apalagi ke bank, harus bijak dan sesuai kebutuhan. Kewajiban yang harus dibayar jangan melebihi 45 persen dari pemasukan," kata Suwondo di Jakarta, Sabtu (24/1/20150.

Hal tersebut untuk menghindari resiko keuangan akibat suatu perkara yang bisa terjadi kapan pun, ujarnya pada sesi diskusi "Pers Gathering" di Jakarta. Dia pun mengimbau masyarakat agar mulai menyadari pentingnya perencanaan keuangan, termasuk mempertimbangkan tujuan pinjaman tersebut. "Harus dihitung, jangan menggunakan emosional. Financial planning yang baik akan berdampak di masa depan," katanya menjelaskan.

Sebagai bank pemerintah, katanya, BNI juga memiliki kewajiban edukatif kepada nasabah atau konsumen terkait pengelolaan dan perencanaan keuangan. Pada kegiatan pers gathering yang berlangsung di Bogor, Jawa Barat itu, BNI mengajak sejumlah pewarta dari berbagai media untuk melakukan diskusi terkait masalah ekonomi dan perbankan.

Suwondo berharap dengan kegiatan tersebut pewarta media massa mampu memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai masalah ekonomi, keuangan, atau perbankan secara baik dan benar. "Masyarakat masih banyak yang belum paham soal perbankan atau keuangan, jadi perlu kita edukasi dan beri pencerahan," kata Suwondo. (Ant)


Mau Berita Terbaru Lainnya dari Warta Ekonomi? Yuk Follow Kami di Google News dengan Klik Simbol Bintang.

Editor: Achmad Fauzi

Advertisement

Bagikan Artikel: